Beauty

Resolusi 2019: Beralih ke Produk Kecantikan Ramah Lingkungan

  by: Kissy Aprilia       19/1/2019
  • Bumi kita membutuhkan perhatian lebih, girls! Limbah plastik dan sejumlah sampah tak terurai, semakin menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Belum terlambat bagi kamu untuk melakukan perubahan sekaligus menjadikannya sebagai resolusi di tahun bari ini. Tanpa disadari, bentuk dukungannya bisa kamu terapkan melalui hal-hal sederhana setiap hari, yaitu dengan menggunakan produk kecantikan ramah lingkungan seperti lima rekomendasi Cosmo berikut ini.  


    Lush Fresh Handmade Cosmetics

    Kalau mengaku sebagai beauty enthusiast, kamu pasti sudah pernah mencoba salah satu produk masker Lush Mask of Magnaminty yang sangat populer. Merek kecantikan asal Inggris ini memiliki konsep organik yang aman untuk semua jenis kulit dan juga lingkungan. Sejak tahun 2015 lalu, Lush bekerjasama dengan organisasi Ocean Legacy untuk memanfaatkan limbah plastik di laut dan menciptakan kemasan dari beberapa produknya, yaitu Rain Shower Gel, Whoosh Shower Jelly, Dirty Springwash Shower Gel, dan Charity Pot Lotion. Apakah kamu salah satu yang sudah turut berpartisipasi?




    The Body Shop

    The Body Shop memiliki beragam varian kosmetik dan skincare untuk segala jenis kulit. Setiap produknya diformulasikan dengan bahan-bahan alami yang aman digunakan. Selain itu, merek yang telah mendunia ini juga memiliki kampanye ‘Cruelty Free’ untuk melawan praktik animal testing dalam proses manufaktur produk kecantikan di seluruh dunia. Bahkan, The Body Shop telah memberikan petisi berisikan delapan juta tanda tangan pencinta hewan agar mereka dapat turut mendukung dan mengangkat masalah terseut ke ranah hukum. What a lovely world!


    EcoTools

    Tahun 2007, dua perempuan bersaudara asal Amerika Serikat—Jen dan Stacey—berhasil mengolah bahan-bahan daur ulang menjadi sebuah kuas makeup berkualitas. Setelah melalui sejumlah proses manufaktur, terciptalah lini EcoTools yang menjadi pionir merek peralatan kecantikan ramah lingkungan di dunia. Mereka juga memiliki program donasi #MyTrueBeauty sebagai bentuk dukungan perempuan menjadi versi terbaiknya. “We have always believed that true beauty comes from within and you have to do good to feel good,” ungkap Jen dan Stacey. Dan menggunakan produk eco-friendly adalah salah satu bentuk true beauty yang bisa kamu lakukan, girls!




    Sensatia Botanical 

    Jika berbicara tentang skincare natural, kamu pasti teringat dengan merek Sensatia Botanicals. Produk asal Bali ini menggunakan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan, bahkan menggunakan bahan organik khusus untuk mengatasi kulit berjerawat. Menariknya, mereka juga menggunakan bahan eco-friendly untuk bagian kemasan, sehingga tetap bisa di daur ulang. Material ‘plastik’ pembungkusnya terbuat dari bahan cassava alias singkong yang bisa terurai dengan alam, bahkan bisa dikonsumsi. Dengan begitu, kamu bisa turut mengurangi limbah plastik. 


    L’Occitane

    Merek kecantikan high-end asal Prancis ini tengah berupaya melakukan program zero waste atau produksi bebas sampah dengan meluncurkan kemasan refill yang sebagian besar terbuat dari bahan-bahan daur ulang. L’Occitane juga ingin mengurangi jejak polusi karbon dan energi dengan beralih pada jalur darat, laut, atau kereta api. Tidak hanya itu, formulasi produknya juga semakin mengutamakan kekayaan alam hingga 95 persen. Very nice!


    (Image: Freepik, Dok. Instagram)