Fashion

Simak 15 Brand Streetwear Lokal Favorit Cosmo!

  by: Hendry Leo       23/1/2019
  • Ladies, jika Anda ingin tampil lebih santai saat hang out bersama the girls, pilihan busana streetwear adalah opsi terbaik. Namun, jangan terpaku dengan label streetwear dari luar negeri aja ya. Di Indonesia sendiri, saat ini sudah banyak busana bergaya street yang kekinian dan memiliki kualitas terbaik. Tak banyak di antaranya juga telah memenangkan ajang fashion, baik di Indonesia maupun internasional. Sebut saja Studio Moral, tahun lalu dirinya baru saja terpilih sebagai runner up dari ajang Asia NewGen Fashion Award (ANFA), yang diadakan oleh Bazaar wilayah Asia.





    Tak hanya itu, label lokal dengan harganya yang terjangkau juga hadir memanjakan para penikmat fashion yang menyukai gaya hipster. Seperti label Thanksinsomnia, dimana tahun lalu ia juga mendapatkan penghargaan sebagai brand lokal paling favorit versi Folkative. 



    Well, penasarankan brand streetwear lokal apa saja yang bisa jadi referensi kamu saat bergaya? Check them out!

    1. Public Culture

    Nafas urban yang kekinian, terlihat pada label yang telah memiliki flagship store tidak hanya di Jakarta, namun juga di Bandung. Terdiri dari ragam kaus dengan sentuhan warna pastel, neon maupun basic yang bisa dipadu padankan dengan gaya apapun. Tak hanya itu, motif cetak grafitinya yang artsy, juga menjadi salah satu karakter yang kuat dari Public Culture. Selain kaus, juga terdapat celana trackpants dengan aksen garis yang kekinian, dan juga atasan bernuansa full-print yang seru. So cool!



    2. Get Dirrty

    Memiliki jajaran koleksi yang identik dengan logo nyeleneh, dengan kombinasi warna kontras yang hype. Meskipun hanya ada online store nya saja, namun popularitas brand yang satu ini sudah tidak usah diragukan lagi deh. Beberapa media seperti ELLE UK pernah mengulas tentang Get Dirrty, beberapa pencinta mode di ajang fashion week juga pernah mengenakan koleksi busana Get Dirrty. Kita patut bangga lho!



    3. Thanksinsomnia

    Baru saja mendapatkan penghargaan sebagai label lokal favorit versi Folkative, adalah satu satu bukti jika label ini sangat serius dalam memberikan inovasi terbaru dalam industri busana di tanah air. Koleksinya juga terbilang sangat trendi dengan berbagai pilihan gaya street yang bisa jadi opsi kamu saat ingin tampil bergaya. Terdiri dari berbagai busana yang modis, seperti atasan dengan motif stripe, outer full-print dan juga jaket hoodie.



    4. Minimaltket

    Pada koleksi kali ini, deretan T-shirt unik dihadirkan bagi kamu sang pencinta anti mainstream. Seperti kaus dengan logo Pantura yang mengedepankan sentuhan lokal. Seri Belanja bulanan, menjadi salah satu seri yang menarik perhatian, karena tajuknya yang unik. Konsep logo, serta packaging nya juga dibuat seolah-olah sedang berbelanja di supermarket. Menarik bukan?



    5. Wellborn Company

    Berbasis di Bandung, label ini telah digandrungi banyak anak muda tak hanya di Bandung saja. Tahun lalu, Wellborn Company juga turut serta dalam meramaikan Jakarta Fashion Week. Dengan sentuhan street style yang minimalis dan permainan warna netral, maupun kontras. Selain itu, berbagai aksesori yang trendi juga disuguhkan seperti sling bag, beanie, dan topi.



    6. Flashy

    Untuk kamu yang senang dengan gaya busana girly maupun edgy, brand asal Bandung ini juga bisa jadi opsi kamu lho. Berbagai koleksi yang up to date, mulai dari outer berpotongan kimono hingga celana bersiluet longgar, siap memaksimalkan penampilan kamu. Tak hanya itu, berbagai aksesori seperti dompet, totebag, dan tas jinjing juga dihadirkan untuk para penikmat mode lokal.



    7. Studio Moral

    Tahun 2018 lalu, Studio Moral baru saja menyabet posisi runner up dalam ajang Asia NewGen Fashion Award (ANFA) di Singapura. Ini merupakan prestasi sekaligus angin segar bagi penggiat industri fashion di Indonesia, agar tetap berkarya dan bersaing secara internasional. Untuk kamu yang senang bergaya street nan quirky dan berkelas, kamu bisa intip koleksi busananya. Tak hanya itu, tersedia beberapa koleksi yang minimalis dengan desain yang dinamis dan trendi. 





    8. Rama Dauhan

    Label yang dinaungi oleh sang desainer dengan namanya sendiri ini, sudah tidak usah diragukan lagi deh karya-karyanya. Tak sedikit selebriti di Indonesia juga pernah mengenakan busana dari Rama Dauhan. Potongan desain yang trendi maupun klasik dan seru, di mana tetap mengedepankan sentuhan lokal dalam beberapa balutan busananya. Coba intip deh.



    9. Danjyo Hiyoji

    Eksperimental dan fun, adalah kata-kata yang menggambarkan label ini. Koleksinya sangat cocok untuk kamu yang senang memadu padan tampilan yang nyentrik dan penuh aksi. Motif cetak seru, dengan permainan warna juga diinjeksikan dalam setiap busananya.



    10. No’om No’mi

    Berdiri sejak tahun 2011, hingga tahun ini No’om No’mi berhasil konsisten dalam menyuguhkan kreasi busana dengan sentuhan gaya street yang spektakuler. Brand yang dipegang oleh Soetjipto Hoeijaja ini, memperlihatkan koleksi non gender dengan garis kontemporer yang modern.



    11. United Hart (UH!)

    Sentuhan underground dan street culture diinjeksikan kedalam berbagai produk busana UH! Oleh sebab itu, nuansa netral seperti hitam, putih, abu, dan navy dihadirkan hampir di setiap busananya, seperti T-shirt, hoodie, dan outer. Tak hanya itu, logo yang simpel juga menjadi salah satu ciri khas label ini.



    12. Berak

    Bagi sebagian orang yang mendengar brand ini mungkin akan mengernyitkan dahi, atau tertawa karena namanya yang unik. Namun, hadirnya brand ini memberikan warna baru bagi perindustrian streetwear lokal di Indonesia. Aksen logo Berak juga terdapat pada beberapa koleksinya, yang terdiri dari kaus, hoodie dan berbagai aksesori berwarna netral dan vibrant.



    13. Dreambirds Artwear

    Menampilan kesan ilustrasi burung hantu yang artsy, adalah salah satu karakter utama dari brand ini. Bagi kamu yang senang dengan busana yang memiliki nuansa seni yang estetik, label yang berbasis di Bandung ini bisa jadi pilihan kamu.



    14. Crooz

    Berawal dari modal ingin mencoba, brand ini justru sukses menjadi label streetwear yang digemari banyak kalangan. Tak hanya di Indonesia, namun juga di Malaysia, Singapura, Filipina, Australia, bahkan Amerika. Menyediakan fashion item dengan logo yang simpel dan berwarna netral, seperti kaus, hoodie, dan masih banyak lagi.



    15. Kamengski

    Bagi kamu yang senang mengenakan pakaian dengan logo nyeleneh, brand ini bisa jadi pilihan kamu agar tampil hispter. Seperti gambar ayam di spanduk ayam pecel lamongan pada jaket hoodie. Sangat kreatif sekali!


    So, dari semua brand streetwear lokal tadi, membuktikan bahwa indsutri mode di Indonesia juga tak kalah bagusnya dengan brand luar. Tidak perlu merogoh uang terlalu dalam, karena kini banyak pilihan busana yang bisa kamu kenakan untuk bereksplorasi. Mari dukung terus brand lokal kita. Yeay!


    (Foto: @publicculture, @getdirrty, @jtdapperfashionweek, @thanksinsomnia, @minimaltket, @wellborncompany, @flashy_shop, @studiomoral, @ramadauhandesignstudio, @danjyohiyoji, @noom_nomi, @unitedhart, @berak_, @dreambirdswear, @crooz.id, @kamengski, @bazaarindonesia, @folkative / Ilustrasi: Dewantara)