Beauty

12 Cara Cepat dan Jitu Memanjangkan Rambut Dengan Sehat!

  by: Kezia Calesta       22/1/2019
  • Girls, apakah kamu ingin memanjangkan rambut untuk tampil lebih feminin? Cosmo berikan kamu beberapa cara agar rambutmu dapat tumbuh dengan cepat, sehat dan cantik. Ucapkan selamat tinggal kepada rambut kusam!





    1. Ingat, rambutmu butuh waktu untuk tumbuh.

    “Rambut biasanya tumbuh sebanyak 0.6 – 1.3 cm dalam satu bulan,” ungkap celebrity hair stylist Mark Townsend yang berhasil membantu Ashley Olsen merawat rambut bob-nya hingga tumbuh sepanjang pinggang. “Itupun jika rambutnya sehat dan tidak bercabang.” So, kamu harus bersabar dan merawat rambut!


    2. Jangan takut menggunting rambut.

    Menggunting rambut memang akan menunda proses memanjangkan rambut, but it’s worth it. Rapikan rambut dengan memotong sebanyak ½ cm setiap 3 bulan akan membuat ujung rambutmu tampak sehat dan mencegah rambut bercabang. “Jika kamu hanya menunggu rambutmu panjang tanpa dipotong, rambutmu hanya akan menjadi semakin bercabang dan rusak,” jelas Mark. 


    3. Gunakan kondisioner setiap kali keramas…

    Ingat untuk mengaplikasikan kondisioner setiap kali kamu keramas. Bila kamu sering mewarnai rambut atau menggunakan alat styling seperti catokan, hair dryer atau curling iron, setiap helai rambutmu akan menipis, khususnya di bagian ujung rambut. “Kondisioner membantu restorasi lipid dan protein dalam rambut, juga menyegel kutikula untuk mencegah kerusakan lebih lanjut,” ungkap Mark.


    4. … tapi jangan keramas setiap kali kamu mandi.

    “Saya terkejut karena ternyata banyak wanita tidak menggunakan kondisioner saat keramas. Itu sebuah kebiasaan yang buruk, apalagi jika kamu ingin memanjangkan rambut – malah, kamu seharusnya mengurangi pemakaian sampo,” ucap Mark. Why? Sampo berfungsi untuk membilas kotoran dan sisa styling product, namun sampo juga bisa menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut. Saat kamu keramas, jangan menggosok kulit kepala dengan kasar atau menggunakan terlalu banyak sampo.



    5. Bilas sampo dengan air dingin.

    Kebiasaan ini membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan rambut panjang, lho. Air dingin dapat menangani rambut dengan lebih baik tanpa membuatnya kering atau rusak, maka bilaslah rambut dengan air dingin selama beberapa detik saja sebelum kamu keluar dari shower. Kebiasaan kecil ini sangat berpengaruh, girls!


    6. Jangan membungkus rambut dengan handuk setelah keramas.

    Lah, memangnya kenapa? Ternyata kebiasaan ini dapat mengakibatkan rambut rusak dan mudah patah. “Rambut kamu akan terikat dan tersangkut oleh serat handuk yang kasar. Wanita biasanya suka mengikat handuk dengan kencang di sekitar kepala, dan kebiasaan ini akan membuat rambut semakin fragile,” ungkap Mark. Untuk opsi lainnya, pilihlah handuk berbahan microfiber yang lebih halus jika kamu ingin membungkus rambut ala turban.




    7. Sisir rambut dengan berhati-hati.

    Terlalu sering menyisir rambut dapat membuatnya mudah rontok. “Saat kamu menyisir rambut basah, jangan langsung menyisir dari atas kulit kepala hingga ujung rambut. Rambutmu hanya akan menjadi kusut! Mulailah menyisir dari ujung rambut, lalu naik sedikit per sedikit, step-by-step,” jelas Mark. Kamu juga sebaiknya memilih sisir yang bergigi lebar atau sikat rambut khusus untuk rambut basah.


    8. Gunakan hair oil atau perawatan masker setiap minggu.

    Jika rambutmu cenderung kering dan kusam, hair oil atau mask dapat membantu menyehatkan rambut. Ingin berhemat dengan menciptakan DIY hair oil sendiri di rumah? Campurkan 1 gelas coconut oil dengan 1 sendok makan jojoba oil dan almond oil, kemudian aplikasikan di rambut sebelum keramas. Setelah 10 menit, gunakan sampo dan kondisioner seperti biasa. “Hair oil ini dapat memperkaya rambut dengan fatty acid yang baik untuk rambut, sedangkan sampo akan mengunci kandungan baik tersebut ke dalam rambut,” jelas Mark. Psst, selebriti seperti Kate Bosworth, Diane Kruger, dan the Olsen twins melakukan perawatan ini juga!



    9. Jangan mengikat rambut bila rambutmu kering atau bleached.

    Mengikat rambut rusak ala kuncir kuda dapat berakibat fatal. Karena rambut rusak sudah cukup rapuh, mengikat rambut dengan karet hanya akan memperburuk kondisi dan mematahkan helai-helai rambutmu. Oh, no! Bila kamu ingin mengangkat rambutmu, buat twist atau pelintiran agar rambut berbentuk bun bulat, kemudian gunakan jepit jedai.


    10. Hindari sarung bantal berbahan katun.

    Siapa sangka bahwa sarung bantal juga dapat memengaruhi kondisi rambut? Ternyata, katun dapat membuat rambut kusut – bayangkan saja jika kamu sering mengganti posisi tidur di kasur. Jangan heran bila kamu bangun dengan rambut awut-awutan! Gunakan sarung bantal berbahan sutra atau satin, karena bahan ini jauh lebih halus dan tidak membuat rambut iritasi.


    11. Makan suplemen rambut.

    Tubuhmu membutuhkan banyak vitamin, mulai dari protein hingga mineral, untuk menumbuhkan rambut baru. Selain menjaga diet, kamu juga perlu asupan ekstra untuk mendapat rambut sehat yang tidak rusak – tanya doktermu untuk mendapat rekomendasi keratin tablet yang cocok!


    12. Berikan waktu untuk istirahat.

    Yes, rambutmu juga perlu waktu rehat dari alat styling dan bahan kimia yang dapat memperburuk kesehatannya. Semakin sehat rambutmu, semakin cepat ia akan tumbuh. Best of luck!


    (Image: doc. Andriy Bezuglov©123RF.com / Source: Cosmopolitan US)