Lifestyle

5 Pantai di Pulau Jawa Untuk Liburan Kamu Berikutnya

  by: Redaksi       25/1/2019
  • Bagi kamu yang anak pantai, tapi hidup di perkotaan, pasti sedang rindu ingin menikmati sejuknya udara pantai dan aroma air laut yang menyegarkan. Ingin tahu ada pantai apa saja di Pulau Jawa yang masih memiliki keindahan alami yang asri ? Simak, Cosmo punya 5 pantai yang mungkin bisa mengobati rindunya kamu akan suara ombak. 




    1. Pantai Srau, Pacitan



    Pantai ini terletak di Kabupaten Pacitan, tepatnya sekitar 25km dari pusat kota di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Perjalanan menuju pantai ini memang agak sulit, karena jarang ada angkutan umum yang melewati dan sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan yang hijau dan rindang. Oleh karena itu, dapat dipastikan kalau kamu akan disajikan pemandangan pantai dan air laut yang masih jernih dan masih jarang terjamahi.


    2. Pantai Menganti, Kebumen


    Pantai ini sering kali disebut-sebut sebagai New Zealand-nya Indonesia, lho! Terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah di Kabupaten Kebumen, Pantai Menganti berjarak sekitar 30km dari pusat Kecamatan Gombong dengan waktu perjalanan yang perlu ditempuh selama satu jam. Di sini, selain kamu bisa menikmati keindahan pantai dan laut, terdapat pemandangan apik tatanan sawah yang disusun dengan terasering, dengan sentuhan beberapa gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk bersantai ketika berkunjung kesana.


    3. Pulau Perak, Kepulauan Seribu


    Pulau Perak merupakan satu dari sekian banyak pulau kecil tak berpenghuni yang tersebar menjadi bagian dari Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Walaupun ukurannya kecil, pulau ini memiliki keindahan alami yang masih sangat asri, karena para wisatawan masih jarang mengunjunginya. Di sini kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah, lho! Tapi, jangan lupa untuk izin dan membayar biaya keamanan dahulu sebelum mendirikan tenda, ya!




    4. Pantai Wedi Ombo, Yogyakarta


    Bagi kamu yang mengira Kabupaten Gunung Kidul hanya memiliki pemandangan pedesaan dan perbukitan, kamu salah besar! Karena banyak sekali pantai berjejeran di bagian selatan dari Kabupaten Gunung Kidul dan D.I. Yogyakarta – Pantai Wedi Ombo ini salah satunya. Pantai ini terletak dibali sebuah bukit terjal, jadi, kamu harus melewati beberapa anak tangga sebelum bisa menikmati keindahan pantai yang memiliki kontur tanah lebih rendah dari sekitarnya. Kamu juga bisa menghabiskan waktu sambil merasakan sensasi memancing dari ketinggian bukit di sini.


    5. Pulau Sempu, Malang


    Sempat dikunjungi banyak orang, pulau yang merupakan cagar alam ini akhirnya diputuskan untuk ditutup oleh pemerintah setempat beberapa waktu lalu. Surga yang tersembunyi ini memiliki panorama alam yang luar biasa indah dengan sejumlah pantai yang masih asri, namun, dikarenakan banyaknya pengunjung yang kurang merawat keindahan pulau ini akhirnya Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur pun melarang orang-orang berkunjung jika tidak memiliki izin. Hmm, kira-kira akankah Pulau Sempu ini dibuka kembali dengan persyaratan sustainable travel?




    (Thalita Cahyani / Image: Doc. Instagram, eastjava.com, pulauperak.com)