Love & Sex

Ini Cara Jitu Mengajak Gebetan Pria Kencan Lewat Chat

  by: Kezia Calesta       24/1/2019
  • Girls, apakah kamu ingin mengajak sang gebetan pergi berkencan? It’s 2019, so why not! Mungkin di era digital ini, menelepon sang gebetan secara mendadak untuk mengajak si dia kencan dapat dianggap terlalu frontal. So, kalau kamu belum memiliki kesempatan untuk mengajaknya first date secara langsung saat bertemu, it’s time to text him! Jangan khawatir, Cosmo berikan tips agar kamu bisa mengajak gebetan kencan lewat chat





    1. Pastikan ia tahu bahwa kamu mengajaknya kencan.

    Tentunya, kamu wajib membuka obrolan dengan berbasa-basi. Setelah menanyakan kabarnya dan mengobrol sedikit, pastikan bahwa pesanmu cukup jelas agar ia tahu kamu sedang mengajaknya kencan. Jangan berkata, “Kapan-kapan nongkrong, yuk.” karena statement ini memberikan kesan bahwa kamu ingin hang out sebagai teman.


    2. Bersikap terus terang.

    Yup, pria biasanya sulit mengerti “kode” yang diberikan wanita. Ditambah lagi, pesan lewat chat semakin memudahkan kesalahpahaman karena chatting tidak mengizinkan kedua belah pihak untuk melihat ekspresi atau mendengar nada suara satu sama lain. Maka dari itu, kamu perlu berkomunikasi dengan terus terang - gunakan kata “kencan”, “berdua”, atau “nge-date” dan tambahkan juga 1-2 emoji yang bersifat playful seperti wink agar kamu tidak terkesan terlalu serius.



    3. Rencanakan kencan yang seru untuknya.

    Jika kamu menyukai si dia, kamu pasti tahu dong, hobi atau kesukaannya. Find out what he likes, agar kamu bisa mengajukan ide kencan seru yang bisa dinikmati kalian berdua. Mungkin kamu memiliki selera musik atau film yang sama? Kamu bisa mengajaknya ke konser, bioskop, vinyl store, atau teater. Apakah ia sering posting foto makanan yang menggiurkan di Instagram Stories? Ajak si dia untuk mencoba restoran Jepang unik bersama sebelum berpindah ke cafe untuk mencicipi gelato!


    4. Kirim ajakan yang singkat, padat, dan jelas.

    Kamu bisa saja chatting setiap hari tanpa henti, tapi saat mengajaknya kencan, jangan mengirim satu paragraf untuk menjabarkan alasan di baliknya! Tidak perlu juga memecahkannya menjadi 3-4 kalimat. Simply ask him out, dan tetapkan ajakan tersebut sebagai kalimat terakhir. Ingat, jangan panik dan terus mengoceh tentang hal-hal lain setelahnya, karena ia bisa saja skip dan tidak membaca ajakanmu. Duh! Cukup dengan mengirim kalimat seperti, “Ada film action seru yang tayang di bioskop hari Jumat depan, nih. If you’re free, nonton berdua yuk. ;)”, ajakan kencanmu seharusnya tersampaikan!


    5. Atau… pancing gebetanmu agar ia yang mengajakmu kencan.

    Sedikit tricky memang, tapi taktik ini bisa dipraktikkan jika ia juga sudah menunjukkan tanda-tanda positif yang mengindikasikan bahwa ia juga tertarik denganmu. Contohnya, bila kalian berdua sudah sering chatting atau saling mengirim DM lewat Instagram, kamu bisa menunjukkan ketertarikanmu tanpa berterus terang. Contohnya, bila ia sedang membicarakan musisi favoritnya yang akan tampil di kotamu, kamu bisa berkata, “Wah, kayaknya seru! Aku ingin deh, pergi ke konsernya.” Bila ia seorang pecinta makanan, kamu bisa memberikan kode, “Wisata kuliner berdua, yuk! Aku tahu banyak tempat-tempat baru yang menarik. Kapan kamu ada waktu senggang?”



    Apakah si dia sudah menerima ajakanmu? Congratulations - go have fun!


    Gebetanmu belum membalas?



    Read on...


    6. Berikan dia waktu.

    Ya, ini bagian tersulit: menunggu balasan gebetanmu setelah mengajaknya kencan. Ingat untuk tetap santai - apapun balasannya, hidupmu akan terus berlanjut, kok. Jika ia tidak langsung membalas, lakukan aktivitas lain. Jangan menunggu di samping smartphone dan membuat dirimu sendiri stres.



    Apakah dua jam telah berlalu dan ia belum juga membalas? KEEP CALM. Yang penting, jangan melanjutkan chat dengan mengoceh sendiri atau bertanya ulang - kelakuan ini akan membuat kamu terkesan desperate. Just give him time. Bila ia menolak ajakanmu pada hari tersebut dengan alasan ia sibuk, it's ok! Jika ia tertarik untuk pergi denganmu, ia akan mengusulkan tanggal lainnya atau mengajakmu kencan lain waktu. 


    7. Jangan merasa insecure.

    Hindari kalimat seperti, “Tidak apa-apa sih, jika kamu tidak tertarik!” Ugh, statement ini hanya akan membuatmu terdengar tidak pede. Girl, jika kamu ingin pergi berkencan dengannya, tunjukkan keinginanmu - jangan memberikan kesan acuh tidak acuh karena kamu takut ia akan berkata “tidak”.



    Wajar jika perasaan ini timbul, namun ingat untuk tidak terlalu overthink karena perasaan insecure hanya akan mengacaukan keadaan dan menurunkan rasa percaya diri. Bila kamu menyukai pria ini, go for it - jangan menyesal telah mengajaknya! Lebih baik mencoba daripada tidak melakukan apa-apa. Remember, you miss 100% of the chances you never take.


    Apapun hasilnya, remember that you are attractive, fun and awesome. Bila gebetanmu tidak memiliki perasaan yang sama denganmu, jangan terus bersedih - it's time to shake it off and move on. Kamu pantas mendapat seorang pasangan yang bisa mengapresiasi kepribadianmu sebagai seorang wanita fearless yang modern!


    (Image: doc. Antonio Guillem©123RF.com)