Lifestyle

7 Essential Oil yang Ampuh Redakan Pilek dan Flu

  by: Kezia Calesta       27/1/2019
  • Saat musim hujan datang, penyakit musiman seperti batuk, pilek dan flu akan menyerang. Masalahnya, terkadang obat dan vitamin tidak mampu meredakan flu dengan cepat. So, apa yang bisa kamu lakukan? Cosmo menyarankan kamu untuk mencoba essential oils. Riset telah membuktikan bahwa essential oil ampuh memberantas infeksi viral dan infeksi bakteri, termasuk menahan aktivitas virus influenza. 

    Essential oils mengandung bahan kimia alami yang diekstrak dari tanaman, maka lavender dan peppermint oil merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang sedang menderita sakit pilek dan flu. Ingin tahu lebih banyak? Simak rekomendasi dari Cosmo!




    1. Lavender

    Saat digunakan sebagai essential oil, antioksidan dalam bunga lavender dapat melawan radikal bebas dalam tubuh yang melemahkan sistem imun. Maka dari itu, lavender oil dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan melawan sakit pilek dan flu!


    2. Tea Tree

    Tea tree oil ampuh melawan infeksi dan bakteri berkat properti anti-bakteri dan anti-virus yang dimilikinya. Ditambah lagi, minyak esensial ini dapat menangkal virus bebas yang menginfeksi sel. 


    3. Oregano

    Siapa sangka bahwa bumbu masak ini juga bisa bekerja sebagai minyak esensial yang bermanfaat? Oregano mengandung kadar antioksidan tinggi yang bisa menangani masalah pernapasan, termasuk melindungi tubuh dari virus patogen P. aeruginosa yang dapat menginfeksi saluran pernapasan.


    4. Eucalyptus

    Eucalyptus oil, alias minyak kayu putih, memiliki efek anti-mikroba dan kemampuan untuk memperbaiki sistem imun tubuh. Eucalyptus mengandung komponen 1,8-cineole yang bersifat anti-virus dan anti-jamur, maka oil ini dapat memberikan dampak baik terhadap demam, pilek, dan masalah pernapasan lainnya. Ditambah lagi, eucalyptus oil dapat melawan inflamasi dan bakteri.




    5. Peppermint

    Selain bisa menyegarkan nafas, ekstrak yang diambil dari daun peppermint juga dapat meredakan batuk, sakit tenggorokan, mencegah pilek dan flu dan memberikan energi. Saat dikombinasikan dengan eucalyptus, studi telah membuktikan bahwa campuran oil tersebut juga bisa meredakan gejala sinus!


    6. Lemon

    Meminum air lemon setiap pagi sangat bermanfaat, namun menghirup minyak esensialnya juga bisa melawan bakteri dan melancarkan penyembuhan pilek dan flu. Selain itu, lemon essential oil juga dapat meredakan stres dan menyegarkan tubuh, lho.


    7. Cinnamon

    Sebuah studi pada tahun 2010 membuktikan bahwa campuran minyak esensial yang mengandung kayu manis dapat membersihkan saluran pernapasan dan mengurangi penyebaran virus. Alasannya? Kayu putih memiliki efek hangat yang menenangkan. That’s why, meminum teh kayu manis bisa menghangatkan tubuh!


    (Image: doc. pixabay.com)