Lifestyle

Deretan Jajanan Khas Kaki Lima di Hotel-hotel Indonesia

  by: Givania Diwiya Citta       1/1/2020
  • Dalam ajang Ayo Makan by Marriott Bonvoy Street Food Festival yang digelar sedari 15 November 2019 hingga 15 Januari 2020 mendatang, sederet jajanan khas kaki lima Indonesia akan disuguhkan di berbagai hotel Marriott International di seluruh negeri! Menariknya, varian hidangan khas kaki lima tersebut disajikan langsung dari desain booth gerobak jalanan, lengkap dengan demonstrasi masak dari para koki hotel secara langsung. Cosmo yang sempat hadir ke peresmian festival ini pada akhir November 2019 lalu berkesempatan untuk mencicipi beberapa hidangan yang menggugah selera. Hunt and taste ‘em, bb!


    Pisang Bakar Colenak




    Where: Aloft Jakarta Wahid Hasyim

    Sebagai dua dessert tradisional (pisang bakar dan colenak) tersohor dari tanah air, chef Endang Darmadi menyuguhkan fusion pisang bakar colenak ini dengan sentuhan modern tanpa meninggalkan masing-masing keotentikan rasanya. Pisang yang dibakar dalam rasa lelehan gula aren dan parutan kelapa ini disajikan dengan topping parutan keju, sprinkle cokelat, dan susu kental manis.


    Mie Ayam Jack


    Where: The Hermitage Jakarta

    Sebagai tribut untuk jajanan kaki lima Mie Ayam Jack di Jakarta (dan untuk seluruh mie ayam di seluruh Indonesia!), chef Eka Ari menyajikan mangkuk demi mangkuk mie empuk dalam rebusan sup yang gurih. Rahasia cita rasanya? Bahan-bahan yang fresh dan bumbu yang generous. Siapa yang bisa menolak?


    Seblak


    Where: The Westin Jakarta

    Cosmo tak bisa menolak untuk hidangan tradisional Asia Tenggara satu ini! Hidangan pedas yang amat populer di seluruh Indonesia ini dikreasikan unik oleh chef Denny Boy Gunawan berkat penambahan chicken feet ke dalam resep, hingga memunculkan rasa yang lebih kompleks.


    Ayam Isi Buluh




    Where: Four Points by Sheraton Bali Ungasan

    Perkenalkan, hidangan tradisional dari suku Minahasa di Manado, Sulawesi Utara. Hidangan yang hanya dimasak untuk acara atau upacara spesial bagi suku Minahasa ini bisa dicicipi di sini! Chef Gledy pun menyajikan hidangan otentik ini dengan alternatif bambu hingga menambah cita rasa pada daging ayamnya. Yum!


    Tipat Cantok


    Where: Sheraton Bali Kuta Resort

    Chef Rossano Renzelli menghidangkan sajian lokal Bali yang terdiri dari “tipat”, yaitu nasi yang dibungkus dalam daun kelapa berbentuk berlian, dan rebusan sayuran yang disajikan dengan saus kacang. We’re drooling...


    Es Buah


    Where: The Stones Hotel Legian Bali

    Menikmati jajanan khas kaki lima es buah yang dingin dan manis di Pulau tropis Dewata adalah match made in heaven! Chef Candra Saputra menghidangkan dessert segar khas Indonesia ini dengan ragam potongan buah, sirup, susu kental manis, dan disuguhkan dengan topping favorit para lokal Bali. Fresh!


    (Givania Diwiya / Image: Marriott International)