Love & Sex

Terjawab, Empat Pertanyaan Mengenai Cinta Dari Ahlinya!

  by: Alvin Yoga       1/1/2020
  • Cinta memang suatu hal yang...sulit dijelaskan. Ada banyak hal mengenai cinta yang membuat kepalamu sibuk bertanya-tanya; Apakah si dia menyukai saya? Bagaimana cara saya mengatakan bahwa saya belum siap menikah? Bagaimana cara mencari pasangan yang tepat? Serta deretan pertanyaan mengenai cinta lainnya. Ingin tahu jawabannya? Relationship expert sekaligus love coach asal Inggris, Matthew Hussey, menjawab empat pertanyaan terbesar soal cinta. Simak!


    1. Saya dan si dia sudah lama menjalin hubungan, dan sepertinya ia ingin melamar saya. Bagaimana cara saya memberitahu si dia bahwa saya belum siap untuk menikah?

    Katakan bahwa si dia adalah pasangan yang menyenangkan dan kamu selalu senang menghabiskan waktu bersama si dia. Setelah itu, katakan dengan jujur bahwa saat ini kamu belum ingin membawa hubungan tersebut ke arah yang lebih serius karena ada beberapa hal yang ingin kamu lakukan terlebih dahulu. Tak perlu khawatir, kalau kalian sudah berhubungan lama, seharusnya si dia mengerti dengan keadaan kamu.




    2. Teman saya sudah lama single. Salah satu alasan ia malas mencari pasangan adalah mantannya bukan pria yang baik. Adakah hal yang bisa saya lakukan untuk membantunya menemukan pria yang tepat? 

    Tak ada tip yang bisa benar-benar menjamin kamu menemukan pria yang tepat untuk temanmu. Namun, ada beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mempercepat prosesnya. Pertama, katakan padanya bahwa setiap orang pasti pernah mengencani orang yang salah. Jadi, jangan buat pengalaman terakhirnya menjauhkannya dari bertemu pria yang tepat.

    Kedua, katakan bahwa untuk bertemu pasangan hidupnya, teman kamu perlu percaya bahwa: a) tak setiap pria itu sama, b) setiap orang bisa berubah menjadi lebih baik, dan c) teman kamu selalu bisa melihat sisi terbaik dari orang lain. Memang, tidak mudah melakukan hal-hal tersebut, terutama kalau teman kamu pernah mengalami masa lalu yang buruk soal cinta, namun cara pikir positif inilah yang akan menarik orang-orang positif yang selama ini ingin ia temui.


    3. Beberapa waktu lalu saya dan mantan memutuskan hubungan setelah bertahun-tahun pacaran. Kini, saya agak takut untuk mulai mencari pasangan lagi, apalagi sudah lama sejak terakhir kali saya menjalani kencan pertama. Adakah saran untuk saya?

    Kembali menjalani kencan pertama setelah bertahun-tahun tidak melakukannya memang bisa membuat siapa pun bergidik ketakutan. Sarannya, mulai saja dengan membuat komitmen-komitmen kecil pada diri sendiri. Semisal, buat komitmen untuk mau berkenalan dengan pria-pria baru setiap ada kesempatan.



    Atau, buat komitmen untuk mau mengambil risiko berkenalan dengan pria yang menurut kamu hot – alih-alih menunggu mereka yang menyapa kamu duluan. Atau, kamu bisa mulai berkomitmen dari hal yang paling mudah, yaitu dengan memperbaiki diri dari kekurangan sehingga kamu bisa lebih percaya diri ketika bertemu dengan orang baru.


    4. Saya bertemu dengan pria ini enam minggu lalu. Kami sudah beberapa kali berkencan dan sering bertukar pesan. Namun si dia belum menyatakan perasaannya, officially. Kira-kira kapan si dia akan berkata jujur soal apa yang ia inginkan?

    Don't rush things. Kalau kalian sudah beberapa kali kencan, buat si dia sadar bahwa selama ini kamu tidak bertemu (atau berkencan) dengan pria lainnya selain dia, dan tunjukkan hal tersebut secara gamblang ketika kamu sedang bersamanya. Lihat bagaimana reaksinya, apakah ia akan mengatakan bahwa ia juga melakukan hal yang sama? Beberapa pria memang sulit mengatakan perasaan dengan jujur, namun jangan dipaksa. Biarkan si dia menemukan momen yang tepat, atau “pancing” dia dengan ungkapan seperti di atas.

    Di sisi lain, tentukan batas waktu. Jika si dia tidak mengatakan perasaannya sampai batas waktu tersebut, katakan dengan jujur bahwa kamu tak bisa membuang-buang waktu untuk hal yang sifatnya tidak pasti. Jika si dia masih bingung dengan perasaannya, dear, kamu tahu apa yang harus kamu lakukan.


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Jamie Street on Unsplash)