Career

Cara Cepat Buat Tabungan Menggunung di Tahun Baru

  by: Kezia Calesta       1/1/2020
  • Jujur, berapa lama gaji bulanan kamu dapat bertahan di dalam dompet? Sebulan penuh? Dua minguu? Atau jangan-jangan hanya seminggu? Tidak perlu minder, dear. Cosmo punya trik untuk “melatih” otak agar menabung secara rutin.


    1. One goal at a time

    Daftar keinginan kamu bertambang panjang; ingin membeli rumah, mobil, tas baru lansiran desainer favorit… and the list goes on. Padahal, menurut hasil studi oleh Journal of Marketing Research, punya banyak goal justru membuat kamu tidak fokus menabung. Lebih baik fokus pada satu goal dan buat rekening tabungan untuk mencapainya. Sering memantau bertambahnya jumlah rekening bisa memberi kamu ‘suntikan’ motivasi.





    2. Tulis dan beri tahu

    Tulislah tujuan finansial kamu sebelum menyisihkan uang secara rutin di bank. Menurut penelitian dari Dominican University of California, mereka yang menuliskan hal yang diinginkan akan 42% lebih mudah mencapainya. Jika kamu melaporkan perkembangan setiap minggu ke orang lain, tingkat kesuksesan meningkat hingga 78%! Jadi, bicarakan soal keuangan kamu ke sang pasangan, keluarga atau sahabat terdekat. Jika masih ragu berbagi ke orang terdekat, boleh juga menggunakan jasa financial planner. Berikut 5 aplikasi jitu yang juga bisa membantu kamu menabung.


    3. Beri nama rekening tabungan

    Memberi nama rekening tabungan juga bisa memberikan kamu semangat untuk lebih giat menabung. “Ini karena otak kamu mampu membayangkan ke mana uang pergi,” ujar Kristen Robinson Darcy, Senior Vice President dari Women and Young Investment di Fidelity Investment, Amerika Serikat. Hal tersebut juga memudahkan kamu untuk memisahkan penghasilan. Jadi, tabungan untuk “liburan ke pantai eksotis” tidak tercampur dengan tabungan “gunakan ini saat darurat saja”.





    4. Mulai dari hal kecil

    Mungkin terdengan sederhana, tetapi menyimpan uang yang kamu temukan di celana atau di laci sudah dapat membawa otak ke mindset menabung. Bahkan menurut Greg McBride, Senior Vice President dan Chief Financial Analyst dari Bankrate, hal tersebut dapat mengurangi kebiasaan kamu yang suka berbelanja secara impulsif. 


    5. Buat jadwal 

    Coba buat jadwal teratur untuk menabung selama setahun ke depan. Misalnya, mulai menyisihkan penghasilan untuk Hari Raya tiga bulan sebelumnya atau menyiapkan uang untuk liburan paling tidak selama enam bulan. Studi yang dilakukan oleh Psychological Science mengungkap bahwa mereka yang mengadopsi cara ini akan menabung 78% lebih banyak dibandingkan mereka yang melakukannya secara musiman.



    Ingin tips lebih lanjut? Berikut 5 cara pintar lainnya agar tabungan semakin menggunung!


    (Image: doc. freepik.com / Source: Cosmopolitan Indonesia Agustus 2016 / Hana Devarianti)