Love & Sex

10 Alasan Kenapa Jadi Single Itu Menyenangkan

  by: Alexander Kusumapradja       3/1/2020
  • Tidak perlu iri melihat tagar #RelationshipGoals yang mungkin bertebaran di linimasa kamu, karena hubungan yang paling penting untuk dibangun terlebih dahulu adalah dengan dirimu sendiri. Meminjam istilah terkenal yang dilontarkan RuPaul: “If you can’t love yourself, how in the hell you gonna love somebody else?” alias jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri, bagaimana mungkin kamu mencintai orang lain? Tentu saja, bila di kemudian hari kamu merasa menemukan orang yang tepat, mendambakan hubungan yang langgeng adalah hal yang lumrah. Namun, bila sekarang kamu masih single alias jomblo, jangan lantas bersedih, yuk kita ingat-ingat lagi hal apa saja yang membuat masa-masa single menyenangkan. Ready to love yourself?

    via GIPHY



    1. Kebebasan untuk fokus pada diri sendiri.

    Menjadi single berarti punya jadwal penuh untuk diri sendiri dan kesempatan untuk mengenali hal-hal apa yang menjadi ambisi kita. Karier atau gol seperti apa yang ingin kita kejar? Hubungan seperti apa sih yang kita mau? Tak ada seorang pun di sekitarmu yang menuntut perhatianmu, jadi ini waktu yang tepat untuk mengejar ambisi pribadi. Sekarang juga.


    2. Kesempatan untuk bertemu banyak orang.

    Banyak orang yang sudah berpasangan kemudian punya kecenderungan untuk membatasi diri dalam pergaulan dan terjebak di relationship bubble yang itu-itu saja. Mumpung masih single, ini saatnya mengembangkan lingkaran sosial kita, termasuk ke beberapa pertemuan yang mungkin berujung pada hubungan yang lebih spesial entah itu dalam konteks asmara maupun persahabatan. Who knows, right?


    3. Dapat mencurahkan waktu untuk keluarga dan teman.

    Salah satu tantangan dalam berpacaran adalah mencocokkan kalender sosial masing-masing yang seringkali bentrok. Alhasil, terkadang kamu harus mengalah untuk tak bertemu keluarga atau sahabatmu demi menjalani rencana kegiatan bersama Si Dia. Well, ketika kamu single, kamu tak perlu mengkompromikan harimu untuk orang lain dan bisa mengatur waktu untuk bertemu dengan siapa saja yang kamu mau.

    via GIPHY

    4. Lebih hemat.

    Siapa bilang dalam sebuah hubungan hanya kaum pria saja yang “membuang uang”? Zaman sekarang gengsi dong bila kita selalu menunggu ditraktir pacar atau ketika kita berinisiatif menyiapkan kejutan untuk dia. Berkencan memang seru, tapi tidak bisa dipungkiri kalau hal itu juga menguras dompet. Saat single, kita jadi bisa menabung dan menghadiahi diri sendiri berlibur ke destinasi impian atau membeli barang yang sudah lama kita incar.


    5. Menghabiskan waktu sesukanya.

    Relationship dapat memonopoli waktu kita dan terkadang 24 jam berlalu begitu cepat hingga kita tak punya waktu untuk diri sendiri. Menikmati hidup sebagai single berarti menikmati melakukan apapun sesuka kita. Sedang malas keluar rumah? Kamu bisa Netflix seharian baik seorang diri maupun mengundang sahabat karibmu untuk movie night.




    6. Termotivasi olahraga.

    Kecuali kamu menemukan pasangan yang gemar berolahraga, besar kemungkinan hari-hari pacaranmu diisi dengan kegiatan duduk, makan, dan hal-hal yang sebetulnya kurang produktif. Belum lagi ada perasaan nyaman saat sudah berpasangan dan merasa tak perlu susah payah menjaga kebugaran tubuh lagi. Well, saat sedang single, kamu jadi bisa lebih fokus dan punya waktu untuk olahraga dan punya motivasi lebih untuk menjaga postur tubuhmu.

    via GIPHY

    7. Terbebas dari argumen.

    Lepas dari masa-masa PDKT dan awal jadian yang semanis madu, tiba lah masa di mana adu pendapat dan argumen lebih sering terjadi. Tak perlu yang rumit, sesederhana memilih tempat kencan atau menentukan film yang ingin ditonton saja bisa menjadi argumen tersendiri, terutama bila kamu dan pasangan punya sifat yang sama-sama keras.


    8. Mencoba hal baru.

    Mumpung tak diganggu siapa-siapa, menjadi single adalah waktu yang tepat untuk mengeksplor hal-hal baru. Daftar kelas yang ingin kamu pelajari atau tekuni hobi yang ingin kamu coba. Bukan berarti saat sedang dalam relationship kamu tak bisa mengeksplor hal baru, tapi rasanya tentu berbeda ya dengan segala komitmen yang membatasimu.


    9. Bereksperimen dengan gaya personalmu.

    Ada beberapa orang yang harus berkompromi atau menahan diri ketika mereka sedang dalam berada di sebuah hubungan, termasuk dalam soal cara mereka berpakaian atau mengenakan makeup. Hal ini tak selalu terjadi pada hubungan yang penuh kekangan atau posesif, tapi juga bisa berasal dari diri kita sendiri yang mungkin merasa harus menahan diri. Saat sedang single, kamu tak perlu lagi bergaya untuk memuaskan siapapun kecuali diri kamu sendiri dan tak perlu ambil pusing soal preferensi orang lain.

    via GIPHY

    10. Menentukan arti kebahagiaan sendiri.

    Ini lah satu titik dalam hidupmu di mana kamu menyadari kamu bisa tetap bahagia walau tanpa pasangan. Dan kebahagiaan itu bisa bersumber dari mana saja. Di penghujung hari, kebahagiaan kita adalah tanggung jawab kita sendiri. Kamu punya pilihan antara menangisi kesalahan masa lalu atau melihat hal-hal di sekitarmu dan menemukan kebahagiaan.


    (Alex. K / Image: Penguinuhh on Unsplash)