Celebrity

Amber f(x) Ungkap Perasaanya Tentang Tragedi Sulli

  by: Shamira Priyanka Natanagara       4/1/2020
  • Saat itu adalah 14 Oktober, ketika Cosmo baru saja selesai makan siang dan sedang melihat kabar terbaru di media sosial. It was very shocking. Siapa sangka aktris dan mantan personel girl group f(x) ini dikabarkan telah meninggalkan kita. Warga Korea Selatan dan para penggemar K-Pop dari seluruh dunia berkabung, dan Sulli langsung menjadi trending topic di Twitter Indonesia dan dunia.

    Pada tanggal 3 Januari kemarin, sekitar dua bulan sejak idola kelahiran 1994 tersebut meninggal dunia, salah satu personel f(x), Amber, mengungkapkan perasaannya tentang tragedi Sulli dalam acara CBS This Morning. Ini adalah kali pertama seorang personel f(x) membahas soal meninggalnya Sulli ke publik. 

    “[Sulli] selalu sangat lucu, sangat memberontak, tapi selalu bersikap, ‘Oke, mari kita lakukan itu.’ Ia unik,” ujar Amber. “Kita memiliki candaan bahwa ia adalah adik laki-laki saya dan saya adalah kakak laki-lakinya. Sulli was great and I miss her a lot right now.” 





    Pada Oktober lalu, manajer Sulli menemukannya gantung diri di lantai dua kediamannya. Ia kerap menjadi korban cyberbullying dan telah mengungkapkan pengalamannya dengan gangguan depresi dan kecemasan (anxiety). Membahas cyberbullying yang dialami Sulli, Amber mengatakan, “Sulli selalu bersikap seperti—ia akan membaca atau melihat [komentar negatif]—kemudian ia benar-benar terluka tapi melupakannya setelah beberapa jam dan saya selalu menganggap ia sangat, sangat keren karena itu.” 

    “Namun setelah [Sulli] melalui beberapa perubahan image dan mengambil pekerjaan baru yang berbeda, itu pastinya bukan image yang [sama dengan ketika ia debut] dan saya rasa perubahan tersebut sangat, sangat mengejutkan orang-orang."





    Sulli memulai kariernya di dunia hiburan sebagai aktris cilik pada tahun 2005, ketika ia berusia 11 tahun. Dua tahun kemudian, ia mengikuti audisi SM Entertainment dan berhasil lolos, kemudian ia debut sebagai personel girl group f(x) pada tahun 2009. Sejak debut, Sulli dikenal memiliki image yang imut dan polos. Ketika ia berhenti menjadi idol pada tahun 2015 demi kesehatan mental dan fisik, ia berani melakukan hal-hal sesukanya (e.g. tidak memakai beha, tidak merahasiakan hubungan cintanya).

    Amber melanjutkan, “Saya selalu merasa, ‘Duh, orang-orang ini, biarkan dia hidup. Biarkan dia menjadi seniman, biarkan dia menjadi aktris. Itulah seni, itu adalah sebuah ekspresi, kamu tidak bisa terus mengharapkan hal yang sama dari satu individu. Setiap kali saya melihat artikel tentang ‘Apa Yang Sulli Lakukan Kali Ini' atau sejenisnya, saya hanya merasa, ‘Mengapa ini sebuah masalah?’. This is a girl just living her life.” 

    CosmoBabes, ingat: pena lebih tajam daripada pedang. Pedang bisa membunuh, tapi tulisan pun dapat melukai hidup seseorang. Dan jika kamu merasa ingin mengakhiri hidup, atau mengenal seseorang dengan tendensi tersebut, segera hubungi psikolog atau psikiater. Berikut adalah beberapa hotline yang Cosmo ketahui: 

    - Halo Kementerian Kesehatan: 1500 567

    - LSM Jangan Bunuh Diri: 021 9696 9293

    - International Wellbeing Center: 0812 905 29034 (SMS/WhatsApp) 

    - No. Telepon Pencegahan Bunuh Diri, Jakarta: 021-7256526, 021-7257826, 021-7221810

    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: SM Entertainment / Videos: CBS The Morning Show, Dok. Instagram)