Fashion

Rekomendasi 7 Buku Tentang Fashion yang Wajib Kamu Miliki!

  by: Hendry Leo       5/1/2020
  • Ketika kamu sudah jatuh cinta dengan industri mode, ada banyak hal yang bisa kamu eksplor. Dari segi inspirasi padu padan, busana yang sedang tren, maupun sejarah fashion dari masa ke masa. Hal ini tidak hanya bisa kamu dapat melalui digital maupun majalah, namun juga dalam bentuk buku dari penulis-penulis yang sudah ahli dalam bidangnya. Informasi yang kamu dapatkan pun akan lebih mendalam sehingga buku fashion menjadi salah satu koleksi ekslusif sebagai investasi berharga. 

    Untuk itu, Cosmo berikan rekomendasi 10 buku tentang fashion yang wajib kamu miliki. Check them out!

    1. The Little Dictionary of Fashion: A Guide to Dress Sense for Every Woman – Christian Dior

    Buku ini termasuk buku yang begitu klasik karena terbit pertama pada tahun 1954. Kemudian diterbitkan kembali pada tahun 2007. Buku ini memperlihatkan sudut pandang Christian Dior terkait dunia mode. Selain itu, beliau juga memberikan panduan khusus mengenai padu padan busana yang tepat untuk wanita modern.





    2. All About Yves oleh Catherine Ormen

    Buku ini wajib kamu miliki sebagai pengagum sang desainer legendaris, Yves Saint Laurent. Kamu akan menemukan banyak sekali sketsa ekslusif dari Yves yang tidak pernah dipamerkan secara publik sebelumnya. Selain itu, terdapat banyak tulisan tangan Yves serta tulisan dari beberapa media mengenai dirinya. Setelah membaca buku ini, Cosmo yakin kamu akan semakin kagum dengan sosok desainer yang lahir di Prancis tersebut.



    3. Coco Chanel: An Intimate Life oleh Lisa Chaney

    Yup, dikenal dengan rancangan busananya yang progresif namun penuh kontroversial. Namun desainer dengan nama asli Gabrielle Coco Chanel ini mampu menjadi salah satu orang paling berpengaruh pada abad ke-20. Kamu akan menemukan banyak cerita yang dikemas secara atraktif dan inspiratif oleh sang penulis Lisa Chaney.



    4. Vogue: The Editor’s Eye

    Jika kamu ingin mendalami ilmu fashion, sebaiknya kamu juga harus banyak membaca buku mengenai perspektif dari beberapa senior editor Vogue mengenai perkembangan fashion dunia. Tak hanya itu, di buku ini juga terdapat pendapat mengenai bagaimana pentingnya editor fashion serta pengaruhnya yang begitu besar terhadap dunia mode. Ada delapan editor legendaris Vogue seperti Polly Mellen, Babs Simpson, dan Grace Coddington yang berkolaborasi dengan fotografer ternama yakni Richard Avedon dan Irving Penn. Menarik sekali!





    5. Balenciaga: Shaping Fashion oleh Lesley Ellis Miller

    Satu lagi buku yang tak kalah penting adalah Balenciaga: Shaping Fashion. Seperti yang kita ketahui, sang desainer Cristobal Balenciaga memiliki karya busana yang artistik dan eksentrik di mana masih dapat kamu temukan dalam karya-karya busana Blaneciaga hingga saat ini. Bahkan, Balenciaga pun menjadi salah satu label fashion yang digemari generasi milenials. Dalam buku ini kamu akan menemukan beragam ilustrasi yang memperlihatkan kekuatan desain Balenciaga mulai dari hal tailoring, sculptural, hingga permainan warna-warna yang artsy.



    6. Peter Lindbergh: A Different Vision on Fashion Photography

    Suatu rancangan busana juga tidak terlepas dari visual yang mengagumkan. Untuk itu peran fotografer juga sangat berpengaruh dalam mengabadikan sebuah karya busana. Seperti pada 400 foto hasil karya Peter dari empat dekade. Kamu akan menemukan banyak sekali foto fashion dari muse ternama melalui karakter sang fotografer yang dramatis dan romantis.



    7. 100 Years of Fashion oleh Cally Blackman

    Dari judulnya saja bisa ditebak bahwa buku ini menceritakan sejarah perkembangan fashion dari masa ke masa. Di mulai dari tahun 1900an hingga saat ini. Kamu akan menemukan ragam fotografi dan ilustrasi gaya busana uniform, streetwear, dan couture. Buku ini juga cocok jadi inspirasi kamu dalam berbusana atau bahkan merancang suatu busana, lho!




    (Teks: Hendry Leo/ Sumber: book.google.co.id, whowhatwear.com/ Foto: Instagram.com)