Beauty

Ini Cara Melepas Acrylic Nails Sendiri Tanpa Merusak Kuku

  by: Astriana Gemiati       7/1/2020
  • Girls, menghapus kuku akrilik bisa jadi sulit karena seberapa kuat perekatnya. Memang adanya baiknya jika kamu melepasnya secara profesional di salon terpercaya. Selain aman, kamu juga terhindar dari resiko mengalami kuku rusak. Ayo ngaku deh... pasti di antara kalian suka malas dan mengabaikan hal ini, lalu memilih untuk melakukannya dengan DIY.

    Memang kuku kamu akan tumbuh secara alami dalam satu minggu dengan rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga bisa dipengaruhi oleh panas tubuh, lho!

    Jadi, untuk membantu kamu mengetahui bagaimana cara melakukannya, ada beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk melepas kuku akrilik tanpa harus pergi ke salon. Cosmo telah memeriksa tutorial YouTube terbaik, dirinci langkah demi langkah berikut ini. Yuk, simak!




    How to remove acrylic nails with an acetone soak off


    Ah, yess.. Ini adalah teknik penghapusan klasik yang dilakukan oleh rata-rata para DIYer. Tipsnya, cobalah menghangatkan aseton kamu sebelum memulai, karena ini akan membantunya bekerja lebih cepat dan lebih efektif pada kuku kamu. (Cosmo tips: Aseton sangat mudah terbakar, jadi jangan kamu panaskan ke dalam microwave, kamu bisa menuangkannya di dalam botol lalu menaruhnya di bawah air hangat selama beberapa menit.)

    The Steps:

    1. Potong dengan hati-hati sisa akrilik kamu. Potong kuku sedekat mungkin dengan kuku asli kamu.

    2. Menggunakan penyangga kuku. Kikir permukaan bagian atas yang tampak kasar hingga kuku terlihat halus dan tampak bersinar. Melepaskan lapisan atas akan membantu memoles pelunakan lebih cepat di aseton.

    3. Tuang 100% aseton ke dalam baki atau mangkuk, lalu rendam kuku kamu di dalamnya selama lima menit.

    4. Dengan bantuan metal cuticle pusher, dorong kuku dengan lembut agar bantu memudahkan mendorong kutikula ke bawah.

    5. Celupkan kembali kuku kamu selama lima menit, lalu dorong kembali dengan lembut. Ulangi sampai akrilik kamu benar-benar basah kuyup.

    6. Gosok sisa potongan kecil dengan buffer kuku kamu.

    7. Pijatkan cuticle oil ke kuku kamu untuk melembapkannya. Gosokkan secara perlahan ke kuku kamu dengan sisi penyangga yang lembut. Lalu akhiri dengan mengoleskan kembali cuticle oil..


    How to remove acrylic nails with an electric file / nail bit


    Jika kamu malas dan tipe acrylics addict, kamu harus serius mempertimbangkan mengambil kikir kuku elektrik untuk membuat prosesnya menjadi lebih mudah dan aman di alas kuku kamu. Ya, secara teknis ini harus dikerjakan dengan salon profesional, dan ini jelas membutuhkan ketrampilan untuk dipelajari, namun itu bukan berarti kamu tidak dapat mencobanya di rumah (dengan risiko kamu sendiri dan dengan menonton banyak tutorial). Hehee...

    The Steps:

    1. Amplas kuku dengan hati-hati untuk membantu melepas lapisan atas kuku akrilik kamu.

    2. Kemudian rendam kapas dengan aseton 100%, lalu bungkus kuku kamu dan tutup dengan kertas timah sampai semua kuku terbungkus dalam kertas alumunium.

    3. Setelah direndam selama 10 hingga 15 menit, bukalah jari kamu lalu lepaskan kelebihan akrilik dengan pendorong kutikula.



    4. Bilas tangan kamu dan akhiri dengan mengaplikasikan cuticle oil.


    How to remove acrylic nails with acetone and plastic bags


    Meski tidak ramah lingkungan, ini adalah cara yang sangat mudah untuk melepas akrilik kamu dengan tas plastik.

    The Steps:

    1. Potong kuku akrilik kamu (sekali lagi, sedekat mungkin dengan kuku asli kamu tanpa benar-benar memotongnya).

    2. Tuang 100% aseton ke dalam kantong besar Ziploc, isilah dengan cukup hingga bisa merendam kuku sepenuhnya.

    3. Miringkan kantong plastik ke samping sehingga aseton masuk ke salah satu sudut, lalu masukkan tangan kamu ke dalam kantong, biarkan kuku kamu meresap ke dalam aseton.

    4. Biarkan selama 15 hingga 20 menit (mungkin saat yang tepat untuk memulai serial film di Netflix), lalu dengan lembut kikis akrilik dengan tongkat kutikula kayu.

    5. Jika akrilik kamu tidak mudah lepas, rendam kembali selama lima menit, lalu coba lagi.

    6. Buff sisa residu untuk menyelesaikan.


    Selamat mencoba!


    ( Astriana Gemiati, Image: marctran©123RF.com, Artikel ini disadur dari www.cosmo.ph / Perubahan telah dilakukan oleh editor )