Better You

Tips Psikologi Para Ahli Untuk Tidur Nyenyak dan Berkualitas

  by: Kezia Calesta       7/1/2020
  • Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci untuk tubuh sehat. Sayang sekali bila kamu sudah menjaga diet dan berolahraga, namun jarang mendapatkan 7 jam istirahat setiap hari! Selain mengurangi konsumsi kafein dan menjaga kenyamanan kamar, SheKnows telah mendapatkan tips dari para ahli psikologi untuk tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas.


    1. Cari tontonan yang menghibur

    “Saya selalu memastikan bahwa 1 jam sebelum tidur, saya melakukan aktivitas yang membuat rileks seperti menyaksikan serial televisi yang lucu. Otak manusia biasanya membutuhkan 30-60 menit untuk bersantai sebelum tubuh siap tidur, maka aktivitas tersebut dapat menjadi pengantar tidur yang pas.”



    - Philip R. Gehrman, Ph.D., associate professor of social and health psychology at the University of Pennsylvania


    2. Mandi air hangat

    “Berdasarkan sains dan pengalaman pribadi, mandi air hangat sebelum tidur sangat efektif karena perubahan suhu tubuh tersebut akan memberikan signal ke otak bahwa kamu sudah siap untuk beristirahat. Ditambah lagi, kamu jadi bisa mengambil waktu rehat dari gadget!”

    - Katherine Duggan, Ph.D., assistant professor of social and health psychology at North Dakota State University


    3. Simpan buku tulis di samping tempat tidur

    Sering sulit tidur karena banyak pikiran atau selalu memikirkan pekerjaan? Mungkin trik ini dapat membantu menenangkan kamu! “Bila saya kesulitan tidur atau terbangun dan tidak bisa kembali tidur, hal ini biasanya disebabkan oleh overthinking soal pekerjaan. Satu strategi yang saya terapkan: saya menyimpan buku kecil dan pen di samping ranjang. Bila saya mendadak mengingat suatu hal, saya mencatatnya di buku tersebut agar saya tidak lupa. Dengan itu, saya akan berhenti mengkhawatirkan masalah dan lebih mudah tertidur.” Hindari penggunaan gadget, karena kamu malah dapat membuka Instagram atau YouTube dan menunda jam tidur!

    - Kristen Knutson, Ph.D., associate professor at the Center for Circadian and Sleep Medicine at Northwestern University




    4. Simpan tanaman atau pengharum yang mendukung tidur

    “Tanaman dapat membantu menenangkan emosi dan. Wewangian alami dari jasmine, lavender, chrysanthemum, dan mawar dapat mendukung tidur, maka essential oil dengan kandungan bunga-bunga tersebut seringkali digunakan. Kamu bisa menyimpan tanaman dalam kamar, asal kamu mengingat untuk memberikannya sinar matahari.”

    - Monique Simmonds, Ph.D., deputy director of science at London’s Royal Botanic Gardens


    Ingin tips lebih lanjut agar kamu bisa mendapat tidur yang berkualitas? Praktikkan 5 teknik pernapasan berikut setelah meneguk salah satu dari 4 minuman ini yang bisa membuat kamu tidur nyenyak.


    (Image: doc. Kate Stone Matheson via Unsplash)