Beauty

6 Manfaat Alami Teh Hitam untuk Rambut

  by: Fariza Rahmadinna       10/1/2020
  • Tidak hanya baik untuk kesehatan kulit dan tubuh, teh hitam juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Teh hitam diproduksi dengan cara mengoksidasi daun tanaman Camellia sinesis yang bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan dan memberi kilau pada rambut karena kandungan antioksidan dan kafeinnya. 


    Berikut ini enam manfaat teh hitam untuk rambut. Yuk, baca sampai habis ya, dear!




    1. Mencegah Rambut Rontok


    Kerontokan merupakan permasalahan rambut yang cukup menyebalkan, namun teh hitam bisa menjadi salah satu solusinya. Kandungan kafein di dalam teh hitam dapat menurunkan hormon yang menyebabkan kerontokan pada rambut. Namun, berlebihan dalam mengonsumsi kafein juga dapat menghambat pertumbuhan rambut. Jadi, perhatikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan ya!


    Selain itu, kandungan antioksidannya dapat mengurangi stres yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut prematur pada perempuan saat ini. Cara pemakaiannya cukup dengan membalurkan air teh hitam secara merata ke seluruh permukaan rambut. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian cuci bersih dengan menggunakan sampo. Lakukan rutin satu minggu sekali untuk membantu mengurangi kerontokan secara alami dan efektif.


    2. Merangsang Pertumbuhan Rambut


    Jika kafein dapat mencegah kerontokan pada rambut, lain halnya dengan kandungan antioksidan dalam teh hitam yang memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini pun telah dikonfirmasi oleh para ilmuwan Jepang.


    Baca juga : Manfaat Berbagai Macam Teh Bagi Kesehatan


    3. Menambahkan Kilau Rambut


    Manfaat teh hitam berikutnya yaitu mampu memberikan kilau pada rambut. Caranya cukup gunakan air teh hitam setelah keramas sebagai bilasan rambut terakhir. Lakukan secara rutin dan rambut kamu akan menjadi lebih lembut dan berkilau. Tidak hanya masa depanmu saja yang bisa berkilau, tetapi juga rambutmu lho, girls!




    4. Sebagai Pewarna Alami


    Paparan sinar matahari dan panasnya alat styling rambut dapat berkontribusi terhadap kerusakan dan perubahan warna rambut. Warna hitam pada teh ini dapat dijadikan sebagai pewarna rambut alami, agar tetap hitam dan indah. Caranya, seduh tiga sampai enam kantong teh hitam dengan air panas dan tunggu hingga dingin. Balurkan di seluruh rambut secara merata. Biarkan selama satu jam, kemudian keramas dengan sampo seperti biasa. 


    Baca juga : Ini Dia 7 Manfaat Alami Teh Hijau Bagi Kesehatan Rambut


    5. Mengatasi Masalah Ketombe


    Memiliki rambut berketombe tentu dapat mengganggu penampilan, namun kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan teh hitam. Kandungan zat antiseptik dalam teh hitam berperan melawan ketombe secara alami. Caranya, aplikasikan air teh hitam secara merata ke seluruh permukaan rambut. Diamkan selama 5-10 menit lalu keramas seperti biasa. Lakukan rutin tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 


    6. Mengatasi Masalah Rambut Bercabang


    Tidak hanya mampu mengatasi masalah ketombe, manfaat teh hitam lainnya yaitu mampu untuk mengatasi rambut bercabang. Kamu bisa mengikuti cara di atas untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


    Itu dia enam manfaat teh hitam untuk rambut agar tetap sehat dan berkilau. Selamat mencoba!


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Andrii Podilnyk on Unsplash)