Beauty

Face Oil vs Face Serum, Ini Perbedaannya!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       10/1/2020
  • Dengan perkembangan industri kecantikan yang semakin cepat dalam beberapa tahun terakhir ini, berbagai perusahaan skincare dari seluruh penjuru dunia terus-menerus menghadirkan inovasi dan produk-produk terbaru yang menarik perhatian. Mau lihat buktinya? Well, jika kamu rajin menyimak artikel ‘Produk Kecantikan Terbaru’ oleh Cosmo setiap bulan, pasti kamu tahu betapa banyak produk perawatan kulit yang dirilis tahun lalu. 

    Dan sejujurnya, apakah kamu tahu fungsi setiap produk kecantikan yang sekarang tersedia di pasaran? Ayo, ngaku! Apakah kamu sudah tahu perbedaan antara BB cream dan CC cream? Perbedaan ampoule dan essence? Bagaimana dengan face serum dan face oil? Kedua produk skincare tersebut populer di kalangan pencinta perawatan kulit, girls, jadi sebaiknya kamu tahu fungsi masing-masing produk agar tidak salah beli!

    Nah, sekarang, Cosmo akan bantu kamu mengenal lebih baik manfaat face serum dan face oil serta perbedaannya. Simak baik-baik, ya!




    Apa itu face serum?

    Oke, mari kita mulai dengan face serum! Produk skincare yang satu ini dirancang khusus untuk memberi nutrisi ekstra pada kulit wajah dan mengatasi masalah kulit spesifik yang sedang kamu alami. Semisal kamu memiliki kulit berjerawat, kamu bisa menambahkan face serum khusus acne ke runitas skincare. Atau kamu mengalami hiperpigmentasi? Don’t worry! Ada pula serum wajah yang telah dirancang khusus untuk meratakan warna kulit. Ada banyak ragam face serum yang kini tersedia di pasaran, kamu hanya perlu memilih yang paling pas dengan kondisi kulitmu.




    Perlu diketahui bahwa kebanyakan face serum berbahan dasar air (meskipun ada pula yang berbahan dasar minyak) dan memiliki konsentrasi kandungan yang cukup tinggi. Produk ini pun mengandung partikel-partikel kecil yang mudah menyerap ke dalam lapisan kulit, sehingga mampu melawan masalah kulit dengan efektif. 

    Selain itu, konsistensi face serum cenderung kental, sehingga patut digunakan setelah penggunaan toner dan sebelum penggunaan moisturizer, krim malam, atau sunscreen

     Cosmo recommends: 


    Hmm, I see… Bagaimana dengan face oil? Apakah benar-benar berbeda?

    Sama seperti face serum, face oil pun memiliki konsistensi kental dan sebaiknya digunakan setelah penggunaan toner wajah. Namun produk skincare yang satu ini memiliki fungsi yang agak berbeda.

    Jika face serum tersedia dalam beragam varian yang dirancang untuk melawan masalah kulit tertentu, face oil secara khusus dibuat untuk melembapkan, menghidrasi, dan menjaga keseimbangan kulit wajah. Meskipun konsistensinya mirip dengan face serum, ukuran partikel face oil lebih besar, sehingga hanya bisa menembus lapisan-lapisan kulit paling luar untuk menjaga kelembapannya.





    Kalau sekarang kamu sedang bertanya-tanya, “Jadi kalau sudah pakai face oil tidak perlu moisturizer, dong?”, well, kalau merasa kulitmu benar-benar kering dan butuh kelembapan maksimum, tidak apa-apa untuk menggunakan keduanya.

     Cosmo recommends:  

    Cosmo tip: face oil memiliki partikel yang besar, so kalau kamu menggunakan moisturizer berbahan dasar air (yang partikelnya lebih mudah menyerap ke kulit), gunakan face oil SETELAH moisturizer.


    Got it! So, yang mana yang lebih bagus untuk perawatan kulit?

    Tidak ada yang lebih unggul dari yang lain. Face serum dan face oil sama-sama bagus untuk kulit—tergantung pada jenis dan masalah kulitmu. Kalau mengalami jerawat, kemerahan, penuaan dini, atau masalah kulit lainnya, Cosmo sarankan untuk menggunakan face serum agar masalah kulitmu dapat diatasi secara efektif. Namun jika kulitmu kering dan butuh kelembapa ekstra, face oil adalah jawabannya! Sesungguhnya, tidak ada produk yang buruk, yang ada hanyalah produk yang tidak cocok dengan kulitmu. 


    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Content Pixie on Unsplash)