Celebrity

ARMY, Ini 4 Hal Tentang Album Baru BTS yang Wajib Kamu Tahu!

  by: Giovani Untari       10/1/2020
  • Para ARMY pastinya sudah tahu jika BigHit Entertainment baru-baru ini mengumumkan berita besar tentang BTS. Di mana berita ini selalu muncul tepat pukul 12 malam Korea Standard Time (yang bisa kita anggap sebagai waktu nan kritis disebut "12amkstphobia").

    Dan salah satu yang tak luput dirilis oleh BigHit adalah "Comeback Map" untuk album terbaru BTS, Map Of The Soul:7. Dalam peta tersebut BigHit mengumumkan 4 ~phases~ berisi konten eksklusif BTS yang akan dirilis mulai tanggal 10 Januari hingga 28 Februari 2020.




    Konsep comeback BTS memang dikenal selalu breathtaking, bukan? Tetapi untuk comeback Map Of The Soul:7 terasa begitu berbeda dari comeback BTS sebelumnya. Hal ini pun sungguh membuat para ARMY merasa nervous sekaligus excited! Jadi, ini dia beberapa hal yang bisa kamu pelajari tentang BTS "Comeback Map":


    1. Akan ada 2 Comeback Trailers: "Shadow" dan "Ego"

    Sebelumnya para ARMY sempat berspekulasi bahwa dua album lanjutan dari Map Of The Soul: Persona (yang dirilis tahun 2019 silam) akan berjudul Shadow dan Ego. Namun hal tersebut langsung terpatahkan setelah BigHit mengumumkan album terbaru dari RM dkk tersebut akan diberi nama Map Of The Soul: 7.

    Tapi sesungguhnya spekulasi di atas tetap menjadi sebuah kenyataan sebab BTS akan merilis 2 comeback trailers berjudul "Shadow" di tanggal 10 Januari dan "Ego" pada 3 Februari mendatang. Di album sebelumnya, sang leader RM telah merilis solo intro "Persona"



    And yes! Comeback trailers "Shadow" yang menjadi konten pembuka pun menampilkan rap nan powerful dan berkharisma dari Suga. Lagu ini berlatar belakang atas bagaimana Suga mengekspresikan ambisi-ambisinya serta menghadapi ketenaran. Hmmm.. jadi bolehkah kita berharap (dan berspekulasi) bahwa comeback trailers selanjutnya yaitu "Ego" akan diisi oleh rapper BTS berikutnya yaitu J-Hope? Viva la rap line!

    Simak MAP OF THE SOUL : 7 'Interlude : Shadow' Comeback Trailer berikut ini:



    2. Single Pertamanya Akan Dirilis Bulan Januari Ini!

    Mark your calendars for 17 January (it's only seven days away), dear! Sebab BigHit akan merilis single pertama dari album Map Of The Soul: 7 di tanggal tersebut. Pada tanggal yang sama akan dirilis pula sebuah Art Film performed by MN Dance Company. We're so here for more BTS collabs!




    3. Ada Hal Yang Baru Dalam Comeback Kali Ini: CONNECT!

    Well, apa itu CONNECT memang masih menjadi misteri yan tak terpecahkan sampai saat ini. Tetapi CONNECT sendiri jelas ada di agenda Comeback Map dari album Map Of The Soul: 7 dan uniknya... ini melibatkan nama beberapa kota besar di dalamnya! Seperti tanggal 14 Januari (Online & London), 15 Januari (Berlin), 21 Januari (Buenos Aires), 28 Januari (Seoul), dan 5 Februari (New York). Let's wait and see what will happen in here!


    4. Album Map Of The Soul: 7 Akan Dirilis 1 Minggu Sebelum Video Klipnya Keluar!

    Okay, ini juga menjadi hal yang baru dan tidak biasa dari BTS. Pasalnya, grup pelantun Boy with Luv ini selalu merilis album sekaligus video klip di tanggal yang bersamaan. Tapi hal tersebut tidak terjadi untuk album MOTS7. Album Map Of The Soul: 7 akan resmi diluncurkan pada tanggal 21 Februari bertepatan dengan dirilisnya Kinetic Manifesto Film : Come Prima yang akan menampilkan perfomance BTS membawakan lead single mereka. Dan video klip untuk lead single mereka nantinya akan dirilis pada 28 Februari 2020. 



    ARTINYA: kita harus banyak bersabar menanti 1 minggu sejak perilisan album demi bisa menyaksikan video klip terbaru RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. Expectations will be high, we must say.

    TL;DR: There is SO MUCH TO UNLOAD HERE, and we still confused/overwhelmed/anxious for what BTS and BigHit have in store for us. 


    Pre-orders untuk album Map Of The Soul: 7 kini bisa kamu akses dalam berbagai platform online di bawah ini:



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan PH / Perubahan telah dilakukan editor / Alih bahasa: Giovani Untari. Image: Dok. Big Hit Entertainment, Tenor.com)