Lifestyle

Ini Dia Resolusi Tahun Baru yang Cocok dengan Zodiakmu!

  by: Alvin Yoga       11/1/2020
  • Waktunya tiba, guys: Yup, ini saatnya kita membuat sederet janji (baca: resolusi) untuk diri sendiri, dengan harapan kita bisa berubah menjadi lebih baik lagi dalam 12 bulan ke depan. Membaca lebih banyak buku? Ada di daftar! Lari maraton? Ini juga ada dalam daftar! Berhenti datang terlambat? Ada kok, di daftar resolusi tahun ini. Yeah, yeah, yeah, sebut saja semuanya. Pasti ada di dalam daftar! But the thing is, resolusi tahun baru biasanya berakhir di tanggal, ahem, 2 Januari...dan pada akhirnya resolusi tersebut hanya tinggal secarik kertas pengingat saja yang menempel di atas meja sampai tanggal 31 Desember.

    Di tahun ini, saatnya berhenti menyia-nyiakan waktu dan tenaga! Buat resolusi yang benar-benar bisa kamu ikuti. Caranya? Lihat dari zodiakmu masing-masing (I mean, faktor apa lagi yang bisa diharapkan selain zodiak?!) di bawah ini. Happy 2020, bb! You can do it.




    Aries:

    Stop kabur dari masalah!

    We get it, Aries. Kamu memang suka mencari jalan pintas ketika berusaha menyelesaikan sesuatu, tapi bukan berarti kamu bisa kabur begitu saja dari masalah. Let’s be honest, kamu memang dikenal tak bisa berpikir lurus apabila suatu hal tidak berjalan sesuai dengan rencana. Namun untuk dua belas bulan ke depan, cobalah untuk melatih jalan pikiranmu agar bisa lebih tenang menghadapi berbagai masalah. Ada problem kecil? Tarik napas panjang, lalu buang perlahan-lahan. Sekarang coba cari jalan keluarnya perlahan-lahan. See? Masalah-masalah kecil tersebut tak akan menyulitkanmu kalau kamu pintar membagi waktu dengan baik. Easy does it! Dengan begini, tekanan darahmu akan baik-baik saja sampai penghujung tahun. You can thank us later!


    Taurus:

    Cobalah untuk lebih fleksibel

    Tak suka berurusan dengan rencana yang berubah di menit-menit terakhir? Here’s the deal, Taurus babe: Hanya karena temanmu terlambat 20 menit dari jadwal yang sudah ditentukan (memang bikin marah, sih) bukan berarti mereka lalu jadi bahan caci makimu. Everyone is doing the best they can! Di 2020 ini, cobalah untuk lebih fleksibel. Jangan terlalu keras kepala, dan bersikaplah terbuka terhadap setiap perubahan—termasuk perubahan rencana di menit-menit terakhir. Ingat, jangan langsung marah, ya!


    Gemini:

    Buat resolusi-resolusi kecil yang lebih mudah dilakukan

    Sebagai seorang Gemini, kamu punya segudang ide fantastis. Like, So! Many! Ideas!, yang ternyata membuatmu sulit untuk fokus. Sifat cerdikmu yang menghasilkan ide-ide brilian memang mengagumkan, namun di satu sisi hal ini juga membuatmu gampang frustasi. Go easy on yourself, Gemini! Di tahun ini, buat resolusi-resolusi kecil yang lebih mudah dilakukan, semisal cobalah menjadi vegetarian sehari dalam seminggu (cukup sehari, tak perlu sampai sebulan penuh). Dengan kuota energimu yang besar, dijamin daftar panjang resolusi kecilmu akan selesai dalam sekejap mata. Dengan begini, kamu bisa lebih produktif sekaligus lebih pintar mengatur waktu.


    Cancer:

    Jangan lagi menilai sesuatu hanya dari tampilan luarnya saja

    Sebelum kamu komplain dengan judul di atas (tuh kan, terbiasa deh, menilai sesuatu dari judulnya saja!), biarkan Cosmo mengklarifikasi: Tak peduli seberapa intuitif para Cancer, tak berarti first impression yang kamu bayangkan itu selalu benar. Di tahun 2020 ini cobalah untuk bersikap lebih terbuka dan open-minded menghadapi orang-orang baru, dan beri mereka kesempatan sebelum kamu beri titel tertentu (padahal baru sempat bertemu satu atau dua kali, duh!). Orang yang kamu anggap sombong, bisa jadi berubah menjadi sahabatmu di tahun ini. Cheers to change!


    Leo:

    Jangan terlalu memonopoli

    Sebenarnya kamu adalah seorang pendengar yang baik—terutama kalau sifatmu mirip dengan orang yang sedang menjadi bahan obrolan kalian. Namun ketika kamu merasa related, kamu jadi semangat untuk menceritakan pengalaman pribadimu, "Aku jadi teringat dengan masa-masa ketika..." wait, kita tidak sedang mendengarkan kisahmu! Cosmo tahu, kamu tidak suka dengan situasi awkward, dan kamu akan melakukan apa pun untuk memecahkan keheningan dengan menceritakan pengalaman pribadimu, namun tahun ini, biarkan orang lain yang melakukan hal itu. Menceritakan pengalaman pribadi bukanlah suatu hal yang mudah bagi setiap orang, Leo love. You gotta give ’em a second to warm up.


    Virgo:

    Akui bahwa ketidaksempurnaan itu nyata

    Kamu punya bakat yang luar biasa untuk bisa menemukan sisi positif dan negatif dari segala situasi—hal inilah yang membuatmu dikenal sebagai seorang pembicara yang bijaksana serta seorang pendengar yang adil. Namun bakat ini jugalah yang menjadi beban bagimu ketika kamu mencoba untuk menilai segala sesuatu yang terjadi pada orang lain dan berusaha untuk menyempurnakannya. Resolusi 2020 untuk para Virgo: dibanding berusaha untuk membuat segalanya terkesan perfect dan flawless, saatnya mengakui bahwa ketidaksempurnaan itu nyata dan setiap perbedaan yang ada membuat segalanya jadi terkesan menarik. Don’t forget, Virgo babe, that variety is the spice of life.




    Libra:

    Berjuanglah untuk keinginanmu juga

    Sebagai sang diplomat dari para zodiak, kamu berusaha untuk menyeimbangkan keinginanmu dengan situasi sekitar. Ketika sahabatmu bergoyang dengan hebohnya di suatu pesta, kamu jadi orang yang meredamnya. Ketika temanmu menjadi apatis ketika sedang berkumpul bersama, kamu berusaha untuk mencairkan suasana. Namun ketika kamu terus menerus mencari keseimbangan, kamu jadi lupa apa yang sebaiknya harus kamu lakukan. Di 2020 ini, jangan takut untuk menjadi diri sendiri dan melakukan apa yang kamu mau—tak peduli apa yang terjadi di sekitarmu. Sudah saatnya orang lain melihat apa keinginanmu. Hey, it’s only fair!


    Scorpio:

    Cobalah untuk lebih "transparan" dan membuka diri

    Kamu adalah orang yang sulit ditebak dan menyukai skandal. Di satu sisi, hal ini bagus, sih. Tapi kamu mungkin harus berpikir ulang dan berusaha untuk lebih "transparan" di 2020 ini. Bukan berarti kamu jadi memberitahukan isi kepalamu pada setiap orang di setiap waktu lho, ya. Tapi cobalah untuk lebih membuka diri dan menceritakan masalahmu pada orang-orang terdekat. Terlalu memendam perasaan hanya akan menciptakan jarak antara dirimu dengan orang-orang di sekitarmu. The moral of the story, Scorpio love, kamu bisa tetap terlihat edgy dan misterius tanpa perlu menyingkirkan gengsimu. The end.


    Sagittarius:

    Cobalah untuk membuat komitmen - dan pertahankan hal tersebut

    You’re a free spirit, dude! Dan tak ada yang bisa menghentikan Sagittarius ketika ia sudah memantapkan keinginannya. Bagus! Tapi mari bicara soal "tanggung jawab" untuk beberapa detik, shall we? Untuk bisa mempertahankan suatu hubungan yang sehat (ini berlaku untuk pekerjaan, hubungan asmaramu yang mudah kandas, serta persahabatanmu, anything, you name it), orang lain harus bisa mengandalkan dan memercayakan diri mereka padamu. Tahun ini, berlatihlah untuk bisa lebih bertanggung jawab dengan mempertahankan komitmen yang sudah kamu buat. Reliability is always rewarded.


    Capricorn:

    Berikan waktu berhargamu pada keluargamu

    Tak ada yang bisa menyangkal bahwa Capricorn adalah para pekerja keras yang pintar mencari uang—namun entah apa yang sedang kamu kejar di kantor, gunakan sifat positifmu tersebut untuk "bekerja keras" pada hal lain di luar kantor. Tentu saja, hal ini menyangkut setiap hal yang bukan urusan uang; seperti pasanganmu, keluargamu, atau sahabat-sahabatmu. Dibanding orang lain, kamu yang paling tahu bahwa waktu adalah salah satu hadiah terbesar sekaligus hal terpenting dalam hidup yang tak boleh disia-siakan begitu saja, jadi habiskan waktu berharga tersebut setiap bulannya untuk hal yang lebih baik, dan prioritaskanlah hal lain selain pekerjaanmu. It’ll make you feel even more important.


    Aquarius:

    Saatnya menikmati hidup

    Entah kamu sedang mengagumi politisi favoritmu, atau berusaha untuk mencari jalan demi memerangi krisis global warming (oh, please don't stop), atau menjadi volunteer dalam sebuah komunitas, kamu adalah orang yang selalu berusaha untuk membuat suatu perubahan yang baik. You’re basically a superhero—with your own super-power. Namun sadarkah kamu bahwa para pahlawan biasanya merasa kesepian, sama seperti dirimu? Di tahun 2020 ini, cobalah untuk keluar dari kesendirian dan bertemanlah dengan lebih banyak orang. Bersosialisasilah! Tonton film yang menarik di bioskop, berpestalah dan minum beberapa gelas margarita dengan sahabat-sahabatmu. You’re allowed to have fun!


    Pisces:

    Percayalah pada intuisimu

    Kamu tahu perasaan itu...ketika kamu merasa sesuatu akan terjadi...namun kamu tak ingin hal tersebut terjadi...tapi pada akhirnya hal yang sudah kamu perkirakan terjadi juga? Di 2020 ini, stop membuang waktu dan terimalah intuisimu. Kamu tak bisa selalu menjelaskan dari mana intuisi tersebut datang, tapi kamu harus berhenti menyepelekannya. Kalau memang kamu merasa akan terjadi sesuatu, jangan biarkan intuisi tersebut "bernanah" dalam dirimu. Biarkan dirimu mengikuti alur yang ada. When you harness your psychic powers, no one can f*ck with you. Now that’s a resolution.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / Image: Dok. Amy Shamblen on Unsplash)