Better You

5 Kesalahan Olahraga Umum yang Dilakukan Orang di Gym

  by: Kezia Calesta       10/1/2020
  • Terkadang, mengumpulkan niat untuk berangkat ke gym saja sudah sulit. Sayang kan, jika ternyata sesi olahraga kamu selama ini tidak maksimal akibat kesalahan kecil yang kamu tidak sadari? Untuk membuat workout semakin efektif, PureGym melakukan riset dengan bertanya ke 149 manager gym tentang kesalahan olahraga yang paling sering mereka lihat sehari-hari. Berikut adalah 5 kesalahan umum yang dilakukan orang saat berolahraga di gym.





    Kesalahan #1: Tidak melakukan repetisi penuh

    Repetisi merupakan gerakan olahraga yang diulang-ulang dalam satu waktu tertentu, dan saat diakumulasi, repetisi sangat baik untuk melatih ketahanan tubuh. Bila ingin berolahraga dengan efektif, hindari partial rep alias gerakan yang setengah-setengah (contohnya, melakukan half squat ketimbang full squat).



    “Beberapa orang melakukan partial rep untuk bergerak dengan lebih cepat, dan tindakan ini dapat membuat kamu merasa bahwa kamu sedang bekerja dengan lebih keras. Padahal, untuk membangun otot dan tenaga, kamu perlu menyelesaikan gerakan secara maksimal,” jelas para ahli di PureGym. “Jangan mengejar waktu, yang penting adalah menyelesaikan olahraga dengan benar. Bila tidak kuat, kurangi bebannya!”


    Kesalahan #2: Mengangkat beban yang terlihat terlalu berat

    Have you heard of ego-lifting? Para pelatih di PureGym ingin kamu tahu bahwa beban yang terbaik untukmu bukanlah yang paling berat, melainkan yang paling tepat untuk tubuhmu.



    “Kami senang saat melihat orang keluar dari zona nyaman mereka, namun ketahui perbedaan antara menantang diri sendiri dengan memaksakan diri. Mengangkat beban yang terlalu berat untukmu cukup berbahaya, dan tindakan tersebut bukanlah cara berkelanjutan untuk membangun otot dan tenaga.” Bila kamu ingin terus maju sambil menghindari cedera, temukan beban yang menantang tubuhmu namun kamu harus tetap bisa menjaga body form, alias postur tubuh.


    Kesalahan #3: Melatih kekuatan dengan postur yang salah

    Strength training menggunakan barbell dapat terlihat sederhana, namun kamu harus memastikan bahwa teknik kamu sudah sempurna. “Bila kamu baru mulai nge-gym atau sedikit ragu, jangan takut untuk bertanya ke seorang personal trainer untuk nasihat agar kamu bisa training dengan postur tubuh yang benar,” jelas para manager di PureGym. Saat mengeksekusi strength training, ingat A.C.E: Abs engaged, Chin in a good position, and not over Extending.




    “Learning how to weight train properly is a skill which takes time.”


    Kesalahan #4: Terlalu lama beristirahat

    Ya, Cosmo mengerti kamu sudah mulai lelah. Namun menurut para ahli, kamu perlu menjaga disiplin saat beristirahat di tengah berlatih. “Beristirahat setelah beberapa set memang diperlukan untuk menghindari cedera. Namun terlalu lama beristirahat dapat menghambat progres jika detak jantung sudah menurun jauh,” ungkap para ahli. “Bila kamu mempraktikkan repetisi sebanyak <8 kali untuk setiap set, sebaiknya beristirahat selama 2-5 menit saja. Jika kamu mempraktikkan repetisi sebanyak >8 kali, sebaiknya istirahat selama 30-90 detik saja.”



    Kesalahan #5: Tidak memiliki workout plan yang benar

    Tanpa persiapan, kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk memilih kegiatan olahraga selanjutnya ketimbang menghabiskan waktu untuk berlatih! Bila kamu sudah memiliki workout plan sebelum memasuki gym, kamu pun akan menggunakan waktu dengan lebih efektif.



    Namun ingat, kamu tidak harus selalu mengikuti jadwal 100%. Siapkan opsi jikalau alat yang mau digunakan sedang digunakan orang lain, atau opsi agar kamu tidak bosan. Saran Cosmo: ikuti sebuah kelas di gym yang sesuai dengan kepribadianmu – siapa tahu kamu akan menyukainya!


    (Image: doc. Freepik.com / Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com. Perubahan minor telah dilakukan oleh editor.)