Beauty

Hindari Kesalahan-kesalahan Ini dalam Pemakaian Foundation!

  by: Yovita Pratiwi       13/1/2020
  • Seperti yang kita ketahui, riasan wajah akan tampak menawan jika dimulai dengan kanvas yang baik. Tentunya memilih foundation yang sempurna tidak mudah. Seringkali kita salah memilih foundation sehingga harus menghadapi berbagai permasalahan seperti warna yang tidak sesuai, white casts, dan caking. Tenang, ladies. Kali ini Cosmo telah merangkum tips agar kamu dapat meraih base yang flawless. Yuk, simak!




    1. Salah Memilih Warna Foundation

    Warna foundation merupakan kunci utama dari keseluruhan riasan. Perbedaan warna sedikit saja dapat membuat riasan jadi tampak aneh, terlalu putih atau terlalu oranye. Perbedaan warna wajah dapat dilihat dengan jelas saat dibandingkan dengan warna leher.


    Solusi:


    Saat sedang memilih warna foundation, penting untuk membandingkan di bawah berbagai jenis lighting. Tipsnya, bubuhkan sedikit produk pada rahangmu lalu baurkan. Cek dibawah sinar matahari apakah warna tersebut sesuai. Tunggu sekitar dua menit sampai produk meresap sehingga untuk memastikan foundation ini tepat untuk jenis kulitmu.


    2. Menggunakan Terlalu Banyak Produk


    Salah satu kesalahan paling umum adalah menumpuk terlalu banyak produk pada noda di wajah. Hal ini dapat menyebabkan riasan tampak cakey, sekaligus membuat kamu jadi boros karena produk cepat habis!


    Solusi:


    Kenakan lapisan pertama dahulu lalu baurkan. Jika kamu merasa membutuhkan coverage lebih, baru tambahkan lapisan kedua. Untuk noda hitam dan jerawat, gunakan concealer yang memiliki coverage tinggi.


    3. Membaurkan Foundation dengan Menggunakan Jari


    Menggunakan kehangatan ujung jemari memang efektif untuk aplikasi blush, namun tidak dengan foundation. Cara ini dapat menyebabkan riasan tampak berantakan dan tidak merata.


    Solusi:




    Alat yang tepat akan menjadi kunci dalam proses aplikasi produk kompleksi. Kuas foundation yang bagus dapat bertahan bertahun-tahun. Jangan lupa untuk bersihkan kuasmu secara berkala!


    4. Tak Menggunakan Primer


    Saat mengaplikasikan foundation pada wajah tanpa primer terlebih dahulu, riasan tak akan bertahan sebaik jika kamu mempersiapkan wajah dengan menggunakan primer.


    Solusi:


    Pilih primer yang sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulitmu. Ada yang melembapkan, membuat kulit jadi matte, membuat kulit jadi glowing, dan opsi yang bebas silicon. Tugasnya adalah untuk membantu riasan tahan lebih lama dengan berperan sebagai lem untuk menambah tingkat ketahanan.


    5. Memulai Proses Aplikasi dari Pipi


    Kesalahan lainnya yang sering dilakukan adalah memulai aplikasi dari pipi. Kemungkinan besar, kamu jadi mengaplikasikan produk terlalu banyak. Sebaiknya, mulai dengan mengaplikasikan produk pada bagian tengah wajah, seperti T-zone dan sisi kiri serta kanan hidung. Dengan begitu, riasan akan tampak lebih alami.


    6. Menggunakan Foundation Lama


    Perlu kamu ketahui, foundation hanya dapat digunakan selama enam bulan hingga satu tahun. Jika lebih dari itu, botol kemasan itu dapat menjadi sarang bakteri. Menggunakan produk yang sudah kadaluarsa dapat menyebabkan jerawat serta infeksi kulit.

    Solusi:

    Jika ragu, lebih baik buang foundation yang sudah lama berada di meja riasmu. Your skin is more important!

    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan PH. Perubahan telah dilakukan editor. Alih Bahasa: Yovita Pratiwi. Image: Park Street on Unsplash)