Fashion

5 Aksesori Tahun 90-an yang Wajib Kamu Punya Tahun 2020 Ini

  by: Shamira Priyanka Natanagara       14/1/2020
  • Memang sih, kita baru memasuki minggu kedua dari tahun 2020, tapi bagi kamu yang selalu ingin tampil fashionable dan terdepan, tidak terlalu dini untuk mulai “meramal” tren fesyen 2020, kan? 

    Untungnya, pada bulan Desember lalu, situs media sosial Pinterest mengungkapkan tren, item, dan ide yang pencariannya kian meningkat dan mungkin akan menjadi tren tahun ini. Dari laporan Pinterest yang sungguh detail—yang tak hanya meliput tren fesyen saja, btw, tapi juga kecantikan, travel, dan desain interior—ada satu kategori yang paling menarik perhatian Cosmo: aksesori!

    Ternyata, berdasarkan riset Pinterest, aksesori ala 90-an akan kembali trending! Menurut Pinterest, generasi milenial gemar bernostalgia, sedangkan sebagian besar Gen Z baru mengetahui tren fesyen 90-an untuk pertama kalinya. Namun terlepas dari usiamu, aksesori 90-an akan menjadi tren fesyen di tahun 2020 untuk semua umur, so mulai dari sekarang, sediakan ragam item berikut di lemarimu!




     1. Cute & Colourful Hair Clips 


    Kamu tentu ingat ketika hampir semua orang menghias rambut mereka dengan jepit rambut selama tahun 2019, kan? Nah, pada tahun 2020, jepit rambut akan tetap menjadi tren fesyen⁠—hanya saja jepit rambut mutiara, tortoise shell, dan marble yang sangat populer tahun lalu tak akan lagi mendominasi.

    Jepit bernuansa imut dan menggemaskan⁠—seperti jepit rambut berbentuk kupu-kupu yang sering kamu gunakan saat kecil, serta jepit berbentuk bintang yang warna-warni⁠—akan menjadi tren tahun ini. Dan kamu tidak perlu khawatir akan terlihat kekanak-kanakan dengan aksesori tersebut, justru jepit rambut yang colourful dapat membuatmu tampak lebih riang!


     2. Luxurious Scrunchies 


    Yup, scrunchies is going to make a comeback! Ikat rambut yang dibungkus dengan kain dan membentuk aksen ruffles ini akan menjadi salah satu aksesori yang paling trending. Namun tahun ini, yang akan menjadi populer adalah tipe scrunchies dengan tampilan “mewah”. Maksud Cosmo bukan scrunchies berharga ratusan dolar yang berlapis emas (apakah scrunchies seperti itu benar-benar ada!?), tapi scrunchies yang terbuat dari bahan kain luks, seperti sutra dan kulit. Selain dapat digunakan sebagai aksesori rambut, kamu pun bisa menggunakan scrunchies untuk menggantikan gelang yang menghiasi pergelangan tangan. Cantik dan multifungsi!




     3. Colourful Sunnies 




    Kacamata hitam sebagai aksesori? Sudah biasa! Tahun ini, coba lengkapi penampilanmu dengan kacamata dengan lensa berwarna terang yang unik, seperti jingga, pink, biru, dan ungu. Plus point jika kacamata tersebut memiliki bingkai bulat atau oval. Sooo ‘90s!


     4. Chains 


    Menurut riset Pinterest, aksesori dengan gaya grunge akan kembali menjadi tren. Dan ketika mendengar kata ‘grunge’, tentu saja Cosmo langsung membayangkan chain alias rantai yang seringkali dijadikan aksesori, mulai dari kalung, gelang, hingga sebagai aksesori pelengkap rok dan celana.



    Mungkin tahun lalu kamu telah melihat beberapa artis mengenakan jenis aksesori ini—sebut saja Billie Eilish dan Charli XCX yang memiliki gaya fesyen edgy—dan kalau tahun lalu kamu belum cukup berani untuk meniru gaya unik mereka, tahun 2020 adalah saat yang tepat!


     5. Black Belt 


    Nope, bukan peringkat black belt dalam seni bela diri, hahaha… Sabuk hitam yang wajib kamu punya tahun ini adalah sabuk kulit hitam yang dilengkapi gesper perak. Warna hitam dan perak mudah dipadu padan, sehingga kamu dapat menggunakan sabuk ini untuk berbagai macam gaya berpakaian. Selain stylish, aksesori ini pun sangat berguna dan timeless.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening Image: Ina Hall from Pixabay / Images: Dok. Instagram)