Better You

Perhatikan 8 Larangan Ini Saat Menstruasi!

  by: Fariza Rahmadinna       14/1/2020
  • Setiap bulannya, wajarnya setiap perempuan yang berada dalam usia subur akan mengalami menstruasi. Pada kondisi ini, berbagai hal pun dapat dialami sebagai respon alami tubuh. Mulai dari kram perut, tidak nafsu makan, badan terasa pegal-pegal hingga perubahan suasana hati (mood swing). Namun, ketika tamu bulanan datang, kamu perlu menghindari beberapa kebiasaan buruk tertentu yang dapat membuat menstruasimu jadi tidak nyaman dan dapat mempengaruhi organ intim. 


    Dirangkum dari berbagai sumber, inilah delapan larangan yang sebaiknya kamu ikuti saat haid. Baca sampai habis ya!




    1. Begadang


    Begadang atau kurang tidur pada saat menstruasi dapat meningkatkan hormon kortisol atau hormon stres, membuat haid kamu jadi terasa menyiksa. Saat sedang haid, pastikan kamu tidur sedikitnya tujuh jam di malam hari. Hindari begadang sebisa mungkin, agar tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dan dapat beraktifitas dengan lebih nyaman. Psst, kurang tidur pada saat haid juga dapat membuat mood-mu menjadi kurang baik. 


    2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Garam


    Sebaiknya, hindari mengonsumsi makanan asin saat sedang menstruasi. Mengonsumsi makanan tinggi garam dapat membuat tubuh dehidrasi dan mengakibatkan perut terasa kembung.


    Baca juga : Begini Girls, Cara Menghitung Siklus Menstruasi!


    3. Melewatkan Olahraga


    Kebanyakan perempuan akan mengurangi aktivitas olahraga saat sedang haid. Pada saat haid, biasanya badan akan terasa pegal-pegal dan kram menstruasi. Dengan tetap melakukan olahraga rutin, tubuh akan terasa lebih baik. 


    4. Cabut Bulu (Waxing)


    Selama menstruasi, tubuh menjadi lebih sensitif dan mudah sakit. Waxing atau cabut bulu bisa terasa jauh lebih menyakitkan jika dilakukan selama menstruasi. Saat sedang haid, pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dan berada dalam kondisi yang baik dan hindari menyakiti tubuh seperti mencabut bulu (waxing). 




    5. Minum Kopi Berlebihan


    Larangan saat haid selanjutnya adalah mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak. Saat menstruasi, hindari konsumsi kafein secara berlebihan karena dapat memperparah rasa tidak nyaman pada perut seperti kram dan kembung. Konsumsi satu atau dua cangkir kopi untuk mengurangi risiko perut kembung.


    Baca juga : Perhatikan Hal Ini Jika Kamu Berenang Saat Menstruasi


    6. Minum Susu dan Produk Olahannya


    Susu adalah minuman yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Namun, sebaiknya hindari dulu konsumsi susu serta produk olahannya saat sedang haid. Lemak di dalam susu mengandung asam arakidonat yang dapat menjadi pemicu kram pada perut. Oleh sebab itu, selama haid penuhi kebutuhan kalsium dari sumber lain seperti makanan laut, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau. 


    7. Malas Mengganti Pembalut


    Karena alasan tertentu, beberapa perempuan mungkin tidak mengganti pembalutnya secara berkala, dan alih-alih menunggu pembalut terasa penuh. Hati-hati girls! Kebiasaan ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan organ intim. Saat haid, Miss V mengeluarkan darah yang terjadi sebagai akibat dari tidak adanya proses pembuahan di rahim. Darah haid tersebut dapat membuat area Miss V lebih mudah lembap dan bisa menjadi tempat bagi bakteri tumbuh subur sehingga memperbesar risiko infeksi bakteri. Sebaiknya, kamu tetap mengganti pembalut setiap tiga hingga empat jam sekali walaupun darah haidnya tidak terlalu banyak. 


    8. Melakukan Hubungan Intim


    Saat sedang haid, kegiatan ini pun sebaiknya tidak dilakukan karena bisa memicu terjadinya infeksi. Pada saat ini, tingkat kelembapan Miss V kamu juga sedang tinggi, yang membuat virus dan jamur lebih mudah berkembang biak dan berpindah tempat. Hal ini dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit organ intim. 


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Erol Ahmed on Unsplash)