Beauty

Benarkah Kulit dapat Mengalami Ketergantungan Skincare?

  by: Kissy Aprilia       15/1/2020
  • Pernah mendapatkan saran untuk tidak terlalu sering menggunakan produk skincare yang sama terus-menerus, karena kulit bisa menjadi ketergantungan? Atau kulitmu pernah mengalami masalah usai terlepas dari produk skincare, yang sebenarnya telah membuat kulitmu super flawless?


    via GIPHY




    Masalah ini biasanya terjadi setelah kamu berhenti melakukan perawatan yang efektif dan beralih ke produk berbeda. Faktanya, ahli dermatologi ternama asal New York—Dendy Engelman—menjelaskan bahwa kulit memang benar-benar dapat mengalami ketergantungan dengan skincare. Bagaimana mungkin?





    Jika kulitmu menggunakan sebuah produk skincare yang berfungsi mengurangi produksi minyak secara konsisten, maka kelenjar minyak di dalam kulit akan bekerja lebih keras menyeimbangi produksi sebum. Karena itu, saat kamu berhenti menggunakan produk tersebut, kulit akan semakin memproduksi minyak. 



    Tapi kamu tidak perlu mengkhawatirkan masalah ini, girls! Engelman justru mengatakan bahwa kamu dapat menjadikannya acuan untuk memilih produk yang tepat. Jika produk tersebut memberikan hasil sesuai keinginan, then stick to it! Rasanya kamu tidak perlu mencari yang lain, bukan? Namun, kamu perlu mengingat bahwa pada dasarnya tidak ada produk skincare yang menyebabkan ketergantungan. Secara alami, kulit akan mengalami kerusakan jika tidak dirawat, dan artinya: kamu memang harus menggunakan skincare sesuai kebutuhan dengan teratur.