Better You

8 Manfaat Buah Lemon untuk Kehidupan Sehari-hari

  by: Alexander Kusumapradja       15/1/2020
  • When life gives you lemons, make lemonade! Dengan warna kuning cerah, aroma, dan rasa yang segar, buah lemon ternyata tak hanya bermanfaat dalam dunia kuliner belaka tapi juga punya beragam kegunaan lain mulai dari perawatan tubuh, menjaga kesehatan, aromaterapi, hingga membersihkan pakaian kita. Kok bisa? Berikut adalah penjelasan dari 10 manfaat buah lemon untuk kehidupan kita sehari-hari.

    via GIPHY



    1. Air perasan lemon.

    Air perasan lemon punya banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya sebagai obat melawan infeksi tenggorokan karena khasiat anti bakterinya. Caranya, peras setengah lemon ke air hangat dan tambahkan sedikit garam lalu berkumur dengannya. Ramuan tersebut juga bisa berguna sebagai larutan rehidrasi oral yang efektif mencegah dehidrasi dan rasa pusing. Meminum campuran lemon, air hangat, dan satu sendok makan madu setiap pagi dipercaya membantu menurunkan berat badan karena lemon kaya akan serat Perctin yang membantu menahan rasa lapar sekaligus mendorong pertumbuhan sel darah merah.


    2. Melawan masalah kulit.

    Lemon adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat melawan masalah kulit. Buah lemon segar dapat langsung digunakan ke kulit wajah untuk melawan jerawat karena kandungan asamnya mampu membunuh bakteri di wajah. Lemon juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah dengan cara mencampurkan ½ sendok makan jus lemon dengan ½ sendok makan madu lalu dipijatkan lembut di kulit wajah selama lima menit dan didiamkan selama 10 menit. Cara ini diyakini bisa mengurangi efek pigmentasi wajah dan membuatnya lebih cerah. Bila dipadukan dengan gliserin, air lemon juga bisa menjadi pelembap dan pembersih yang mengurangi sel melanin di kulit.


    3. Mengatasi masalah rambut.

    Campuran minyak kelapa atau minyak zaitun dengan beberapa tetes air lemon dipercaya bisa melawan rasa gatal dan ketombe di kulit kepala. Hangatkan campuran tersebut hingga suam-suam kuku lalu pijatkan ke kepala dan biarkan sebelum tidur. Saat bangun, cuci rambutmu dengan shampoo anti ketombe dan lakukan sekitar tiga kali seminggu untuk melihat hasilnya. Untuk yang menginginkan rambut yang terlihat tebal, kuat, dan berkilau juga bisa mencoba campuran tersebut.

    via GIPHY

    4. Menjaga kesehatan tubuh.

    Paduan lemon dan air hangat mampu melawan konstipasi, meningkatkan kerja pencernaan, perut kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu, lemon juga berkhasiat melawan berbagai masalah dalam darah seperti darah tinggi berkat kandungan 3% potassium di dalamnya. Bagi yang takut terkena masalah batu ginjal, mengonsumsi air lemon dapat menjadi langkah preventif karena kandungan asam sitrat pada lemon mampu mencegah pembentukan batu di ginjal.

    5. Melawan penuaan dini.

    Parutan kulit lemon bisa dijadikan scrub untuk melawan komedo, bekas luka, dan area gelap di wajah. Kandungan antioksidan pada lemon juga mampu melawan tanda-tanda penuaan dini di kulit dan menjaga elastisitasnya dengan cara memperkencang pori-pori wajah dan lapisan epidermis atas.




    6. Membersihkan peralatan dan pakaian.

    Lemon dapat digunakan untuk membersihkan sisa minyak dari peralatan dapur yang sulit dihilangkan dengan sabun biasa. Selain barang-barang dari metal seperti besi, aluminium, dan tembaga, kandungan asam pada kulit dan air lemon juga dapat menghilangkan noda di pakaian sekaligus memberikan aroma yang menyegarkan.


    7. Menjaga kesehatan mulut.

    Menyikatkan parutan kulit lemon pada gigi dapat membantu membuat gigi tetap putih dan terhindar dari noda kekuningan sekaligus memberikan aroma segar pada napas. Campuran jus lemon dan soda juga dapat mengatasi masalah gusi berdarah dan sakit gigi.


    8. Manikur dan pedikur.

    Isi baskom dengan air, tambahkan rock salt dan peras satu buah lemon lalu rendam kaki dan tanganmu selama 15 menit dan gosok dengan scrubber. Selain membersihkan sel kulit mati dan memperkencang pori-pori, cara ini juga membuat kulit terasa halus. Gosokkan parutan kulit lemon pada kutikel kuku untuk membuatnya tetap kuat dan bersinar. Selain itu, perasan lemon segar pada air mandi juga membantu melawan rasa gatal dan menghilangkan bau tak sedap pada tubuh.

    via GIPHY


    (Alex. K/Image: Noah Buscher on Unsplash )