Beauty

7 Beauty Hack Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Alpukat

  by: Astriana Gemiati       19/1/2020
  • Jika kamu memiliki banyak alpukat matang yang biasanya bisa digunakan untuk membuat toast, atau sebagai juice, atau sebagai kudapan pasangan nachos (ugghh.. terdengar yummy, ya!), jangan terburu-buru untuk membuangnya. Kamu bisa memanfaatkannya menjadi perawatan kecantikan bergizi dengan superfruits sebagai gantinya. Dikemas dengan lemak sehat, antioksidan, vitamin A dan K yang bantu menyelamatkan kulit serta B, C, E, dan biotin (alias vitamin pertumbuhan rambut), alpukat bisa menjadi opsi beauty regime yang akan memanjakan kamu. 

    Here’s how:

    #1. Makeup Remover

    Kamu bahkan tidak perlu mengorbankan bagian dalam daging alpukat untuk hal ini: minyak yang terdapat dalam alpukat bisa berfungsi sebagai makeup remover yang bergizi dan efektif. Siapa yang tahu? Cukup usap ujung di atas alpukat yang baru dipotong, kamu akan melihat sedikit minyak yang keluar. Lalu, gunakan minyak yang terkumpul untuk menghapus mata panda kamu.




    #2. Eye Serum

    Bonus gandanya adalah bahwa kamu menggunakan alpukat sebagai eye makeup remover, sekaligus menjadi perawatan mata yang sangat bergizi. Minyak dalam alpukat dianggap memiliki konsentrasi lemak sehat serta vitamin A dan E tertinggi, jadi jangan cuci residu setelahnya. Kamu bisa gunakan dengan pijat lembut ke kulit menggunakan jari manis agar minyak lebih mudah diserap.


    #3. Face Mask



    Banyak variasi yang sering digunakan pada masker wajah alpukat, namun kamu dapat mencobanya dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di lemari dapur dan ini sangat dianjurkan. Coba campurkan setengah alpukat yang sangat matang dengan satu sendok teh madu mentah (karena ekfoliasi natural dan pelembap alami yang baik akan membantu kulit yang kering sekaligus meningkatkan tingkat hidrasi), dan biarkan hingga 10 menit di wajah lalu bilas. Jika kamu memiliki kulit yang cenderung jerawat parah, coba kombinasikan dengan satu sendok yogurt alami (karena asam laktat di dalamnya membantu membunuh bakteri).


    #4. Skin Scrub

    Dengan beberapa bahan lagi, kamu dapat mengubah wasker wajah menjadi pore-polishing scrub. Campurkan setengah alpukat dan sendok teh madu dengan satu sendok makan minyak zaitun dan gula merah, lalu aduk rata dalam mangkuk, kemudian gosok perlahan di atas kulit yang lembap. Tahapan eksfoliasi, balancing, dan kelembapan alami akan berikan hasil akhir kulit wajah kamu terasa lebih halus setelah dibilas.


    #5. Lip Scrub





    Tambahkan setetes pepperment oil untuk menjadikan scrub bibir yang menyegarkan. Selain bantu mencerahkan bibir kamu, juga bisa berfungsi (sementara) sebagai penyegar napas.


    #6. Hair Mask

    Salah satu vitamin terbaik untuk pertumbuhan rambut panjang dan kuat adalah biotin, yang ditemukan dalam alpukat. Coba gabungkan dengan sedikit minyak zaitun yang kaya dan mampu melembapkan, lalu oleskan hanya pada helai dan ujung rambut jika kamu rentan terhadap akar berminyak. Namun, jika kamu bermasalah dengan ketombe, coba tambahkan jus lemon ke dalam campuran dan aplikasikan pada kulit kepala, ini juga dapat membantu merawat kulit yang bersisik. Seperti halnya masker rambut, ada baiknya bungkus rambut dengan shower cap dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, keringkan dengan lembut rambut menggunakan hair dryer dengan suhu yang sedang.


    #7. Manicure Mask

    Rasakan pengalaman manikur mewah dengan tambahkan masker tangan alpukat ke dalam rutinitas kamu. Cukup tumbuk setengah alpukat matang dengan pisang matang kecil (yang juga kaya antioksidan, vitamin, dan mineral), lalu oleskan ke seluruh tangan. Lalu, bungkus tangan kamu dengan kantong plastik roti agar meminimalkan olesan masker jatuh kemana-kemana. Setelah didiamkan selama 10 menit, kamu bisa membersihkannya dengan menjilat (hee.. karena rasanya enak) atau dengan mencucinya. Tambahkan penggunaan hand cream agar kulit tangan kamu terasa lembut dan kuku jadi terpelihara dengan baik berkat kandungan vitamin dan zinc di dalamnya. Psst, ada baiknya saat mengoleskan masker ke tangan kamu minta bantuan teman, ya!


    Selamat mencoba, girls!


    ( Astriana Gemiati, Image: Roman Iegoshyn©123RF.com, Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor )