Better You

Hindari 8 Makanan Ini Kalau Mau Diet Sukses

  by: Kezia Calesta       16/1/2020
  • Apakah resolusi tahun baru kamu menurunkan berat badan? Selain berolahraga dan menyantap lebih banyak makanan, ada juga makanan yang sebaiknya kamu kurangi jika ingin mencapai weight goals. Hindari 8 makanan berikut jika mau dietmu sukses!


    1. Biskuit

    Biskuit atau wafer memang berguna jika ingin mengisi perut dengan cepat, namun sebenarnya cemilan biskuit kurang bernutrisi, dapat merusak gigi, dan tidak membuat kenyang. Hayo, apakah kamu pernah kesulitan menghentikan diri dari makan terlalu banyak biskuit? We get it. Maka dari itu, pilihlah cemilan lain yang mengandung lemak baik atau protein… seperti buah segar!




    2. Keripik kentang

    Sorry! Keripik kentang, cemilan favorit semua orang untuk sesi Netflix and chill, kaya akan lemak jenuh dan karbohidrat olahan yang tidak baik untuk tubuh. Bahkan, sebuah riset pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa keripik kentang adalah cemilan yang paling berkontribusi dalam menaikkan berat badan.


    3. Sereal dalam kotak besar

    Mungkin kamu pernah mendengar bahwa sereal bergula tidak sehat. Yup, that’s true… namun apakah kamu tahu bahwa ukuran kotak sereal juga bisa memberikan dampak terhadap diet? Menurut beberapa riset di tahun 2015, orang biasanya mengkonsumsi lebih banyak sereal jika dituang dari kotak besar dan ke dalam mangkuk besar. Ingat, batasi porsi agar tidak berlebihan bila ingin diet sukses.


    4. Alkohol

    Bir dan cocktail manis merupakan pilihan terburuk untuk kamu yang sedang menjalani diet! Jika ingin merayakan momen spesial bersama orang tercinta, pilih liquor seperti vodka, tequila, atau whiskey yang hanya dicampur dengan club soda saja. Hindari kombinasi dengan minuman manis lainnya!


    5. Protein bar

    Meskipun mudah dibawa dan disantap, protein energy bar yang merupakan “pilihan lebih sehat” seringkali mengandung terlalu banyak gula dan serat yang tidak alami. Jika ingin memilih protein bar yang tepat, perhatikan kandungannya: jika setiap serving mengandung gula tambahan dan serat yang melewati 7 gram, abort mission! Batasi konsumsi serat per hari sebanyak 25-35 gram saja, dan pastikan sumbernya alami.




    6. Nasi putih

    Jangan khawatir, nasi putih yang kamu santap setiap hari tidak berbahaya ataupun membuat berat badan bertambah secara drastis, namun alangkah baiknya jika kamu bisa menukarnya dengan opsi yang lebih sehat. Nasi putih tidak kaya serat ataupun protein, maka kamu akan lebih cepat lapar jika porsimu tidak banyak. Ingin pilihan yang lebih baik untuk diet di mana kamu bisa makan sedikit namun membuat perut kenyang lebih lama? Baca lebih lanjut tentang beras merah dan manfaatnya untuk diet.


    7. Minuman bergula

    Nope, you can’t cheat… kalori masih terhitung meski berbentuk cair! Jika kamu sering menikmati minuman manis atau menambahkan gula ke dalam kopi atau teh kamu setiap hari, ingat bahwa kebiasaan ini tidak baik untuk tubuhmu. Sebuah riset tahun lalu membuktikan bahwa minuman manis berkontribusi banyak dalam asupan kalori mahasiswa universitas sehari-hari, di mana rata-rata setiap mahasiswa mengkonsumsi 480 kalori per hari dari minuman manis saja. Jika kamu membeli minuman dalam kemasan, bacalah daftar gizi untuk memastikan kalorinya, dan jangan menambahkan gula ke dalam minumanmu setiap hari.


    8. Saus salad kemasan

    Saat menjalankan diet sehat, kamu perlu menyantap salad untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Namun sayang sekali jika kamu selalu menuang banyak saus yang sebenarnya memiliki kandungan gula tinggi! Ranch dressing, thousand island, honey mustard, Caesar, dan saus salad apapun yang dikemas dalam botol hanya akan menghambat diet kamu. Untuk opsi yang lebih sehat, gunakan minyak zaitun dan sari buah lemon!


    (Image: doc. Monika Mlynek©123RF.com)