Lifestyle

Girls, Ini Dia Sejumlah Tempat yang Bisa Mengelola Sampahmu!

  by: Giovani Untari       19/1/2020
  • Satu sisi gelap yang tak luput dari kehidupan saat ini yaitu menumpuknya jumlah sampah yang dihasilkan! Bingung ke mana harus membuang sampah anorganik secara tepat, girls? Mungkin artikel ini bisa menjadi jawabannya.


    1. Waste4Change






    Waste4Change merupakan perusahaan sosial dengan misi memberikan layanan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan Indonesia bebas sampah. Mereka membuka program Send Your Waste, di mana kamu dapat mendaur ulang sampah anorganik dengan mengirimkannya kepada mitra Waste4Change. Jenis sampah yang bisa dikirimkan kepada Waste4Change mulai dari sampah kertas, baja, metal, plastik, kaca, hingga kemasan bekas brand tertentu. Kamu cukup memilah sampah anorganik di rumah, mengisi formulir, memilih lokasi mitra Waste4Change, mengemasnya sesuai prosedur, lalu mengirimkannya pada alamat mitra Waste4Change pilihan.

    Tidak hanya itu, Waste4Change juga menyediakan sejumlah Dropbox Waste4Change di lebih dari 150 titik di Jakarta dan Bekasi. Sampah yang kamu letakkan via Dropbox Waste4Change akan dikelola dan didaur ulang oleh Waste4Change agar tidak berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA). Sejauh ini Dropbox Waste4Change telah mendaur ulang lebih dari 3.471 kg kemasan daur ulang.


    2. ARMADA KEMASAN



    Kemasan minuman karton, botol plastik, kertas bekas, botol kaca, sedotan plastik, bahkan struk belanja menjadi salah satu dari sekian banyak "sampah" yang kerap berada di sekitar kita. Untuk itu Armada Kemasan menawarkan jasa mengelola jenis sampah di atas. Sampah kemasan tersebut akan dikirim ke pabrik pendaur ulang untuk diolah menjadi produk daur ulang yang bermanfaat.

    Saat ini Armada Kemasan telah memiliki beberapa recycle point di mana Anda bisa mengirimkan dan meletakkan sampah anorganik di sana. Di antaranya: Sekolah Global Mandiri, Cakung, Jakarta Timur, Mentari Intercultural School – Bintaro, dan di 616 Roastery & Cafe, Pasar Minggu.


    3. Plastavfall Bank



    Sampah anorganikmu mulai dari botol air kemasan, gelas plastik, minuman kaleng, botol kaca, kertas, serta karton selanjutnya bisa dikirimkan ke salah satu bank sampah yaitu Plastavfall Bank. Memiliki pabrik yang terletak di kawasan Cilengkrang, Bandung, Plastavfall Bank akan mengolah dan mendaur ulang segala sampah anorganik Jadi meski kamu tidak berdomisili di Bandung, Kamu tetap dapat mengirimkan sampah tersebut kepada mereka. Selayaknya menabung di bank, sampah yang Anda kirimkan ke Plastavfall Bank akan mendapat poin yang dapat ditukar dengan sejumlah zero waste kit. Nice idea!


    ANOTHER LOVELY WAYS TO PUT YOUR THING

    Masih memiliki banyak barang elektronik atau pakaian di rumah yang layak namun tak lagi terpakai? Kenapa tidak mencoba menaruhnya di sini, girls?



    1. E-Waste RJ




    Memiliki sampah elektronik yang sudah rusak atau tidak terpakai? Kamu bisa meletakkannya ke sejumlah drop box dari E-Waste RJ yang kini tersebar di banyak titik di Indonesia. Nantinya e-waste tersebut akan diolah oleh PT. TLI (Teknotama Lingkungan Internusa) yaitu sebuah perusahaan legal yang mengolah dan mendaur ulang sampah elektronik secara proper di Indonesia. Dengan prinsip 3R (Reuse, Recovery, Recycle) PT. TLI akan mengelolanya berdasarkan kondisi material produk. Material e-waste yang telah rusak kelak akan diolah untuk menciptakan produk baru.


    2. Sadari Sedari




    Sadari Sedari adalah organisasi non-profit yang akan membantu mendonasikan pakaian yang sudah tidak terpakai dan masih dalam keadaan layak. Pakaian yang sesuai dengan kriteria Sadari Sedari akan dijual dan keuntungannya akan disalurkan untuk sejumlah aksi sosial seperti membiayai adik-adik asuh dan membangun sekolah.


    3. Setali Indonesia




    Deretan pakaian, tas, atau aksesori kamu yang masih dalam keadaan baik pun bisa kamu berikan di drop point milik Setali Indonesia. Kelak barang yang kamu berikan akan melalui proses quality check untuk dinilai menjadi tiga bagian yaitu Prioritas, Baik, dan Reject. Barang tersebut akan diolah dan salurkan untuk dijual kembali ke beberapa saluran penjualan yang bekerja sama dengan Setali Indonesia. Kemudian hasilnya akan didonasikan untuk project kemanusiaan dan bencana alam.


    (Giovani Untari / Images: Unsplash.com)