Fashion

Ini 7 Cara Penting untuk Merawat Sepatu Kulit Kamu!

  by: Hendry Leo       19/1/2020
  • Sepatu kulit adalah salah satu item yang wajib kamu miliki. Selain sifatnya yang timeless, sepatu jenis ini juga mampu menopang aksi kamu jadi lebih stylish saat dipadu padankan dengan tampilan apapun. Namun, bahan kulit merupakan bahan yang harus dirawat dengan benar dan intensif, lho! Jika salah dalam perawatan, makan akan membuat sepatu jenis ini jadi cepat rusak dan tidak tahan lama. Untuk itu, berikut Cosmo berikan 7 cara penting untuk merawat kulit kamu. Simak!

    1. Kenali jenis sepatu kulit kam

    Well, tahap pertama yaitu mengetahui jenis kulit apa yang digunakan pada sepatu kamu. Ini berfungsi agar kamu tidak salah dalam merawatnya. Contohnya seperti jenis full grain, di mana jenis ini memiliki tekstur yang lebih kasar namun memiliki tingkat keelastisan dan ketahanan yang lebih baik. Sehingga, untuk perawatannya pun tidak begitu sulit. Kemudian juga ada jenis sepatu kulit yang glossy, biasanya jenis seperti ini lebih tahan air namun berisiko terkena meninggalkan bekas kerutan, sehingga kamu harus lebih berhati-hati, lho!





    2. Hindari dari kelembapan

    Yup, hal ini berfungsi untuk menghindari tekstur kulit pada sepatu kamu jadi pecah-pecah. Jika sepatu kamu lembab, masukkan gumpalan kertas koran kering pada sepatu untuk mengindari bau tak sedap. Sebaiknya jangan mengeringkan sepatu kamu langsung di bawah sinar matahari, karena akan menimbulkan material kulit menjadi kering dan retak.



    3. Jangan simpan usai dipakai

    Setelah digunakan seharian, keringat dari kaki akan menempel pada bagian dalam sepatu, jika kamu langsung menyimpan sepatu dengan menggunakan kotak, maka hal ini akan merusak kulit, menimbulkan noda, bahkan berisiko jadi sarang jamur. Kamu bisa biarkan terlebih dahulu selama 30 hingga 60 menit.



    4. Simpan dengan rapi di rak sepatu

    Ini juga merupakan point penting untuk merawat sepatu kulit kamu supaya tetap bagus dan tahan lama. Jika kamu menggunakan rak sepatu, simpan sepatu kamu dengan rapi dan tertata. Ingat, usahkan jangan sampai menyusun sepatu kamu dengan cara menumpuk. Karena hanya akan merusak tekstur pada bagian kulit sepatu.



    5. Gunakan lotion khusus untuk menghilangkan noda

    Jika sepatu kamu ada bercak, gunakan lotion khusus untuk menghilangkan noda tersebut. Hindari dengan menggunakan air karena hanya akan membuat sepatu jadi berjamur. Tak hanya itu, penggunaan dengan lotion pun harus benar, yakni dengan cari ditepuk-tepuk ke bagian yang terkena noda.





    6. Luangkan untuk menyemir sepatu

    Coba untuk meluangkan waktu menyemir sepatu secara rutin, mungkin dua minggu atau tiga minggu sekali agar sepatu tetap terjaga kualitasnya. Eits, jangan lupa untuk memperhatikan warna yang senada dengan semir dan sepatu kamu, ya!



    7. Gunakan spray khusus anti air

    Agar lebih aman, kamu bisa mengenakan waterproof spray yang saat ini mudah kamu temukan di toko maupun online. Cara penggunaannya pun begitu mudah, kamu hanya perlu membersihkannya terlebih dahulu, kemudian semprotkan ke seluruh bagian sepatu. Namun, kamu harus rutin untuk menyemprotnya minimal seminggu atau dua minggu sekali.




    Well, semoga beberapa cara tadi bermanfaat untuk merawat sepatu kamu jadi senantiasa keren, ya!



    (Teks: Hendry Leo/ Foto: instagram.com)