Better You

10 Rutinitas Kesehatan Mental dan Tubuh yang Patut Dicoba

  by: Shamira Priyanka Natanagara       20/1/2020
  • Angkat tangan jika kamu ingin lebih menjaga kesehatan mental dan fisik pada tahun 2020 ini! Well, Cosmo pun memiliki resolusi yang sama, tapi tentunya kita tahu itu bukanlah hal yang mudah dicapai. Dengan segala tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan, kesehatan jadi sering terabaikan. But let’s not make the same mistake! Tahun ini, mari kita lebih fokus pada kesehatan, janji?

    “Namun aku sudah melakukan berbagai hal untuk tetap sehat, tapi tidak ada yang berhasil!” Nah, kalau kamu merasa seperti itu, mungkin sudah waktunya untuk mencoba hal-hal baru tahun ini. Situs media sosial Pinterest telah mengungkapkan aktivitas, rutinitas, serta diet terkait kesehatan yang paling sering dicari di tahun 2019 lalu. Jika kamu belum mencobanya, sekarang adalah saatnya. Yuk, simak, siapa tahu bisa membantu!




     1. Journal your way to balance 

    Berdasarkan penilitian oleh James W. Pennebaker, seorang psikolog sosial dan profesor di University of Texas, menulis jurnal atau buku harian adalah sebuah kegiatan yang ekspresif. Terutama jika kamu seringkali merasa kesulitan untuk mencurahkan isi hati kepada orang-orang di sekitarmu, mengungkapkan perasaan melalui tulisan bermanfaat untuk kesehatan mental. 

    Apakah selama ini kamu kurang yakin untuk memulai buku harian karena tidak pandai menulis? Atau mungkin karena malas menulis setiap hari? Girls, jangan merasa tertekan! Buku harian tersebut adalah untuk kamu dan KAMU saja—selama kamu bisa mengekspresikan diri secara bebas, jangan insecure akan keterampilan menulismu. Plus, kamu pun tidak diwajibkan untuk menulis setiap hari, kok. Jangan buat kegiatan ini menjadi suatu beban, do it for yourself! 



     2. Social media detox 

    Tidak sedikit seleb telah memutuskan untuk rehat dari media sosial. Kelly Marie Tran, aktris pemeran Rose di film Star Wars: The Last Jedi, sempat menghapus akun Instagramnya pada tahun 2018 karena menjadi target cyberbullying. Penyanyi pop Shawn Mendes pun pernah istirahat dari media sosial agar bisa fokus meluangkan waktu dengan keluarga dan teman-temannya, serta Selena Gomez pun pernah memutuskan untuk melakukan social media detox untuk menjernihkan pikirannya dari komentar-komentar negatif

    Dan jika kamu juga merasa butuh istirahat dari media sosial, meninggalkan Instagram, Twitter, dan kawan-kawannya, demi menyeimbangkan hati dan pikiran, no one’s stopping you. Media sosial telah menjadi bagian yang besar dari kehidupan sehari-hari, sehingga terkadang bisa membuatmu jenuh. Terutama jika kamu terlalu memikirkan jumlah Likes, jumlah followers, atau lelah dengan timeline yang cukup toxic, ada baiknya untuk menjauh dari media sosial, girls!


     3. Single? No problem! 

    Moto hidup Cosmo: fries before guys! Kita sudah memasuki tahun 2020, girls, jadi sudah sepatutnya kamu membuang rasa insecure akan status single-mu. Daripada terus-menerus bersedih, lebih baik manfaatkan waktumu untuk fokus pada diri sendiri, melakukan hal-hal baru, dan dengan menjadi single, kamu bebas dari segala permasalahan yang biasanya dialami pasangan, hehehe… So, coba ubah cara pikirmu dan nikmati waktu sebagai seorang lajang.



     4. Goodbye coffee, hello chicory root 

    Menurut laporan Pinterest, pencarian chicory root (akar sawi putih) meningkat sebanyak 91% pada tahun 2019, dan tampaknya akan semakin populer pada tahun ini. Hmm… kenapa chicory root sangat populer? Ternyata, akar tumbuhan ini sering digunakan sebagai pengganti kopi. Mungkin kedengarannya aneh, tapi menurut Healthline, chicory root memiliki rasa yang serupa dengan kopi meskipun tidak mengandung kafein. Oleh karena itu, orang-orang yang ingin mengurangi konsumsi kafein mencampur kopi dengan chicory root. Bahkan produk chicory coffee pun bisa ditemukan di pasaran, lho! 




     5. Art therapy 

    Sama seperti menulis buku harian, melakukan art therapy pun tidak butuh bakat dan keterampilan profesional. Menurut Departemen Kesehatan wilayah Australia Barat, terapi seni “fokus pada proses seni daripada hasil akhir.” Kegiatan ini pun bertujuan untuk membantumu lebih rileks, mengatasi stres, dan mengekspresikan perasaan serta pikiran melalui seni. So, siapkan peralatan kesenianmu dan lepaskan stres!


     6. Add sea moss to your diet 

    Memutuskan untuk beralih menjadi vegan pada tahun 2020 ini? Kalau iya, kamu patut mencoba sea moss alias lumut laut. Pencarian ‘sea moss benefits’ (manfaat lumut laut) tahun lalu meningkat sebanyak 380% di Pinterest. Kabarnya, jenis ganggang laut ini kaya akan nutrisi, di antaranya vitamin A, vitamin E, kalsium, dan kalium. Menariknya lagi, sea moss pun bermanfaat untuk sistem pernapasan, sistem pencernaan, serta kesehatan kulit. Kamu bisa menambahkan sea moss ke dalam resep jus atau smoothie. Yum!


     7. Create a fun playlist 

    Tingkatkan mood kamu dengan mendengarkan lagu-lagu yang asyik dan upbeat. Agar lebih mudah, kumpulkan semua lagu mood booster favoritmu dalam satu playlist (mengurasi playlist pun bisa menjadi kegiatan yang menenangkan, lho!). Kamu pun bisa mencari mood booster playlist hasil kurasi orang lain di internet jika butuh rekomendasi lagu. 



     8. Soothe your soul with ylang ylang oil 

    Aromaterapi memang dikenal memiliki efek yang menenangkan, dan ada satu tipe essential oil yang wajib kamu coba tahun ini: ylang ylang oil. Ylang ylang oil adalah essential oil yang berasal dari pohon kenanga yang biasanya digunakan sebagai bahan kandungan parfum. Namun untuk aromaterapi, ylang ylang oil dipercaya mampu meringankan depresi, tekanan darah tinggi, dan gangguan kecemasan (anxiety). Hmm… tertarik?


     9. Follow feng shui 

    Sejak ribuan tahun yang lalu, cukup banyak kaum Tionghoa yakin akan ilmu feng shui, yakni sebuah metode untuk menyelaraskan individu dengan lingkungan sekitarnya, dan ilmu ini seringkali digunakan untuk menata rumah. Ingin coba meningkatkan energi positif dan mengundang kemakmuran ke dalam rumah tanggamu? Mungkin tahun 2020 ini adalah waktu yang tepat untuk mempraktikan feng shui untuk menghasilkan lingkungan yang lebih rapih dan harmonis. Tidak ada salahnya untuk mencoba, girls! 


     10. Drink cucumber juice! 

    Satu lagi bahan alami yang patut dimasukkan ke dalam dietmu adalah timun—lebih tepatnya jus timun! Pinterest mengatakan bahwa pencarian untuk manfaat jus timun telah mengingkat sebanyak 99% tahun lalu. Dikutip dari Good Housekeeping, jus timun kaya akan kandungan air sehingga bisa membantu kamu yang sering dehidrasi (tapi ini bukan berarti kamu boleh menggantikan asupan air putih dengan jus timun, ya!). Nah, jika kamu masih ragu untuk mencoba karena kurang menyukai rasa timun, kamu bisa mencampur timun dengan jeruk nipis atau jahe. Refreshing!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening Image: William Farlow on Unsplash / Images: Dok. Instagram)