Better You

Tahun Tikus Logam: Sifat, Keuangan, Asmara, dan Kesehatan

  by: Shamira Priyanka Natanagara       21/1/2020
  • Tidak terasa, kita sudah mendekati akhir bulan Januari, dan pada hari Sabtu, 25 Januari mendatang, kita akan menyambut Tahun Baru Imlek. Say hello to Year of the Metal Rat! Yup, menurut kalender Imlek, tahun baru ini adalah tahun tikus logam.

    Tahun 2020 menjadi awal dekade baru, dan menurut kalender Imlek, tahun tikus pun adalah awal dari siklus baru. Kalender Imlek memiliki siklus 12 tahun (setiap tahun dilambangkan dengan satu binatang), dimulai dengan tahun tikus dan ditutup dengan tahun babi. 

    So pada awal siklus yang baru ini, ada banyak hal yang patut diperhatikan, mulai dari finansial, asmara, hingga kesehatan. Namun sebelum kita membahas hal-hal tersebut, mari kita mengenal karakteristik individu yang lahir pada tahun tikus logam. Simak! 




    Apakah kamu memiliki shio tikus logam?

    Mungkin kamu sudah cukup mengenal ilmu astrologi yang populer di negara-negara Barat (yang dimulai dengan zodiak Aries dan diakhiri dengan Pisces), tapi di Cina, paham astrologi yang populer agak berbeda. 

    Dalam astrologi Cina, ada 12 shio yang dilambangkan dengan binatang, dimulai dari tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan yang terakhir adalah babi. Shio yang dimiliki seseorang dapat diketahui berdasarkan tahun kelahiran mereka.

    Jika kamu lahir pada tahun 1960, 1972, 1984, atau 1996, berarti kamu memiliki shio tikus. Dan soal elemen, kamu bisa mengetahuinya berdasarkan angka terakhir dalam tahun kelahiranmu:

    0 atau 1: Logam

    2 atau 3: Air

    4 atau 5: Kayu

    6 atau 7: Api

    8 atau 9: Tanah



    So kalau kamu lahir pada tahun 1960, yang berarti shio-mu berelemen logam, selamat! 2020 is your year. Setiap orang hanya bisa mengalami tahun yang sesuai dengan shio mereka sekali dalam 60 tahun. Jadi bagi kamu yang memiliki shio tikus dengan elemen berbeda, sabar saja, ya, jalan masih panjang! 


    Karakteristik shio tikus logam

    Para pemilik shio tikus dikenal sebagai individu yang bijaksana, rajin, dan kompetitif. Mereka mampu beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru serta karismatik. Meskipun begitu, para pemilik shio tikus seringkali bersikap cerdik dan keras kepala, dan mereka pun tidak suka berada di bawah tekanan, mudah cemburu, dan kurang pandai mengontrol amarah. Hmm… does this sound like you?

    Selain itu, ada pula beberapa karakteristik yang identik dengan shio berelemen logam. Karena logam dianggap elemen yang berharga, para pemilik shio berelemen logam dianggap spesial. Mereka pun dikenal independen, tekun, dan ambisius, tapi seringkali keras kepala, kurang empati, dan bossy alias suka mengatur. Oleh karena itu, pemilik shio tikus logam dikenal berwawasan luas, pandai bersosialisasi, dan penuh ide kreatif, tapi juga pemarah, keras kepala, serta mudah iri. 


    Keuangan, asmara, dan kesehatan

    Menurut SBS Mandarin, orang-orang yang lahir di tahun tikus logam akan memperoleh harta dan mendapat intuisi bisnis yang baik. Dalam budaya Tionghoa, binatang tikus sendiri melambangkan kekayaan dan surplus. Walaupun begitu, pakar feng shui Jenie Kumala Dewi (dikutip dari The Jakarta Post) menyarankan untuk berhati-hati dengan investasi tahun ini, karena banyak masalah finansial bisa terjadi jika kamu teledor.

    Soal percintaan, Master Chung dari Hong Kong Metaphysics and Astrology Center (disadur dari Hong Kong Tatler), mengatakan bahwa argumen antara pasangan akan lebih sering terjadi di tahun tikus ini. Namun menurutnya ini bukanlah hal yang sepenuhnya buruk, karena argumen pun dapat menghasilkan hal positif dan memperkuat hubungan.

    Jenie juga mengungkapkan bahwa tahun ini adalah saat yang tepat untuk fokus pada kesehatan, terutama kesehatan mental. Ia mengatakan: “Yang terbaik bagi semua orang adalah untuk memiliki personal space di rumah untuk diri sendiri dan melepas stres.” Master Chung pun mengatakan bahwa tahun ini orang-orang patut “lebih memperhatikan kesehatan”. 


    (Shamira Natanagara / Ed. / Image: Sharon McCutcheon on Unsplash)