Fashion

7 Gaya Fashion Ikonis dari Film 90-an

  by: Hendry Leo       22/1/2020
  • Gaya 90-an kembali jadi tren fashion generasi milenials saat ini. Gaya busananya yang khas dengan permainan warna kontras mampu mendukung aksi jadi lebih keren dan tak monoton. Gaya busana seperti ini juga bisa kamu contek melalui film-film ikonis tahun 90-an, lho. Untuk itu, berikut Cosmo berikan 7 referensi gaya fashion ikonis dari film 90-an yang harus kamu ketahui. Check this out!

    1. Clueless (1995)

    Siapa yang tak kenal degan film bergenre teen/romance yang satu ini. Salah satu gaya ikonis adalah saat Cher, yang diperankan oleh Alicia dan Dionne, yang diperankan oleh Stacey mengenakan busana bermotif kotak-kotak. Yup, thanks for them! Kini gaya tersebut menjadi salah satu motif yang timeless.





    2. Pretty Woman (1990)

    Film yang diperankan oleh Julia Roberts ini memperlihatkan banyak sekali pakaian yang elegan nan modis dari sang aktris tersebut. Salah satunya adalah midi-length sleeveless dress bermotif polkadot yang tampak elegan dengan topi dan sarung tangan. 


    3. Poetic Justic (1993)

    Pada era 90-an, Janet Jackson tak hanya berkecimpung di bidang musik, namun juga di bidang perfilman. Di mana ia memulai debutnya dalam film Poetic Justic. Gayanya pada masa itu sangat menyita perhatian dan jadi inspirasi anak-anak muda dalam berpakaian. Seperti crop top, oversized jersey, dan high-waisted jeans. Tak lupa bandana, combat boots, dan aksesori seperti anting hoop membuat tampilannya jadi salah satu style icon 90-an.



    4. Never Been Kissed (1999)

    Salah satu adegan yang lucu sekaligus menarik perhatian adalah saat Josie, yang diperankan oleh Drew Barrymore mengenakan busana yang salah saat hari pertamanya masuk sekolah. Tapi siapa sangka, padanan all white sheer blouse dengan aksen feather trim, white jeans, pale lip gloss, dan teased hair sangat terlihat sempurna!



    5. Basic Instinct (1992)

    Film yang diperankan oleh Sharon Stine ini mampu menyita perhatian dengan gaya busananya yang stylish. Lihat tampilan minimalis namun tetap fashionable dengan white sleeveless turtleneck dress. Aksinya pun masih menjadi salah satu inspirasi busana yang sangat ikonis.





    6. Jawbreaker (1999)

    Well, bagi kamu yang menyukai tampilan yang playful melalui warna-warna kontras dan permainan pattern, Jawbreaker adalah satu film yang tepat untuk jadi inspirasi kamu dalam bergaya. Kombinasi item yang berkesan girly seperti mini skirt dan slip dress akan banyak kamu temukan di sini.



    7. Empire Records (1995)

    Give me that fuzzy crop top, plaid mini skirt, dan boots! Semua item ini pastinya akan mendukung gaya 90-an jadi tampak keren seperti Corey, yang diperankan oleh Liv Tyler. Well, tak ada salahnya untuk mengenakannya saat beraktivitas di akhir pekan, jika kamu bosan dengan gaya yang itu-itu saja.




    (Teks: Hendry Leo/ Foto Opening: outnow.ch, @yvesaintmass dan @_90stingz (instagram.com)/ Layout: Puspa)