Lifestyle

Setelah Gala Premiere, Film “Semesta” Akan Tayang di Bioskop

  by: Givania Diwiya Citta       23/1/2020
  • Setelah Cosmo berbincang dengan para produser film Semesta, yaitu Nicholas Saputra dan Mandy Marahimin, serta Chairun Nissa selaku sutradara, Cosmo pun berkesempatan untuk langsung menghadiri press screening serta gala premiere yang digelar pada 22 Januari 2020, berlokasi di XXI Epicentrum Kuningan, Jakarta. Film dokumenter kreatif ini pun akan dijadwalkan tayang terbatas di bioskop Indonesia pada 30 Januari 2020. Simak tanggal tayang di kota atau wilayah terdekat kamu berikut ini, girls!





    Mengenai film Semesta sendiri, dokumenter ini mengisahkan tentang tujuh “climate warriors” yang dengan masing-masing caranya bertindak untuk memerangi dampak negatif perubahan iklim. Ketujuh cerita pun dimulai dari Bali tentang bagaimana umat Hindu dengan berbagai ritualnya ternyata juga mengemban misi mengurangi emisi harian di pulau turistik tersohor ini. Lalu di Kalimantan, terdapat suku Dayak Iban yang punya way of life melindungi dan melestarikan hutan tempat mereka tinggal. Setelahnya, film berpindah ke Flores untuk menceritakan bagaimana desa Manggarai yang dipimpin Romo Marsel membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro secara mandiri.



    Adapun di Papua, perempuan-perempuan dari gereja lokal desa Kapatcol di Misool memiliki gerakan sasi laut demi bisa memberikan kesempatan bagi biota laut untuk bereproduksi, jumlahnya pun bertahan, serta tidak akan punah di masa depan. Sementara di Aceh, Imam Yusuf memimpin desa Pameu untuk menekankan praktik damai dan melindungi gajah sebagai satwa liar yang hidupnya kerap bersilangan dengan warga setempat. Lalu di Yogyakarta, ada satu keluarga yang mempraktikkan permakultur untuk mengurangi dampak negatif dari industri makanan terhadap lingkungan. Terakhir, film akan membawa kita ke Jakarta untuk menyoroti prinsip-prinsip kreatif mengubah gaya hidup perkotaan modern jadi hijau kembali. 





    Dengan sinematografi yang pleasingCosmo bisa bilang bahwa film ini berhasil mengemas muatan dokumenter ringan menjadi cerita mengalir yang tidak bosan untuk dinikmati. Ditambah dengan informasi serta pengetahuan tentang berbagai macam cara melindungi bumi lewat gaya hidup masing-masing, Cosmo pun punya harapan semoga film ini mampu memperluas awareness tentang pelestarian alam kepada berbagai lapisan individu di luar sana. Watch to be inspired, girls!


    (Givania Diwiya / Image: Dok. Instagram @dian_adisty; @tarrencepalar; @alderina / Layout: Dyah Puspasari)