Better You

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

  by: Fariza Rahmadinna       25/1/2020
  • Saat ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan hanya dengan menyentuhkan jari pada layar gadget; seperti memesan makanan, pergi dari satu ke tempat lain, atau membayar tagihan bulanan. Tapi tahukah kamu, kebiasaan menatap layar gadget terlalu lama bisa menjadi salah satu penyebab gangguan kesehatan mata yang mengakibatkan penurunan fungsi mata bahkan meningkatkan risiko penyakit mata.


    Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut ini Cosmo punya tip menjaga kesehatan mata. Keep reading, girls!




    1. Kurangi Waktu di Depan Layar Gadget


    Melihat layar ponsel dan laptop dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kelelahan pada mata. Jika terus dilakukan, cahaya yang berasal dari layar gadget kamu juga dapat merusak mata. Matamu membutuhkan waktu untuk beristirahat, dear!


    Cosmo punya tip untuk kamu yang harus beraktivitas di depan layar gawai, yaitu dengan mengikuti aturan 20/20/20. Ini berarti untuk setiap 20 menit, kamu harus berhenti menatap layar gadget kamu dan berpindah menatap sesuatu setidaknya berjarak 20 kaki atau setara dengan enam meter selama 20 detik. Oh ya, saat menggunakan komputer pastikan layar setinggi mata atau sedikit lebih rendah. Jarak pandangan kamu dari layar minimal 60 cm. Selain itu, pencahayaan ruangan dan layar gadget kamu juga harus diperhatikan, ya.


    2. Lindungi Mata Kamu dari Matahari


    Sinar ultraviolet tidak hanya memberikan dampak negatif untuk kulit, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan mata. Masalah kesehatan mata yang diakibatkan oleh paparan sinar UV dapat berupa katarak, luka bakar kornea dan kanker mata. Sebaiknya, selalu gunakan kacamata hitam ketika cuaca sedang terik. Kacamata hitam dapat menghalangi sinar UVA dan UVB sekitar 99%. Kamu juga bisa menggunakan topi bertepi lebar atau payung untuk melindungi mata dari bahaya sinar UV. 


    Baca juga : 5 Alasan Kenapa Kantung Mata Kamu Masih Terlihat!


    3. Waspada Terhadap Riasan Mata


    Menggunakan riasan mata yang tidak cocok dapat menyebabkan iritasi pada mata. Jika dibiarkan, hal itu dapat mengganggu kesehatan mata. Ganti produk riasan mata dengan yang baru seperti maskara setiap tiga bulan sekali. Bersihkan riasan mata kamu secara menyeluruh sebelum tidur di malam hari. Dan ingat, selalu lakukan patch test untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi terhadap produk yang kamu gunakan. 


    4. Menutrisi Mata 




    Menjaga kesehatan mata harus didukung dengan mengonsumsi makanan bernutrisi untuk mata seperti beta-karoten, seng, zeaxanthin dan lutein. Makanan yang kaya akan beta-karoten adalah buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye cerah. Makanan yang kaya akan seng adalah unggas, daging tanpa lemak dan kacang-kacangan. Sedangkan makanan yang kaya akan zeaxanthin dan lutein dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, selada dan telur. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, kamu dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan mata. 


    Baca juga : Ini 5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan


    5. Memastikan Tangan Bersih 


    Apa kamu aktif menggunakan kontak lensa, dear? Jika iya, selalu pastikan tangan kamu benar-benar bersih ya, karena mata sangat rentan terhadap infeksi bakteri atau kuman. Sekecil apapun iritasinya, hal itu dapat memengaruhi kesehatan mata kamu. 


    6. Olahraga


    Olahraga merupakan cara untuk menjaga tubuh tetap fit. Yes dear, kondisi tubuh yang prima juga memengaruhi kesehatan mata kamu. Menjaga tubuh tetap fit tidak hanya dapat dilakukan di tempat fitness saja, karena saat ini kamu dapat melakukan olahraga di rumah. Rutin berolahraga akan bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan mata. 


    7. Berhenti merokok


    Merokok sering kali disebut sebagai salah satu kebiasaan “kecil” yang berdampak negatif bagi kesehatan, termasuk mengganggu kesehatan mata. Seiring berjalannya waktu, zat radikal bebas yang terkandung di dalam rokok dapat memicu terganggunya aliran darah di dalam tubuh terutama ke bagian retina mata, sehingga menurunkan fungsi utama dan mengakibatkan kebutaan. 


    Nah, itu dia beberapa cara menjaga kesehatan mata dengan mudah. Lebih baik menjaga dibanding mengobati kan, dear?


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Andriyko Podilnyk on Unsplash)