Better You

21 Kebiasaan Harian untuk Better You di Better Year 2020

  by: Givania Diwiya Citta       30/1/2020
  • We dare you to make yourself more mindful from today! Yup, meski studi mengemukakan bahwa kebiasaan baru bisa akan terbentuk menjadi reguler setelah melaluinya selama 66 hari – lalu 254 hari untuk betul-betul mematangkannya – tapi tak ada ruginya, kok, menguji coba 21 hari praktik micro habit untuk sebuah perbaikan diri sebagai langkah resolusi awal tahun. Let’s. Start. Now.


    Fase: Highly motivated!





    1. Bersantap tanpa menatap atau memainkan ponsel kamu. Tanpa distraksi, kamu bisa fokus pada rasa dan tekstur makanan yang lezat serta punya nutrisi tersebut. Lagipula, tak terhubung dengan ponsel hanya untuk satu jam makan siang adalah praktik kecil layak-coba sebagai detox digital. 


    2. Racik minuman untuk dibawa ke kantor yang sekiranya bisa menggantikan konsumsi gula dari es kopi susu harian atau minuman soda kamu. Coba es kombucha atau homemade sparkling water. Setidaknya tubuh kamu akan terasa lebih ringan seharian!



    3. Buat gratitude diary setiap malam untuk melatih cara pikir apresiasi pada apa yang dimiliki dalam hidup, alih-alih memikirkan tentang apa yang tidak kamu miliki. Jika malas menulis secara konvensional, tulislah secara digital di app Happy Not Perfect.


    Fase: Wanna quit… may I...?



    4. Bermeditasilah meski dalam waktu singkat. Apalagi jika melakukannya di hari Minggu untuk melepas anxiety yang kadang menyerang diri. Coba download aplikasi Headspace dan ikuti panduannya untuk bermeditasi. Lakukan sebelum tidur untuk hasil relaks yang maksimal!


    5. Dengarkan musik, atau bahkan podcast yang memberi kamu kesegaran inspirasi. Tak masalah jika musik tersebut membuat kamu berdansa kecil di kursi kerja. Yang penting, beri asupan energi untuk hari-hari produktif kamu. Oh, podcast TED Talks juga akan membantu kamu terinspirasi, kok. 


    6. Coba pelajari cara power nap. Karena justru dari power nap selama 15 menit saja, bisa meningkatkan kembali fokus kamu sampai 100% untuk menuntaskan hari. Ingat juga, power nap adalah sebuah skill yang tak bisa diremehkan, it’s worth to master.



    7. Tempel berbagai quotes inspiratif di area-area kamu beraktivitas untuk mengingatkan setiap langkah kamu dalam mencapai tujuan. Atau setidaknya, untuk mengingatkan kamu agar tidak menyerah dalam mempertahankan micro habits yang dijalani untuk resolusi ‘better me’.


    8. Cari satu video latihan olahraga, dan transformasi ruang bersantai kamu jadi sebuah gym rumahan. Dengan begitu, kamu bisa menghadapi rasa malas pergi ke gym dengan mengganti jadwalnya ke rumah kamu sendiri. Bahkan ini bisa membuat kamu berolahraga secara fleksibel, kapan pun kamu mau!


    Fase: Mini-celebration for getting it through!

    9. Hadiri acara yang tak ada kaitannya dengan kantor atau pekerjaan kamu. Selain untuk menyegarkan pikiran, mengunjungi acara (atau gig atau perkumpulan yang melibatkan hobi kamu) bisa membuat kamu membangun koneksi baru.


    10. Pergi ke dokter gigi untuk floss. Jika biasanya hanya mengunjungi dokter gigi saat ada yang ‘menyangkut’ saja, coba lakukan secara rutin untuk kesehatan gigi kamu sehari-hari. Percayalah, kebiasaan bersih-bersih ini bisa berdampak pada mood kamu seharian.





    11. Rayakan presentasi mulus kamu! Atau basically perayaan terhadap apapun. Ajak bae atau the girls menikmati sesi happy hour. Merayakan kemenangan-kemenangan kecil dalam pekerjaan, atau bahkan merayakan keberhasilan kamu mempertahankan habit baru sampai hari ini adalah hadiah!


    12. Rencanakan liburan untuk dilakukan saat menyambut musim panas nanti. You deserve it! Seklise apapun ini terdengar, but work hard, break hard, bb.



    13. Jangan habiskan hari Sabtu seorang diri! Undang kerabat atau teman lama untuk bbq di rumah, atau keluar menonton bioskop. Dikelilingi oleh orang-orang terdekat akan membuat kamu lebih ringan melalui apapun. Just like The Beatles said, all you need is love!


    Fase: When the new stuff *actually* feels good.

    14. Baca buku yang bisa membakar passion kamu lagi sebelum tidur, agar sepekan ke depan kamu merasa terpompa energi. Jika buku biografi atau self-help terlalu berat, kamu bisa juga menambahkan bacaan resep baking ke meja samping ranjang kamu. Hal ini akan membantu kamu mendaftarkan aktivitas yang bisa dinanti-nanti untuk dilakukan saat waktu luang.


    15. Bawa botol minum reusable sendiri ke mana pun kamu berada, meskipun itu hanya untuk beli satu gelas jus dari kantin seberang kantor. Ambil langkah lebih lanjut untuk gaya hidup sustainable. It does feel good, doesn’t it?



    16. Coba mulai sarapan oatmeal untuk detox hidangan gorengan yang biasanya kamu jadikan opsi sarapan. Menu sarapan ini akan membuat kamu full sampai jam makan siang tiba, jadi, fokus selama pagi hari pun akan terjaga seimbang. Win-win for your body and productivity!


    17. Latihan yoga Iyengar di rumah setelah pulang kantor. Melemaskan otot di (hampir) penghujung weekdays akan sekaligus meringankan tegangnya pikiran selama seminggu kamu bekerja. Psst, yoga Iyengar berkontribusi kepada tidur yang lebih baik, plus a better sex. ;-)



    18. Meskipun ini akhir pekan, cobalah beri waktu tidur yang sudah dirancang seperti waktu tidur weekday kamu. Metabolisme dan mood kamu akan terasa lebih stabil dengan rutinitas ini! Jika bisa, coba rancang untuk mendapatkan tidur 8 jam. Gunakan fungsi Bedtime dalam ponsel untuk membantu kamu berkomitmen pada waktu.


    Fase: Focus on keeping the cycle for a long term.

    19. Coba bangun satu setengah jam lebih awal dari alarm yang biasa kamu atur. Waktu luang tersebut akan membuat kamu efektif menyiapkan segala to-do list sepekan ke depan secara efisien. No more rushing to get through the day!



    20. Jika biasanya kamu memanggil taksi untuk mengantar kamu ke stasiun MRT terdekat, hari ini cobalah untuk berjalan kaki ke sana. Pemandangan dan vibe yang berbeda akan membuat kamu menemukan perspektif baru. 


    21. Ambil aksi untuk rehat dari siklus berita harian seperti media sosial jika salah satunya justru berturut-turut membuat kamu down. Seperti mematikan kolom komentar, bahkan mute, unfollow, atau menghapus app untuk membuang racun-racun tersebut.


    (Givania Diwiya / Image: Sonnie Hiles on Unsplash.com)