Lifestyle

Mencapai Puluhan Juta, Ini 5 Makanan Imlek Paling Mahal!

  by: Kezia Calesta       23/1/2020
  • Apa saja hal yang paling dinanti-nantikan oleh keluarga yang merayakan Imlek? Selain pembagian hong bao alias amplop merah berisi uang, hidangan khas Imlek juga merupakan faktor yang membuat para foodies bersemangat! Makanan yang disajikan tidak hanya lezat dan beragam, tetapi beberapa hidangan juga merupakan delicacy yang sangat mahal. Penasaran akan kisaran harganya? Berikut 5 makanan Imlek paling mahal dan alasannya.


    1. Abalon




    (Sumber Foto: heinteh©123RF.com)


    Abalon, alias kerang mata tujuh atau siput di balik batu, terkenal dengan harganya yang sangat mahal karena dipercaya dapat membawa keberuntungan dan keberadaannya yang cukup langka. Akibat cangkangnya yang berat, abalon biasanya dipanen menggunakan tangan di dasar laut. Maka dari itu, kuantitasnya cukup terbatas sehingga satu kaleng berisi dua buah abalon Meksiko dapat mencapai harga 1,75juta.


    2. Teripang Laut


    (Sumber Foto: ygai©123RF.com)


    Meskipun penampilannya cukup “unik”, teripang alias timun laut, sea cucumber, atau hoisom dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Selain rendah lemak dan kolestrol, teripang yang memiliki tekstur seperti kikil ini memiliki kandungan protein tinggi, zat antibakteri, dan kaya akan zat sitotoksin yang terbukti dapat melawan sel kanker. Wow! Teripang tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, termasuk Indonesia (khususnya Bangka Belitung)… namun seiring waktu, teripang sudah sulit ditemukan akibat stok di alam yang sudah banyak dipanen. Maka dari itu, harganya dapat mencapai 7 juta per kilogram di musim Imlek.


    3. Kue Lapis Legit


    (Sumber Foto: Anna Pustynnikova©123RF.com)




    Terkejut? Jajanan ini dapat kamu temukan di mana saja, namun di musim Imlek, kamu bisa merogoh kocek hingga satu juta untuk kue ini! Alasannya? Satu loyang kue lapis legit berkualitas tinggi dibuat menggunakan bahan-bahan terbaik, termausk mentega wisman dan 60 buah kuning telur.


    4. Burung Dara


    (Sumber Foto: Yana Gayvoronskaya©123RF.com)


    By the way, tidak semua makanan Imlek eksklusif memiliki harga jutaan, kok! Jika ingin mencicipi hidangan yang lebih “terjangkau”, burung dara goreng dapat kamu jadikan opsi. Kulitnya yang garing dan dagingnya yang lembut, dipadu dengan siraman saus mentega yang gurih, seringkali menjadi hidangan favorit di restoran Chinese. Meskipun ukurannya cukup kecil, satu ekor memiliki kisaran harga Rp75.000.


    5. Sarang Burung Walet


    (Sumber Foto: ? ??©123RF.com)


    Apakah kamu tahu bahwa sarang burung walet terbuat dari air liurnya? Believe it or not, sarang burung walet sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena mengandung protein, kolagen, kalsium, hingga antioksidan tinggi. Sering dijadikan bahan untuk sup atau dessert, bentuk sarang burung sangat mempengaruhi harganya, lho – sarang berbentuk mangkok utuh dapat mencapai harga 20 jutaan untuk satu kilogram. OMG! So… apakah kamu rela mengeluarkan uang untuk 5 makanan eksklusif ini?


    (Kezia Calesta / Cover Image: doc. Ng Meng Huey©123RF.com)