Lifestyle

12 Istilah yang Wajib Diketahui Para Fans BTS, ARMY Part 2!

  by: Giovani Untari       26/1/2020
  • Put your hands up, ARMY!

    Sudah kah kamu membaca mengenai 12 istilah yang wajib diketahui oleh para fans BTS, ARMY berikut dear? Kali ini Cosmo pun kembali membawa 12 istilah berikutnya yang wajib kamu ketahui sebagai penggemar dari RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook.





    Sudah siap untuk semakin mengenal para pelantun Black Swan ini secara mendalam, babes?


    1. Trusfrated


    Istilah satu ini datang dari sang golden maknae BTS, Jungkook! Dalam interview BTS untuk Ask Anything Chat, BTS mendapat pertanyaan: “Apa bahasa Inggris yang menurut mereka paling sulit untuk diucapkan?” Dan Jungkook dengan cepat menjawab “Trusfrated” sebagai kata yang ia anggap paling sulit dilafalkan. Mengetahui hal tersebut, sang leader BTS RM pun dengan sigap membantu Jungkook dalam membenarkan pelafalan yang sebenarnya adalah “Frustated”. Adorable!


    2. Cypher


    Dalam dunia musik Hip-hop, Cypher merupakan terms yang digunakan ketika sekumpulan rapper melakukan teknik freestyle satu sama lain. Tidak mengherankan jika Cypher untuk 4 lagu BTS pun berisikan para Rap Line BTS yaitu RM, Suga, dan J-Hope. Sejauh ini Rap Line BTS tersebut telah menghasilkan 4 lagu Cypher. Sure, we can’t wait to hear the next Cypher!


    3. Festa



    Untuk memperingati momen anniversary BTS yang jatuh setiap bulan Juni setiap tahunnya, Big Hit Entertainment dan BTS pun memanjakan para ARMY melalui FESTA. Jadi FESTA adalah periode counting days sebelum hari anniversary BTS di tanggal 13 Juni, di mana BTS akan merilis beberapa konten eksklusif mulai dari foto terbaru, video dance practices, lagu-lagu terbaru, serta berbagai behind the scene seputar BTS. Mereka pun juga akan mem-publish video Bangtan Attic, yaitu video di mana para member BTS akan berkumpul dan berbicara dalam mengenai perjalanan karier mereka.




    4. Muster



    Tidak hanya FESTA, untuk anniversary-nya pun BTS juga akan mengadakan MUSTER. Terms ini digunakan oleh para pelantun Magic Shop tersebut untuk menyelenggarakan konser tahunan sekaligus bentuk reuni mereka bersama para ARMY. Di setiap Muster para personil BTS akan memiliki perfomance istimewa yang tidak pernah mereka bawakan di tur konser BTS. Apakah kamu salah satu yang beruntung dan pernah menonton langsung Muster BTS, dear?


    5. Weply & Weverse


    ARMY, sering mendengar 2 istilah ini tetapi merasa clueless dengan keduanya? Here we go! Weply merupakan aplikasi resmi dari BTS yang menawarkan berbagai merchandise eksklusif BTS termasuk album BTS dan membership BTS Global Official Fanclub.


    Sedangkan Weverse merupakan aplikasi di mana para ARMY dapat terhubung dengan BTS. Di sini kamu bahkan berkesempatan dibalas komentarnya oleh para personil BTS. Setiap personil BTS memiliki akun pribadinya yang bisa digunakan mereka untuk mengupdate foto terbaru mereka dan membalas komentar-komentar yang diberikan oleh para ARMY.





    Another trivia: Jin merupakan salah satu personil BTS yang paling rajin hadir di akun Weverse.  Saking aktifnya menjawab komentar fans di WeVerse, pria kelahiran tahun 1992 tersebut baru-baru ini mendapat penghargaan The Perfect Attendance Certificate just for Jin dari pihak WeVerse lho, dearCongratulations to our WeVerse Fairy, Kim Seokjin.




    6. Important Business


    Important Business merupakan istilah yang digunakan BTS yang berarti “No photo, sorry!” Kepopuleran BTS jelas membuat banyak orang ingin berfoto bersama mereka, tetapi ada beberapa regulasi yang membuat BTS tidak bisa sembarangan dalam urusan berfoto. Untuk itu mereka pun kerap mengeluarkan kalimat “Important Business” sebagai bentuk ucapan sopan bahwa mereka tidak bisa berfoto bersama.

    Kalimat ini pertama kali diciptakan oleh J-Hope ketika Bon Voyage BTS season pertama. Lalu apa itu Bon Voyage? Luckily, you got the answer below!


    7. Bon Voyage



    Bon Voyage adalah sebuah reality show BTS yang menggambarkan perjalanan grup ini ke sejumlah tempat di dunia. Setiap season BTS diajak menjelajah berbagai destinasi menarik dan berbeda. Season pertama Bon Voyage ditayangkan pada 5 Juli 2016 di Eropa Utara selama 10 hari. Jangan lewatkan juga season terbaru Bon Voyage BTS yang mengeksplorasi keindahan New Zealand. Dalam setiap Bon Voyage kamu akan diajak merasakan kelucuan dan kekompakan BTS selama liburan!


    8. Army Bomb



    Tak lengkap bukan rasanya dalam sebuah fandom tanpa kehadiran official lightstick di dalamnya? Lightstick sendiri diibaratkan sebagai salah satu jati diri dari sebuah grup dan fandom. Untuk itu ARMY Bomb adalah sebutan bagi official lighstick BTS. Biasanya ARMY Bomb dibawa oleh para ARMY ketika menghadiri konser BTS atau berbagai acara yang terdapat BTS di dalamnya. 


    9. Run BTS!


    Bagi kamu penggemar setia BTS, pastinya tidak boleh kelewatan untuk menyaksikan Run BTS! Variety show yang mulai tayang setiap Selasa di V Live sejak tahun 2015 ini juga merupakan salah satu variety show BTS yang paling populer. Pada Run BTS! ke-7 personil BTS ditantang untuk menyelesaikan sejumlah games yang diberikan oleh produser. Nantinya siapa yang kalah pun siap menerima hukuman yang telah dipersiapkan. Siap-siap tertawa lepas ya girls saat menyaksikan Run BTS! sebab variety show satu ini memang menghibur dan selalu penuh kejutan.


    10. BANGTAN BOMB




    Selalu ada cara untuk mendapat update terbaru dari BTS, dear! Salah satunya melalui Bangtan Bomb. Video yang diunggah di akun BANGTANTV ini akan mengajak kamu melihat lebih dekat berbagai aktivitas seru BTS, lewat berbagai cuplikan video behind the scene mereka. Mulai dari video latihan BTS, mengulik video hobi dari masing-masing member, bahkan video reaction atas MV mereka. Too good to handle it!


    11. Tony Montana? Lachimolala?


    Calling all ARMYs! Run BTS! Episode 41 menjadi salah satu episode yang tak boleh kamu lewatkan untuk ditonton. Pasalnya di episode ini BTS bermain games tebak kata yang diucapkan secara pararel dari masing-masing personil Bangtan. Lucunya, saat tiba giliran J-Hope memberikan clue untuk kata CARBONARA ke Jimin, ia pun menebak kata tersebut menjadi TONY MONTANA? Dan LACHI MOLALALA. Sontak saja jawaban menggemaskan dan clueless dari pelantun Serendipity tersebut masih menjadi salah satu terms ikonik yang tak boleh kamu lewatkan.


    12. Panda Express


    Tebak apa salah satu makanan favorit V BTS, girls? Jawabannya ternyata Panda Express! Dalam beberapa interview BTS di Amerika, pria bernama lengkap Kim Taehyung tersebut selalu dengan semangat menjawab Panda Express ketika ditanya apa makanan yang ingin mereka makan. Another FYI, Panda Express merupakan restoran fast food yang menyajikan makanan American-Chinese.


    (Giovani Untari / Images: Dok. Big Hit Entertainment, Tenor.com)