Beauty

Ikuti Tips Ini Agar Foundation Awet dan Tahan Lama

  by: Yovita Pratiwi       24/1/2020
  • Merasa foundation dan concealer tak mampu bertahan saat menjalankan aktivitas? Riasan jadi tampak patchy dan tidak rata? Tenang, ladies. Cosmo punya tips untukmu agar foundation dan concealer dapat bertahan sepanjang hari. Yuk, simak!


    Persiapkan Wajah Sebelum Mengaplikasikan Produk




    Caramu mempersiapkan dan merawat kulitmu sangat penting dalam membuat foundation bertahan seharian. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:


    Awali hari dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang lembut untuk mengeliminasi minyak dan kotoran yang dapat memengaruhi performa foundation, namun pastikan sabun pembersih wajah itu tak membuat kulit jadi kering, karena akan membuat tekstur kulit jadi tidak rata. Anggap saja sedang mempersiapkan kanvas yang bersih, lembut, dan licin.


    Perbaiki tekstur kulit dengan menggunakan exfoliant AHA atau BHA. Bersihkan kulit mati pada wajah dengan eksfoliasi wajah secara lembut. Produk-produk makeup kamu akan meresap lebih baik setelahnya. Kamu tidak wajib menggunakan exfoliant AHA atau BHA di pagi hari, bisa juga di malam hari agar kulit tampak berseri di keesokan paginya.


    Aplikasikan eye cream agar area mata tampak lembap, lembut, dan cerah. Selain itu, penampakan garis halus dan kerutan juga berkurang. 


    Gunakan primer yang mengandung SPF untuk melindungi kulit sekaligus memberi hidrasi. Primer akan cegah makeup memudar dan masuk ke garis halus. Produk juga dapat diaplikasikan dengan lebih mudah karena kulit telah dipersiapkan. 



    Pengaplikasian Foundation dan Concealer


    Caramu mengaplikasikan foundation dan concealer tentu saja memengaruhi tingkat ketahanannya. Gunakan teknik berikut agar foundation dan concealer kamu dapat bekerja dengan maksimal!




    Mulai dengan mengaplikasikan foundation tipis-tipis, lalu mulai bangun coverage pada area yang membutuhkan. Mengaplikasikan produk dengan tebal dapat membuatnya luntur lebih mudah karena tak menempel dengan baik pada wajah. 


    Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, pilih primer yang mampu hilangkan minyak sebelum kamu mengaplikasikan tabir surya dan foundation. Wajahmu jadi terhindar dari minyak sehingga makeup dapat tampak lebih bagus dan bertahan lebih lama. Kamu juga dapat memilih foundation dengan hasil akhir matte agar tahan lebih lama.


    Untuk concealer, awali dengan jumlah kecil terlebih dahulu, lalu tambahkan perlahan jika kamu membutuhkan coverage lebih. Tekan concealer dengan jemari atau kuas, jangan menggosok karena akan melunturkan produk dan membuat riasan jadi tak merata. Urutan pengaplikasian foundation dan concealer sebenarnya tergantung pada preferensimu, coba teknik yang kamu rasa terbaik untukmu.


    Terakhir, dan paling penting. Kunci segalanya dengan mengaplikasikan bedak. Tak peduli jenis concealer apa pun yang kamu gunakan, akan bertahan lebih lama jika kamu mengaplikasikan bedak setelahnya. Tak perlu melapisi wajah dengan bedak yang tebal, namun cukup bubuhkan secukupnya pada area dimana kamu mengaplikasikan foundation dan concealer. Kamu dapat membubuhkan lebih banyak pada area yang mudah berminyak. 


    Tips Tambahan agar Makeup Tahan Lama


    • Pilih foundation yang sesuai dengan jenis kulitmu, misalnya berminyak atau kering.
    • Gunakan setting spray setelah selesai berdandan.
    • Hindari menyentuh wajah atau menempelkan ponsel pada wajah karena dapat mengganggu riasan.
    • Selalu bawa kertas minyak untuk mengeliminasi minyak berlebih yang dapat melunturkan makeup. Setelahnya, tambahkan bedak. 



    (Yovita Pratiwi)