Career

Ini Manfaat Musik Ketika Bekerja, Plus 10 Rekomendasi Lagu

  by: Givania Diwiya Citta       31/1/2020
  • Mendengarkan musik saat bekerja ternyata bisa memberi manfaat, lho! Mengutip Teresa Lesiuk, seorang profesor muda pendidikan musik dan terapi musik dari University of Miami, 90% orang-orang mendapat pengalaman positif saat mendengarkan musik favorit mereka. Ia pun menyebutkan bahwa mendengarkan musik juga berkontribusi pada mood yang positif. Maka salah satu artinya, mood yang positif tersebut akan berperan pada kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kreatif. Wow! Simak keuntungan lainnya berikut ini, girls:


    Musik meningkatkan mood positif

    Girls, saat kita mendengarkan musik yang kita nikmati, ternyata otak melepas neurotransmitter dopamine yang memberi dampak rasa nyaman, mengurangi stres dan kegelisahan pada diri, lho. Dalam jurnal Trends in Cognitive Sciences, adapun penelitian yang mempelajari tentang efek musik terhadap pasien yang menjalani operasi. Hasilnya mengungkapkan bahwa pasien yang mendengarkan musik mengalami level kegelisahan dan cortisol yang lebih rendah dibanding pasien yang memilih mengonsumsi obat anti-gelisah. Musik ternyata punya kekuatan untuk meningkatkan mood, yang akhirnya bisa meningkatkan kemampuan kita dalam berkonsentrasi dan terfokus dengan tugas yang sedang dikerjakan.





    Musik membuat pekerjaan repetitif jadi lebih menyenangkan

    Musik juga bisa mentransformasi pekerjaan serta tugas-tugas repetitif jadi terasa lebih menyenangkan untuk dikerjakan, lho. Mengutip Daniel Letivin, neuroscientist sekaligus penulis dari This Is Your Brain on Music, salah satu studinya menemukan bahwa musik dapat meningkatkan kinerja para dokter bedah yang sedang mengambil pekerjaan lab. Studi lainnya juga mengungkapkan bahwa bagi orang-orang yang berkutat dengan pekerjaan repetitif setiap harinya, musik membuat mereka mengerjakan tugas lebih cepat, sekaligus mengurangi error dalam pekerjaan. Sekali lagi hal ini bisa terjadi karena musik favorit yang dinikmati akan melepas dopamine, serotonin, norepinephrine yang membuat tubuh lebih relaks dan bahagia. Hasilnya? Fokus yang lebih baik saat bekerja, hingga meningkatkan mood untuk berinteraksi dengan rekan kerja, dan membuat teamwork jadi lebih baik.


    Musik bisa memompa produktivitas

    Studi yang diterbitkan oleh Psychology of Music menunjukkan bahwa mendengarkan musik saat bekerja bisa memompa kinerja murid-murid hingga bisa berkonsentrasi terhadap suatu tugas lebih lama dari biasanya. Kasus yang sama juga terjadi saat mendengarkan musik kala berolahraga, alias bekerja mengolah tubuh. Mengutip sports psychologist Costas Karageorghis, salah satu studi yang dipimpinnya menunjukkan bahwa musik meningkatkan performa tubuh hingga bisa latihan lebih lama, lebih kuat, dan memperlama munculnya perasaan lelah. Secara cukup signifikan, musik membantu meningkatkan intensitas, kecepatan, dan durasi dalam bekerja.



    Musik membuat kamu fokus saat berada di ruangan yang berisik

    Saat ruang kantor sedang berisik, maka otak akan berusaha menghadapi seluruh kebisingan tersebut satu per satu. Dan proses tersebut akan memakan banyak tenaga otak, padahal seharusnya kita menggunakannya untuk berfokus pada mengerjakan tugas-tugas. Bahkan kebisingan juga meningkatkan level hormon stres cortisol, lalu menurunkan level dopamine. Akibatnya, produktivitas pun dapat menurun, bahkan pada tugas yang sebenarnya ringan. Oh, no… Tapi berita baiknya, mendengarkan musik di lingkungan kerja yang berisik sesungguhnya bisa membantu, lho. Karena musik akan blocking suara berlebih di sekeliling kamu, dan menahannya agar kamu tak kewalahan, dan akan membuat kamu merasa lebih tenang.


    Saran Cosmo, pada akhirnya kamu pasti akan bereksperimen dengan berbagai jenis musik, genre, dan segala lagu favorit kamu untuk membuatnya pas dalam mendukung kinerja kamu, dengan catatan di berbagai situasi yang berbeda. Berikut ini, Cosmo juga memberikan 10 lagu yang bisa jadi daftar listening kamu saat bekerja. Pumped up your working mood, bb!


    1. Empire State of Mind - Jay-Z ft. Alicia Keys




    2. Hotter than Hell - Dua Lipa




    3. Feel It Still - Portugal. The Man






    4. Love on Top - Beyoncé




    5. Good as Hell - Lizzo




    6. You Can Do It - No Doubt




    7. Dog Days Are Over - Florence + The Machine




    8. Four Five Seconds - Rihanna, Kanye West, Paul McCartney




    9. Doin' Time - Lana Del Rey




    10. Summer Girl - HAIM




    (Givania Diwiya / Image: Olena Sergienko on Unsplash.com)