Lifestyle

Girls, Apakah Zodiakmu Tipe Cardinal, Fixed, atau Mutable?

  by: Shamira Priyanka Natanagara       26/1/2020
  • Dalam kelompok pertemananmu, apakah kamu menjadi orang yang paling bisa diandalkan soal astrologi? Jika jawabannya adalah ‘iya’, Cosmo percaya bahwa kamu sudah mengetahui macam-macam elemen zodiak. Namun selain berdasarkan elemen yang “mengatur” tanda zodiak, perlu diketahui pula bahwa zodiak bisa dikategorikan berdasarkan modalities, dalam bahasa Indonesia bisa disebut sebagai ‘anggapan’ atau ‘pengandaian’.

    Terdapat tiga macam modalities zodiak yang masing-masing meliputi empat tanda zodiak: cardinal, fixed, dan mutable. Jika elemen sebuah zodiak menunjukkan kepribadian dan emosi, situs astrologi Cafe Astrology menjelaskan bahwa modalities menandakan cara setiap zodiak menghadapi lingkungan sekitarnya. Selain itu, Astro Style mengatakan bahwa modalities menandakan “peran” zodiak di dunia⁠—apakah kamu seorang starter, pelaku, atau finisher? Well, let’s find out!




     Cardinal 

    Zodiak: Aries, Cancer, Libra, Capricorn

    Dikutip dari Astro Style, zodiak yang tergolong cardinal menandakan awal dari setiap musim. Aries adalah awal musim semi, Cancer dimulai pada musim panas, Libra menandakan awal musim gugur, dan Capricorn adalah awal musim dingin). Oleh karena itu, para individu yang memiliki zodiak cardinal dipercaya sebagai starters yang memiliki kualitas kepemimpinan yang baik. 

    Para pemilik zodiak cardinal pun dikenal karismatik, penuh ide, dan mampu membangkitkan semangat orang lain. They get the party started. Namun kamu yang memiliki tergolong cardinal patut waspada—jangan sampai kamu terbawa semangat dan menjadi control freak.


     Fixed 

    Zodiak: Taurus, Leo, Scorpio, Aquarius



    Jika zodiak cardinal bertugas untuk memulai pesta, zodiak fixed adalah para pelaku yang menerima ide, kemudian menjalankannya dengan baik. They are the life of the party. Mereka gigih, cenderung fokus, dan ambisius. Namun menurut Elite Daily, merelakan ide atau hal yang diinginkan adalah sebuah tantangan, jadi untuk kamu yang berzodiak fixed, coba berlatih untuk lebih ikhlas dan move on dari masa lalu (karena melupakan penyesalan pun adalah salah satu kelemahanmu). 


     Mutable 

    Zodiak: Gemini, Virgo, Sagitarius, Pisces

    Yang terakhir adalah zodiak mutable, yang dikenal fleksibel, perhatian, dan bijaksana. Para pemilik tipe zodiak ini dikenal mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, karena mereka sadar akan perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar dan kerap berusaha untuk berbaur. But of course, hal ini pun bisa membuat mereka merasa gelisah. 


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening Image: Priscilla Du Preez on Unsplash)