Beauty

Cara Tepat Menggunakan Sunscreen yang Tidak Banyak Diketahui

  by: Kissy Aprilia       28/1/2020
  • Meski sudah menggunakan pelembap, serum, dan berbagai produk perawatan kulit yang lainnya, kulitmu tetap dapat berisiko mengalami kerusakan jika tidak menggunakan sunscreen. Bagaimana bisa? Let me explain it. Pada dasarnya, sinar matahari memang memberikan manfaat vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Namun, matahari memiliki sinar radiasi ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) yang sangat berbahaya bagi kulit. 

    Cosmo tidak akan bosan memberikan penjelasan tentang UVA dan UVB, because we are your bestie. Sinar UVA bekerja merusak sel-sel kulit sehingga mempercepat penuaan. Sementara sinar UVB menyebabkan hiperpigmentasi yang dapat berisiko menimbulkan kanker kulit. Dan kedua hal berbahaya itu membutuhkan penangkal yang berbeda, bukan hanya sekadar memulaskan krim sunscreen pada kulit. Simak cara tepat menggunakan sunscreen agar kulitmu terlindungi dengan optimal. 




    Selalu pilih formula SPF, minimal, 30. 

    Kandungan SPF di dalam sunscreen menunjukan berapa lama produk tersebut dapat melindungi kulitmu. Angka yang tertera pada label mengartikan bahwa tingkat SPF-nya mampu bertahan 10 kali lipat dalam hitungan menit. Memilih sunscreen dengan formula SPF 30 sama dengan menjaga kulit dari paparan sinar UVB selama 300 menit (5 jam), dan artinya masih cukup aman untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan.

    Selain mengartikan waktu perlindungan, formula SPF 30 juga bekerja menahan radiasi sinar UVB hingga 97 persen. Jika menginginkan intensitas perlindungan yang lebih tinggi, formula SPF 50 dapat menahan radiasi sinar UVB hingga 98 persen. So, kamu pilih yang mana, girls?


    Sesuaikan dengan jenis kulitmu.

    Bukan karena fungsinya adalah melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, maka kamu hanya memilih produk sunscreen berdasarkan formula SPF. Pilih produk sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit, misalnya: jika memiliki kulit berjerawat, carilah kandungan mineral yang non-comedogenic agar tidak mengendap di pori-pori atau formula matte jika kulitmu normal dan berminyak. 


    Jangan hanya menggunakan secukupnya.

    Faktanya, sebagian besar orang hanya menggunakan sunscreen 25-50 persen dari jumlah takaran yang disarankan. Untuk area wajah, disarankan kamu menggunakan sunscreen sebanyak 2-3 ruas jari, dan tiga kali lebih banyak untuk area tubuh yang terpapar langsung oleh matahari—seperti tangan dan kaki. Got it, girls?




    Cuaca mendung? Tetap gunakan sunscreen!

    Hal ini seringkali disalahpahami. Kamu mungkin tidak melihat cahaya matahari saat cuaca mendung atau sedang hujan. Namun paparan sinar ultraviolet tetap dapat menembus awan, bahkan kaca di ruang kerjamu, serta mobil yang setiap hari kamu tumpangi. Jadi mulai sekarang, pakailah sunscreen setiap hari!


    Perhatikan area tubuh lainnya. 

    Let’s make a confession. Apakah kamu hanya menggunakan sunscreen di kulit wajah? Ingatlah kalau kerusakan pada kulit tidak hanya terjadi pada kulit wajah, tetapi juga di area tubuh lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu menggunakan sunscreen di seluruh tubuh setiap hari, atau memilih produk pelembap yang mengandung SPF dan PA.




    (Kissy Aprilia, images: Lauren Bow on Unsplash)