Beauty

Ikuti 4 Cara Aman Mencoba Produk Tester Makeup

  by: Fariza Rahmadinna       30/1/2020
  • Ada beberapa produk kecantikan yang sebaiknya dicoba terlebih dahulu sebelum membeli. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah warnanya cocok, apakah teksturnya bagus, dan lain sebagainya. Dibandingkan salah pilih shade, lebih baik dicoba dulu kan, dear?


    Namun, pernahkah kamu berpikir kalau produk tester yang ada di counter itu aman untuk dicoba? Faktanya, produk tester biasanya sudah cukup lama berada di counter dan terkadang dibiarkan dalam keadaan terbuka. Belum lagi, sudah banyak orang yang menyentuh dan mencoba produk tester tersebut sebelum kamu. Ini memungkinkan produk tester terkontaminasi dengan virus dan bakteri. Nah, daripada harus menanggung risiko iritasi atau infeksi, lebih baik kamu mengantisipasinya dengan melakukan cara di bawah ini ketika mencoba tester makeup. Keep scrolling




    1. Berhati-hati Saat Mencoba Produk Tester

    Note: Tips ini wajib diperhatikan untuk kamu yang memiliki jenis kulit super-sensitif, dan juga saat menggunakan produk berkonsentrat tinggi, sepert serum.


    Kulit wajah merupakan area yang sensitif, untuk itu hindari mencoba produk tester di wajah ya, dear! Namun, jika kamu ingin mencobanya, sebaiknya aplikasikan produk tester pada punggung tangan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko wajah kamu mengalami iritasi. Jika ingin mencoba lipstik, gunakan cotton bud baru yang biasanya sudah tersedia di store atau gunakan jarimu yang sudah dalam keadaan bersih. 


    Oh ya, tip ini tidak hanya berlaku untuk face product saja ya, tetapi juga untuk produk seperti lipstik, eyeshadow, eyeliner dan maskara. 


    2. Bawa Tools Sendiri


    Sebaiknya hindari menggunakan kuas atau sponge yang telah disediakan, terutama jika terlihat kurang higienis dan terdapat sisa makeup. Cosmo tahu, ada beberapa counter yang menyediakan tools sekali pakai seperti cotton bud, spoolie, spatula atau sponge. Namun, tidak ada salahnya selalu bawa sendiri tools kamu ya. Oh ya girls, selalu sediakan tisu basah di dalam tas. Percaya deh, barang ini akan sangat berguna nantinya!


    Baca juga : Ini Cara Menentukan Foundation Dari Warna Kulit Kamu!




    3. Bersihkan Produk Tester Terlebih Dahulu


    Selain membawa tools sendiri, kamu juga harus membersihkan produk tester terlebih dahulu, tidak terkecuali untuk produk kecantikan yang berbentuk padat. Beberapa counter biasanya menyediakan spritzers alkohol (jika tidak ada, tanyakan kepada beauty advisor) dan semprotkan ke produk tester yang ingin kamu pakai. Lalu ambil tisu dan bersihkan seluruh lapisan produk. Setelah itu, kamu dapat mencobanya di punggung tanganmu. Namun, jika produk tester tidak bisa dibersihkan, kamu boleh lho minta secara baik-baik produk tester yang baru kepada beauty advisor


    Bagian terbaik untuk mencoba tester lipstik ternyata di ujung jari, lho. Bukan di punggung tangan. Ujung jari akan menghasilkan warna akhir yang paling mendekati jika lipstik tersebut diaplikasikan pada bibir.


    4. Jangan Biarkan Terlalu Lama


    Meskipun kamu hanya mencoba produk tester pada punggung tangan, kamu tetap harus membersihkannya sesegera mungkin. Karena semakin lama produk berada di kulit kamu, maka semakin besar juga risiko terkena infeksi atau iritasi. Bersihkan area kulit dengan menggunakan tisu atau kapas yang telah diberi makeup remover. Setelah itu, bersihkan kembali dengan menggunakan hand sanitizer, untuk memastikan kulit kamu benar-benar bersih. 


    Itu dia empat cara aman mencoba produk tester makeup. Semoga membantu, dear!


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Skitterphoto on Pexels)