Beauty

Kandungan Makeup yang Harus Dihindari Kulit Kering

  by: Kissy Aprilia       30/1/2020
  • Kalau berpikir memiliki kulit kering lebih beruntung dibandingkan kulit berminyak, you’re absolutely wrong. Sebagai pemilik jenis kulit kering, saya juga merasa ‘tersiksa’ dengan tekstur cracky yang menggangu penampilan. Kondisi ini bahkan menjadi semakin parah saat menggunakan makeup, khususnya di musim hujan seperti ini. Jika kamu juga merasakan hal serupa, hindari daftar kandungan makeup berikut ini. 


    Alkohol

    Kandungan yang satu ini dapat ditemukan di sejumlah produk kecantikan yang berbeda. SD Alcohol Denatured Alcohol, atau Isoporpyl Alcohol, semuanya memiliki sifat mengeringkan kulit. Kamu akan sering melihatnya dalam label kosmetik yang memiliki formula quick-drying atau hasil matte. Jika memaksa penggunaan pada kulit kering, alkohol dapat menyebabkan iritasi, dan memicu penyakit eksim, rosacea, atau psoriasis. 




    Wewangian

    Tahukah kamu bahwa aroma sintetis atau pun natural yang digunakan untuk menciptakan wewangian dalam produk kecantikan, berbahaya bagi kulit kering atau sensitif? Kandungan tersebut berisiko menyebabkan iritasi pada semua jenis kulit—tapi akan terjadi lebih parah ada kulit kering—dan dapat menimbulkan eksim. Jadi mulai sekarang, sebaiknya kamu menghindari produk skincare yang mengandung wewangian.


    Paraben

    Kandungan paraben seringkali diperbincangkan dalam konteks: jenis formula yang harus dihindari jika kamu ingin mencoba ‘natural beauty routine’, tapi sudahkah kamu benar-benar memahaminya? Paraben adalah bahan pengawet yang berfungsi memperpanjang usia produk. Jika bersentuhan dengan kulit secara terus menerus, maka kulitmu akan mengalami kerusakan, sebab kulit kering lebih rentan terhadal iritasi dan alergi. 




    Glycolic Acid

    Pada umumnya, glycolic acid digunakan sebagai eksfoliator kimiawi yang berfungsi mengangkat lapisan sel-sel kulit mati dan membersihkan kotoran dalam pori-pori. Kandungan ini sebaiknya tidak digunakan setiap hari, karena dapat menyebabkan iritasi. So girls, bisa membayangkan apa yang terjadi pada kulit jika kamu menggunakan produk makeup yang mengandung Glycolic Acid setiap harinya?


    Salicylic Acid

    Meski lebih banyak digunakan dalam produk skincare, salicylic acid juga dapat ditemukan dalam produk makeup. Kandungan ini sebenarnya ditujukan untuk jenis kulit yang berminyak dan berjerawat, lalu cara kerjanya adalah mengurangi produksi sebum. Jadi, Cosmo menyarankanmu untuk menjauhkan makeup yang mengandung salicylic acid. 


    (Kissy Aprilia, images: Sabrina May on Unsplash