Lifestyle

Menurut WHO, Tak Perlu Mengenakan Masker ke Kantor!

  by: Yovita Pratiwi       29/1/2020
  • Dunia tengah dihebohkan oleh virus corona yang berasal dari Cina. Virus ini memiliki gejala yang serupa dengan penyakit flu biasa, namun efeknya mematikan. Selain itu, penyebarannya juga tergolong cepat. Untuk mencegahnya, orang-orang mulai memakai masker sebagai bentuk antisipasi diri dari menularnya virus corona. Tapi tahukah kamu, penggunaan masker sesungguhnya tak dibutuhkan saat kamu melakukan aktivitas di kantor?


    Salah satu perwakilan dari World Health Organization (WHO), Rabindra Abeyasinghe, menyatakan bahwa “Orang-orang yang menjalankan aktivitas kerjanya seperti biasa tak membutuhkan masker bedah atau masker N95.”




    Virus yang telah menewaskan lebih dari 100 orang di Cina ini memang membuat khawatir, namun WHO menyatakan bahwa penggunaan masker yang tepat adalah saat gejala infeksi pernafasan terjadi atau saat mereka bepergian ke tempat-tempat ramai seperti rumah sakit dan pasar basah.


    Pihak departemen kesehatan di Filipina mengantisipasi dengan menghimbau agar publik menyisakan masker-masker tersebut untuk orang-orang yang lebih membutuhkan, seperti staf kesehatan yang menangani orang sakit, atau orang-orang yang sedang di investigasi akibat permintaan masker di pasaran yang melonjak naik.




    Hingga saat ini, tercatat 5,974 kasus yang menewaskan 132 jiwa. Kasus ini telah dikonfirmasi menyebar ke negara Jepang, Singapura, Taiwan, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Nepal, Sri Lanka, Kambodia, Vietnam, Australia, Amerika Serikat, Kanada, Perancis, dan Jerman. 


    Stay safe, everyone!


    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. Unsplash)