Better You

Ini Beberapa Alternatif Jika Kamu Tidak Memiliki Masker N95

  by: Shamira Priyanka Natanagara       29/1/2020
  • Sejak pekan lalu, warga Indonesia dan berbagai negara lainnya dihebohkan dengan penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan, Cina. Bahkan banyak negara telah menetapkan larangan bepergian ke Cina demi menjaga kesehatan masyarakatnya, dan menurut laporan CNN Indonesia, Cina pun melarang warganya bepergian untuk mengurangi penyebaran virus corona. Pada tanggal 28 Januari kemarin, BBC Indonesia mengatakan bahwa virus baru yang dikabarkan berasal dari hewan ini telah memakan lebih dari 100 korban jiwa. Penyebaran virus ini memang terbilang cepat, karena menyebar melalui udara dan kontak dengan cairan yang mengandung virus tersebut, seperti air liur.

    Untuk menjaga diri dari virus corona, masyarakat di berbagai penjuru dunia telah dianjurkan untuk mengenakan masker saat bepergian. Kamu bisa menggunakan masker bedah yang mudah ditemukan di pasaran, tapi ada baiknya kamu memilih masker N95 yang lebih efektif menyaring partikel-partikel di udara. Jenis masker ini bisa menyaring partikel-partikel mikron yang tidak bisa disaring masker bedah, serta mampu menyaring partikel yang mengandung minyak.

    Namun sayangnya, persediaan masker N95 pun semakin menipis karena semakin banyak warga mulai waspada akan penularan virus corona. But don't worry, girls! Belajar dari pengalaman Filipina yang kekurangan masker N95 ketika dilanda hujan abu pada awal Januari ini, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melindungi sistem pernapasan. Berikut adalah beberapa alternatif yang bisa kamu coba jika tidak mendapatkan masker N95:




    Bra

    Sejujurnya, mungkin ini adalah alternatif masker N95 yang paling efektif. Alasannya? Bra alias beha dapat menutupi seluruh area hidung dan mulut; talinya pun bisa diatur sesuai dengan kenyamananmu; dan bantalan busa beha cukup tebal untuk menjaga sistem pernapasan dari partikel berbahaya.


    Popok

    Menurut Asisten Sekretaris Departemen Kesehatan Filipina, Maria Francia Laxamana, popok bisa digunakan untuk memblokir asap abu gunung meletus, jadi cukup efektif untuk melindungi diri. "Saya rasapopok bisa digunakan... tapi beri sedikit kelembapan untuk menghindari kekurangan napas," jelasnya. "Yang penting adalah [popok] bisa melindungi [telinga], hidung, mulut, dan mengaitkannya menggunakan perekat velcro di belakang kepala."


    Masker kain

    Kalau kamu pandai menjahit, maka kamu beruntung. Namun kalau kamu tidak terampil menjahit, tidak apa-apa, kok, karena membuat masker kain DIY tidak terlalu rumit. Berikut pola masker yang bisa kamu gunakan dan cara membuatnya:






    Masker bedah dengan tisu

    Masker N95 menjadi pilihan yang tepat karena mampu menyaring partikel-partikel mikron di udara sebanyak 95%. Walaupun begitu, jika kamu hanya memiliki masker bedah (masker yang memiliki sisi berwarna biru dan putih), kamu bisa melapisi masker bedah dengan dua lembar tisu dan meningkatkan kemampuan masker tersebut untuk menyaring partikel kecil yang dapat terhirup.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening Image: freepik.com)