Better You

8 Mitos & Fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang Aquarius

  by: Alexander Kusumapradja       29/1/2020
  • Dimulai tanggal 21 Januari kemarin dan akan berakhir tanggal 18 Februari mendatang, kita memasuki masa Aquarius yang termasuk zodiak berelemen Udara bersama dengan Gemini dan Libra (yang juga menjadi pasangan asmara paling cocok untuk Aquarius!). Zodiak berelemen Udara dikenal sebagai “otak” dari zodiak dengan karakteristik gemar menganalisa, objektif, cerdas, dan sering dianggap dingin. Di sisi lain, Aquarius sendiri berada di bawah naungan planet Uranus yang tergolong planet “baru” (baru ditemukan sekitar 200 tahun lalu) dan dikenal sebagai planet yang menyimbolkan perubahan, ketidakaturan, pemberontak dan itu juga yang tercermin di dalam diri Aquarius yang tak takut menjadi diri sendiri tanpa memikirkan omongan miring orang lain. Karena dua sisi yang bertolak belakang ini, banyak yang salah mengartikan sikap dan kepribadian Aquarius. Berikut adalah fakta-fakta dan mitos atau mispersepsi yang kerap dikaitkan dengan Aquarius. Kamu setuju atau tidak?

    via GIPHY



    Fakta 1: Aquarius selalu menginspirasi orang sekitarnya.

    Aquarius memiliki sifat inovatif dan berpikiran jauh ke depan yang jeli melihat peluang di sekitarnya. Mereka mampu melihat kemungkinan yang mungkin luput dari perhatian orang lain dan tak mudah menyerah. Determinasi yang kuat dan tak gentar akan tantangan membuat Aquarius menjadi inspirasi bagi banyak orang di sekitar mereka. Aquarius sendiri mungkin tak menyadari pengaruh yang mereka tularkan ke orang lain, namun bila kita menghabiskan cukup waktu bersama Aquarius, kita mungkin jadi terpengaruh sikap pemberani dari Aquarius.


    Fakta 2: Aquarius punya banyak sisi.

    Sebelum susunan planet di tata surya kita ditemukan secara lengkap, orang zaman dahulu mengira Aquarius dikuasai oleh planet Saturnus yang menjadi simbol struktur dan pengembangan. Tapi kini, Aquarius dikuasai oleh Uranus yang merupakan planet simbol pemberontakan dan ketidakpastian. Hal ini menjadi paradoks tersendiri untuk Aquarius. Ada sisi dalam diri mereka yang sangat terstruktur dan fokus mengerjakan suatu hal atau pekerjaan dengan sepresisi mungkin, namun ada sisi lain juga dari Aquarius yang merupakan sisi quirky dan pemberontak yang membuat mereka tak takut menjadi diri sendiri atau melakukan sesuatu dengan cara mereka sendiri. Hal ini yang membuat Aquarius terasa unik dan misterius bagi zodiak lain. Aquarius memiliki banyak sisi yang mungkin tak tertangkap dari sisi luarnya saja.


    Fakta 3: Aquarius bersikap visioner.

    Aquarius merupakan bagian dari zodiak yang bersifat fixed bersama dengan Scorpio, Taurus, dan Leo yang artinya mereka punya determinasi kuat untuk menjadikan rencana atau mimpi mereka menjadi kenyataan. Ketika Aquarius fokus pada suatu hal, Aquarius akan sangat serius dalam melakukannya. Mereka biasanya adalah orang yang paling rajin membuat daftar hal yang harus dikerjakan, merencanakan itinerary secara detail sebelum berpergian, dan fokus dalam karier ketika mereka punya target yang jelas. Mereka pun punya sikap open-minded yang membantu mereka melihat peluang lain ketika ada hal yang menghadang jalan mereka.


    Fakta 4: Aquarius punya jiwa yang bebas.

    Aquarius termasuk zodiak berelemen udara seperti Libra dan Gemini yang artinya mereka suka kebebasan. Persahabatan dan kehidupan sosial adalah hal yang sangat penting bagi Aquarius, namun mereka juga mementingkan kebebasan dan waktu untuk diri sendiri. Aquarius akan merasa terkekang bila mendengar kata “tidak” dan mereka butuh waktu personal untuk mengeksplor diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka. Hal ini terkadang bisa membuat Aquarius sulit membangun hubungan yang dalam dengan orang lain, namun Aquarius paham orang yang benar-benar mengenal mereka tahu bahwa kebebasan dan perasaan tak ingin dikekang adalah hal yang sangat dijunjung oleh Aquarius.


    Mitos 1: Aquarius bersikap tertutup.

    Mitos ini muncul karena Aquarius memang terkadang senang menghabiskan waktu sendiri. Faktanya, Aquarius memang termasuk zodiak yang mudah merasa lelah bila dihadapkan dengan kegiatan sosial yang terlalu intens dan butuh waktu untuk mengisi ulang energi sosial mereka dibanding zodiak lain, tapi bukan berarti mereka suka menyendiri dan tertutup. Mereka menghargai quality time bersama teman dan keluarga, namun mereka juga sangat menghargai “me time” mereka sendiri. Intuisi Aquarius membuat mereka tahu kapan waktu yang tepat untuk mengisi ulang energi sosial mereka dan apa yang harus mereka prioritaskan di diri sendiri sebelum memikirkan pendapat orang lain.




    Mitos 2: Aquarius dingin dan hanya peduli diri sendiri.

    Karena Aquarius terkadang terasa dingin dan menyendiri, mereka sering dianggap hanya peduli pada diri sendiri, Namun, seperti zodiak lainnya, Aquarius juga menginginkan hubungan yang dalam dan berarti dengan orang lain. Tapi yang jelas Aquarius butuh waktu yang tak sebentar dalam membangun hubungan tersebut agar yakin hubungan itu tulus. Membuka diri ke orang lain adalah hal yang menakutkan bagi Aquarius dan mereka bisa dengan mudah mengubah pikiran dan menghindari hal yang tak mereka inginkan. Hal ini yang membuat Aquarius terlihat dingin sebagai bentuk defense mechanism mereka, padahal sebetulnya mereka hanya butuh waktu dan menjaga jarak sebelum akhirnya bisa terbuka dengan orang lain.


    Mitos 3: Aquarius senang menceramahi orang lain.

    Aquarius senang mengungkapkan opini mereka terhadap hal-hal yang menarik minat mereka ataupun isu-isu terkini seperti politik. Mereka mungkin akan bicara panjang lebar soal opini mereka, namun hal ini bukan dilakukan karena mereka ingin dianggap paling benar atau paling pintar. Yang mereka inginkan adalah pembicaraan yang jujur dan terbuka dengan lawan bicara mereka. Bila mereka meminta opinimu terhadap suatu hal, itu karena mereka memang ingin tahu apa yang ada di pikiranmu. Tak jarang, hal itu bisa berujung perdebatan yang cukup panas, namun diskusi intelektual adalah hal yang disukai Aquarius. Tapi jangan cemas, mereka tak hanya suka bicara, tapi juga suka mendengarkan orang lain.


    Mitos 4: Aquarius hanya mengikuti arus.

    Mitos ini mungkin terdengar kontras karena Aquarius adalah pecinta kebebasan, namun dua hal ini sebetulnya berbeda. Dari luar, Aquarius mungkin terlihat santai dan hanya ingin bersenang-senang tanpa komitmen, namun di dalamnya, banyak perdebatan internal di kepala mereka. Aquarius bukan tipe yang suka mengontrol sebuah situasi atau dinamika pertemanan, namun mereka juga ingin menunjukkan kalau mereka peduli tentang apa yang sedang terjadi, hasilnya Aquarius akan merasakan perdebatan dan kontradiksi yang membuat mereka merasa stuck. Apakah mereka berubah menjadi si pengontrol atau memilih duduk manis di belakang? Lagi-lagi sikap open-minded Aquarius membuat mereka terbuka pada semua kemungkinan. Walaupun mereka mungkin terlihat santai atau cuek, mereka sebetulnya butuh waktu lebih untuk memutuskan suatu hal atau sikap.


    (Alex.K/Image: Tamara Bellis on Unsplash )