Celebrity

Daftar Debut dan Comeback K-Pop untuk Bulan Februari 2020

  by: Shamira Priyanka Natanagara       30/1/2020
  • Sepertinya para penggemar musik K-Pop harus bersiap-siap untuk menyambut bulan Februari. Why? Karena akan ada banyak artis K-Pop yang comeback. Yay! Selain itu, ada pula grup baru yang siap debut pada bulan Februari mendatang. Mau tahu siapa saja yang akan debut dan comeback bulan depan? Berikut adalah daftarnya: 


     Debut 

    (03/02) DKB




    Girls, apakah kamu mengenal Brave Brothers? Pencipta lagu “Alone” (Sistar), “Like A Cat” (AOA), dan sejumlah lagu K-Pop hit lainnya ini memiliki agensi yang bernama Brave Entertainment, dan mereka siap menghadirkan boy group baru pada tanggal 3 Februari mendatang. Dinamakan DKB, grup ini terdiri dari sembilan personel dan memiliki konsep hip hop. Dua personel grup ini, yaitu E-Chan dan Heechan, adalah alumni acara kompetisi Boys24. 


    (04/02) Cignature


    Selain boy group, ada pula girl group yang siap debut pada bulan Februari ini, yaitu Cignature. Grup yang beranggotakan tujuh perempuan ini sebelumnya dikenal dengan nama C9 GIRLZ dan berada di bawah naungan agensi J9 Entertainment, anak perusahaan C9 Entertainment yang menaungi soloist Younha dan rapper Cheetah. Sudah lihat teaser mereka? They look so fresh!


     Comeback 

    (02/02) Kim Jaehwan


    Idola pertama yang akan comeback pada bulan Februari ini adalah Kim Jaehwan. Alumni acara kompetisi Produce 101 musim kedua, sekaligus mantan vokalis utama Wanna One ini akan merilis digital single pada 2 Februari. Melalui akun Twitter-nya, Jaehwan mengumumkan bahwa lagunya akan berjudul “안녕” (An-nyeong), yang dalam bahasa Korea bisa berarti 'goodbye' (selamat tinggal). 


    (03/02) GFriend


    Next, GFriend akan menghibur para penggemarnya dengan mini album kesembilan yang berjudul 回:LABYRINTH. Konsep comeback mereka kali ini terbilang cukup berbeda dengan konsep feminin dan fresh yang biasanya mereka pilih. Jika melihat deretan foto teaser yang dirilis, sepertinya konsep yang akan GFriend bawakan kali ini lebih misterius. Interesting!


    (03/02) EVERGLOW


    Yes, they’re coming back! Grup rookie yang sukses menarik perhatian publik tahun lalu ini akan merilis mini album perdana mereka yang berjudul Reminiscence. Grup yang beranggotakan enam perempuan ini pun telah merilis klip teaser untuk title track mereka “DUN DUN”, dan EVERGLOW tampak fierce! Hmm… apakah “DUN DUN” akan berhasil mengalahkan popularitas “Bon Bon Chocolat” dan “Adios”? 


    (05/02) LOONA


    Untuk comeback kali ini, LOONA yang terdiri dari 12 personel akan kembali dengan 11 personel, karena vokalis utama mereka, Haseul, sedang rehat karena mengidap gangguan kecemasan. Meskipun begitu, tampaknya personel LOONA lainnya siap untuk membuat Haseul bangga dengan title track terbaru mereka yang berjudul “So What?”. Sudah lihat klip teaser mereka? Kalau belum, tonton dulu sebelum lagu mereka dirilis pada 5 Februari nanti.


    (06/02) iKON


    Bisa dibilang tahun 2019 bukanlah tahun terbaik iKON. Leader grup naungan YG Entertainment ini, B.I alias Kim Hanbin, sempat terjerat kasus narkoba dan mengundurkan diri dari iKON. But good news, girls! Setelah dua tahun tidak comeback di Korea Selatan, iKON akhirnya akan menghadirkan mini album berjudul i Decide. Dan yang membuat para fans tambah heboh, B.I pun terlibat dalam comeback ini. Menurut pernyataan YG Entertainment, B.I adalah komposer dan penulis lirik sejumlah lagu baru iKON, serta telah merekam bagian rap-nya. Oleh karena itu, YG Entertainment memutuskan untuk tetap menggunakan lagu dan rap karya B.I agar comeback iKON tidak akan ditunda terlalu lama. Well, are you excited?


    (10/02) Rocket Punch


    Grup rookie naungan Woolim Entertainment ini akan melakukan comeback pertama mereka sejak debut pada Agustus 2019 pada 10 Februari. Melihat video teaser yang belum lama dirilis, tampaknya girl group yang memiliki enam personel ini akan mengusung konsep yang lebih elegan, agak berbeda dari debut mereka yang bernuansa dance pop. 




    (10/02) The Boyz


    Sama seperti Rocket Punch, The Boyz pun akan comeback pada tanggal 10 Februari mendatang. Ini akan menjadi rilisan pertama The Boyz dengan formasi yang baru; tahun lalu mereka kehilangan satu anggota, Hwall, yang memutuskan untuk keluar dari grup karena masalah kesehatan. Pada comeback kali ini, The Boyz akan menghadirkan album pertama mereka yang berjudul Reveal. 


    (11/02) Cherry Bullet


    Setelah tiga personel (Kokoro, Mirae, dan LinLin) hengkang dari grup, Cherry Bullet siap untuk menunjukkan formasi terbaru mereka dengan tujuh personel. Grup yang menjadi ‘adik’ dari AOA ini kerap mencuri perhatian dengan konsep mereka yang imut dan lagu-lagu yang bernuansa ceria. Hmm… kira-kira konsep apa yang akan mereka bawakan untuk comeback mendatang, ya?


    (12/02) PENTAGON


    Yup, PENTAGON is coming back! Album pertama boy group naungan CUBE Entertainment ini akan dirilis pada 12 Februari, dengan judul UNIVERSE: THE BLACK HALL. Pada Juli 2019, PENTAGON merilis “Humph!” yang bernuansa fresh, cocok dengan suasana musim panas. Namun kali ini, sepertinya lagu baru PENTAGON akan memiliki konsep yang lebih dark dan misterius. 


    (14/02) MONSTA X


    Pada beberapa tahun terakhir ini, bisa dibilang ambisi industri K-Pop untuk merambah ke pasar internasional semakin kuat—dan keinginan MONSTA X untuk lebih dikenal lebih banyak fans internasional pun tampaknya semakin meningkat! Boy grup yang berada di bawah naungan Starship Enertainment ini akan merilis album berbahasa Inggris pertama mereka pada 14 Februari. A perfect Valentine’s gift for the fans! 


    (21/02) BTS


    Get ready, girls, BTS siap mengguncang industri K-Pop dengan album terbaru mereka, Map of the Soul: 7, yang bisa didengar mulai 21 Februari mendatang. Grup yang beranggotakan tujuh personel ini pun telah merilis satu buah single dari album ini, “Black Swan”, dan telah membawakannya live di acara The Late Late Show with James Corden. Siapa yang sudah tidak sabar untuk mendengar seluruh lagu dari album ini? Tentu saja Cosmo semakin penasaran!


    (TBA) KARD


    Meskipun belum ada tanggal pasti, media Korea Joy News 24 mengabarkan bahwa KARD akan comeback pada bulan Februari, dan berdasarkan laporan Soompi, pihak grup co-ed ini pun telah mengonfirmasi bahwa KARD sedang menyiapkan comeback mereka. 


    (TBA) IZ*ONE


    Last but not least, IZ*ONE juga akan meramaikan industri musik Korea dengan album pertama mereka yang berjudul Bloom*Iz. Foto dan klip teaser untuk comeback ini telah dirilis sejak Oktober tahun lalu, tapi karena terlibat dalam skandal mengenai pemalsuan pemungutan suara acara kompetisi Produce 101, grup yang dibentuk melalui musim ketiga acara tersebut terpaksa harus menunda aktivitas mereka, termasuk perilisan album Bloom*Iz.

    Berdasarkan laporan Soompi, pihak Mnet (produser serial Produce 101) menyatakan bahwa IZ*ONE akan kembali beraktivitas pada bulan Februari dan Bloom*Iz akan tetap dirilis. So, mari kita berharap IZ*ONE akan comeback pada bulan Februari!


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening Image: Dyah Puspasari / Videos: Dok. YouTube)