Beauty

6 Tanda Kulitmu Tidak Cocok Dengan Perawatan Skincare Baru

  by: Kezia Calesta       30/1/2020
  • Girls, skincare is tricky… karena perawatan kulit yang digunakan temanmu belum tentu cocok untuk tipe kulitmu. Bahkan, tipe kulitmu belum tentu sama dengan ibumu atau saudara kandung kamu sendiri. Apakah kamu pernah mengalami masalah kulit wajah dan kamu tidak yakin akan penyebabnya: alergi makanan, lifestyle yang kurang sehat, masalah hormon, atau perubahan skincare? We feel you! Untuk membantu kamu mencari tahu jawabannya, berikut adalah 6 tanda bahwa kulitmu tidak cocok dengan skincare baru.


    1. Timbulnya jerawat

    Inilah salah satu masalah paling umum yang timbul saat kamu mengubah perawatan kulit. Menurut para ahli, kulit wajahmu membutuhkan sekitar 2-3 minggu untuk beradaptasi dengan produk baru, maka jerawat yang timbul akan hilang setelahnya. Namun jika breakout yang terjadi cukup parah dengan tiga jerawat atau lebih, kulit kamu sedang memberikan pertanda. Saran Cosmo, ganti produk dengan kandungan minyak yang lebih rendah atau yang non-comedogenic.




    2. Kulit terlalu berminyak

    Terkadang, produk keras yang seharusnya mengurangi produksi minyak dapat menyebabkan kondisi sebaliknya. Ditambah lagi, membilas wajah dengan air panas juga dapat membuat kulit dehidrasi dan menstimulasi kulit untuk memproduksi minyak secara berlebihan. Solusi untuk kulit berminyak? Hindari moisturizer berbentuk krim dan pilih produk berbahan gel atau yang mengandung hyaluronic acid. 


    3. Kulit bengkak atau gatal

    Adakah benjolan kecil berwarna putih atau merah yang timbul di kulit? Saat kulitmu alergi terhadap salah satu kandungan dalam produk skincare, pori-pori dapat tersumbat dan menimbulkan komedo, atau menyebabkan gatal-gatal. 


    4. Kulit kering dan pecah-pecah

    Terlalu sering menggunakan produk skincare yang keras dapat membuat kulitmu dehidrasi dan pecah-pecah. Bila kamu menggunakan produk dengan exfoliant, kandungan retinol, atau alpha-hydroxy acids, batasi penggunaan mulai dari 1-3 kali dalam seminggu. Jika memungkinkan, gunakan dahulu lapisan moisturizer yang netral, karena kulit kering dapat menjadi lebih rentan terhadap infeksi bakteri.




    5. Kulit terasa kencang dan panas

    Jika kamu merasakan sensasi panas, bengkak atau gatal setelah mengaplikasikan produk skincare, ini merupakan sebuah reaksi yang sensitif terhadap salah satu kandungan dalam produk tersebut. Hentikan pemakaian, bilas dengan air bersih, dan kenakan moisturizer yang menenangkan kulitmu.


    6. Keadaan kulit tidak berubah

    Jangan salah girls, karena keadaan kulit yang tidak berubah juga mengindikasikan bahwa produk ini bukanlah yang terbaik untuk kulitmu. Saat mencoba produk baru dan kulitmu tidak menunjukkan tanda-tanda iritasi, gunakan terus hingga satu bulan untuk melihat hasilnya. Jika kulit wajahmu tetap kusam atau berjerawat, sebaiknya konsultasi ke ahli dermatologi untuk mencari tahu lebih banyak tentang perawatan yang dibutuhkan kulitmu.


    (Image: doc. pressfoto via freepik.com)