Beauty

Ini Cara Memilih Pelembap Yang Tepat Berdasarkan Jenis Kulit

  by: Astriana Gemiati       4/1/2021
    • Masih dilema karena memilih krim pelembap yang cocok untuk jenis kulit.
    • Cosmo akan berikan tips mudah cara memilih pelembap yang tepat berdasarkan jenis kulit kamu.


    Krim wajah dengan tekstur yang “rich” dan lembut, memang bisa bantu berikan keajaiban pada kulit kering, namun hal ini tidak berlaku memiliki efek yang sama pada jenis kulit berminyak. Namun, semua jenis kulit butuh pelembap agar kulit tetap terasa lembut dan tampak bercahaya.

    Untuk mendapatkan kulit yang tampak sehat dan tetap lembut, serta lembap, ya, kuncinya adalah menemukan produk yang tepat! Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda dengan kebutuhan sama yang bervariasi. Secara garis besar, kulit dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, yaitu berminyak, kering, kombinasi, dan normal. Meskipun semua jenis kulit dapat mengalami masalah seperti sensitivitas atau jerawat di beberapa titik, beberapa jenis kulit juga lebih rentan terhadap masalah kulit tertentu. 




    Jadi, Cosmo akan memberikan tips praktis untuk mengetahui krim wajah apa yang paling cocok berdasarkan jenis kulit kamu:


    Dry Skin 

    Apakah kulit kamu terasa lebih kencang setelah kamu keramas? Atau, apakah kamu mengasosiasikan musim dingin dengan kulit bersisik dan terasa kering di wajah? Nah, jika iya, kamu memiliki kulit kering yang perlu dilembapkan setiap saat agar kulit tetap tampak sehat dan bercahaya secara alami.


    What yout need:

    Tujuannya, kamu harus segera mengunci kelembapan da mengembalikan lapisan lipd atau sebum alami kulit. Ini artinya, kamu harus memilih produk yang memiliki kandungan minyak atau emolien alami yang tinggi bersama dengan hidrator alami seperti aloe vera atau Vitamin C. Alih-alih menggunakan pelembap, kamu yang memiliki kulit sangat kering akan mendapat banyak manfaat dari pengunaan day cream. Karena jenis kulit kering mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, bintik-bintik hitam. Gunakan krim anti-aging sebagai bagian dari perawatan kulit kamu.


    Oily Skin 

    Komedo, pori-pori besar, dan jerawat adalah hal umum terjadi pada orang dengan kulit berminyak. Jadi, meski kabar baiknya adalah jenis kulit kamu terlihat awet muda untuk waktu yang lebih lama tanpa kerutan, namun kabar buruknya adalah jenis kulit ini lebih rentan terhadapat jaringan parut.


    What you need:

    Musim dingin akan memengaruhi perubahan lingkungan, produksi sebum meningkat, dan bisa sebabkan kulit menjadi lebih berminyak. Ya, kulit berminyak membutuhkan krim harian pengontrol minyak yang memiliki astringent yang tidak hanya akan mendetoksifikasi kulit kamu namun juga mengurangi produksi sebum. Kamu harus memilih produk pengontrol minyak yang ringan dengan kandungan bahan pelembap kulit tingkat tinggi seperti green tea, ekstrak Calendula yang akan membantu kamu memulihkan penghalang kelembapan alami kulit kamu.


    Combination Skin 

    Jenis kulit kamu adalah campuran antara kulit berminyak dan kering. Jadi, apakah kamu memiliki zona T atau C yang lebih berminyak, penting untuk mengoleskan pelembap sesuai kebutuhan zona kulit kering atau berminyak kamu.




    What you need:

    Kamu harus melakukan tugas ganda untuk merawat kulit kamu. Selalu gunakan krim ringan untuk zona T atau zona C kulit kamu yang berminyak. Kamu juga dapat menggunakan mattifying cream dengan bahan-bahan seperti rice powder atau tea tree oil pada area berminyak di wajah kamu untuk dapat mengontrol minyak berlebih dan mendapatkan tekstur lembut seperti beludru. 


    Normal

    Kulit kamu telah mencapai keseimbangan antara kering dan berminyak untuk mendapatkan tekstur yang sempurna. Jadi, nikmatilah kulitmu dengan tetap merawat dan memanjakannya agar kulit tetap senantiasa sehat dan tampak bercahaya.


    What you need:

    Sebagian besar krim yang ringan cocok untuk kamu. Periksa kondisi kulit kamu saat ini dan pilih produk yang akan membantu kamu menangani masalah jika ada. Di hari-hari biasa, kamu bisa mencoba day cream dengan antioksidan yang akan membantu kamu mendapatkan kulit yang terkesan plump, lembut, dan terasa halus.





    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, [email protected] )