Lifestyle

8 Sup Enak Khas Korea yang Wajib Dicoba & Cara Membuatnya!

  by: Giovani Untari       5/1/2021
    • Bagi para penggemar K-food atau makanan Korea, pastikan kamu tak melewatkan untuk mencicipi 8 sup enak khas Korea berikut ini!
    • Berikut 8 jenis sup khas Korea yang enak dan wajib kamu coba, lengkap dengan video resep pembuatannya yang mudah untuk diikuti.


    Suka dengan makanan Korea, babes? Tentu saja kamu tak boleh melewatkan kelezatan dari semangkuk (atau dua) sup khas Korea! (Tidak, Cosmo sedang tidak membicarakan soal ramyeon di sini!).

    Deretan sup khas Korea ini tak hanya nikmat dicicipi saat udara dingin, tetapi mereka juga memiliki cita rasa yang membuat kita semua ketagihan. (Extra rice, please!)





    Berikut 8 jenis sup khas Korea yang enak dan wajib kamu coba, lengkap dengan video resep pembuatannya yang mudah untuk diikuti. Enjoy!


    1. Sundubu Jigae

    Ingat menu milik Park Saeroyi (Park Seo Joon) satu ini yang sukses membuat sang musuh sampai "menyerah" di Itaewon Class? Sup ini dinamakan sundubu jigae atau sup tahu pedas khas Korea. Makanan Korea tersebut tentu saja terbuat dari... tahu lembut (ditambah dengan sayuran dan kuah pedas). Kamu juga bisa menambahkan daging, seafood, dan telur di atas sup pedas ini untuk membuatnya terasa semakin fancy dan lezat. 




    2. Kimchi Jigae

    Sama seperti namanya, sup khas Korea ini tentu saja berbahan dasar kimchi. Semakin lama waktu fermentasi dari si kimchi, maka rasa kuahnya akan semakin flavorful! You know what they say—like fine wine, everything gets better with age.




    3. Doenjang Jigae

    Sup khas Korea ini memiliki bahan utama berupa doenjang alias pasta kacang kedelai Korea yang sudah difermentasikan. Familiar dengan miso? Kurang lebih doenjang juga serupa dengan bahan makanan tersebut menurut Bon Appétit. Campurkan doenjang ke dalam kuah dan kamu akan langsung mendapatkan sentuhan rasa asam dan asin yang begitu nikmat.




    4. Budae Jigae

    Fun fact: budae jigae dikenal sebagai sup tentara Korea, karena pada awalnya makanan ini ditemukan pada saat perang Korea. Masyarakat lokal saat itu mencampurkan daging Spam, sosis, dan keju, yang mana itu merupakan bahan makanan yang biasa ada di sup tentara Amerika. Bisa dibilang budae jigae merupakan menu fusion antara cita rasa Korea dan Amerika, ditambah dengan kuah pedas dan bahan pelengkap lainnya. More Spam, anyone?






    5. Tteok Guk

    Masyarakat Korea sangat menyukai kue beras, dan sup satu ini juga berbahan dasar tteok (kue beras) dengan bentuk oval. Tteok Guk memiliki kuah yang bening dan biasanya selalu disantap pada acara Tahun Baru oleh warga Korea.




    6. Miyeok Guk

    Apakah kamu tahu jika sup rumput laut (miyeok guk) merupakan makanan yang dianggap istimewa di Korea Selatan? Saat seseorang berulang tahun, biasanya mereka wajib untuk makan semangkuk miyeok guk. Saat ini miyeok guk juga sering dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan dan menyusui, karena makanan ini bisa memperlancar produksi ASI.




    7. Haejang Guk

    Haejang guk atau hangover soup adalah menu yang tepat dikonsumsi setelah menghabiskan malam yang menyenangkan. Kamu mungkin akan sedikit terkejut, sebab sup tersebut berisi darah sapi beku. Tetapi setelah mencicipnya, dijamin kamu akan terbiasa dengan rasanya yang terbilang unik.




    8. Samgyetang

    Samgyetang mungkin sedikit terlihat kurang appealing bagi beberapa orang, pasalnya sup khas Korea satu ini terbuat dari bahan-bahan yang super sehat seperti: jahe, bawang putih, gingseng, dan buah jujube kering. Ayam dalam samgyetang juga biasanya berisi nasi atau ketan! Tetapi jika mengetahui kandungan nutrisi di dalam semangkuk samgyetang yang sangat tinggi, kamu pasti akan semangat menghabiskannya!





    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Instagram @isulkim, @veggiekins, Tenor.com)