Beauty

7 Kesalahan Yang Buat Kulit Kamu Cepat Kering!

  by: Astriana Gemiati       7/1/2021
    • Ada banyak faktor yang terjadi mengapa kulit kamu lebih cepat kering.
    • Coba tengok kesalahan rutinitas skincare kamu berikut ini!


    Jika kulit kamu terasa kering sepanjang hari, dan terlihat bersisik, itu artinya kamu belum mempertahankan tingkat hidrasi yang tepat untuk kulit kamu. Ya, kulit kering bisa disebabkan oleh sejumlah masalah. Kulit kering dapat menjadi faktor genetik dalam beberapa kasus. Alasan lain termasuk kurangnya asupan air, alergi, penggunaan produk yang tidak tepat, kelainan tiroid, dan faktor lingkungan, hingga diet yang ketat.

    Selain itu, ada kesalahan rutinitas skincare umum yang dapat membuat kulit kamu kering, lho! Hmm.. Coba cari tahu apakah hal berikut ini sering kamu lakukan. Simak!




    1. Tidak minum cukup air

    Ya, kulit kamu perlu diberi nutrisi dan terhidrasi dari dalam. Minum banyak air putih dan makan buah dan sayur dengan kandungan air tinggi seperti ketimun, tomat, melon air. Dan, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen Vitamin E dan Omega 3 untuk mengatasi kulit kering.




    2. Frekuensi eksfoliasi wajah terlalu sering

    Face scrub sepertinya ide yang bagus untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati, namun kenyataannya pengelupasan lebih dari sekali seminggu dapat memicu dan menyebabkan kulit kering. Jadi, hindari eksfoliasi setiap hari.


    3. Menggunakan krim pelembap yang ringan

    Kulit berubah seiring bertambahnya usia, jadi formula yang kamu gunakan di usia 20an tidak akan berhasil di usia 30an. Gunakan pelembap dengan ceramide yang membentuk pelindung pada kulit kamu dan mencegah hilangnya kelembapan, serta hyaluronic acid yang dapat bantu menarik kelembapan ke kulit. Pelembap berbahan dasar minyak adalah pilihan yang baik.

    4. Menggunakan air panas untuk mencuci wajah

    Air panas dapat menghilangkap pelembap alami kulit kamu. Gunakan air hangat untuk membasuh wajah kamu.


    Baca juga: Air Panas Atau Dingin? Ini Cara Bersihkan Wajah Dengan Benar




    5. Menggunakan tabir surya biasa

    Kulit kering membutuhkan tabir surya yang bisa menghidrasi dan mengandung hyaluronic acid, essential oil, dan vitamin C. Pilihlah yang sesuai.



    6. Menggunakan toner setiap hari

    Jika kamu memiliki kulit kering, hindari penggunaan toner setiap hari. Rata-rata toner mengandung alkohol dan propylene glycol yang dapat mengeringkan kulit. Cosmo merekomendasikan toner yang ramah untuk kulit kering.  Atau, cara lainnya, coba semprotkan rose water ke wajah kamu.


    7. Terlalu sering membersihkan kulit

    Ya, Cosmo setuju sesuatu yang terlalu berlebihan memang kurang baik. Sama juga dengan pembersihan yang berlebihan, karena ini dapat menyebabkan kulit jadi mudah cepat kering. Jadi bersihkan wajah secukupnya dan sewajarnya, sesuai kebutuhan kamu.





    ( Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, [email protected] )